3 Cara Mengatasi Error 26 Pada Meteran Listrik

Cara Mengatasi Error 26 Pada Meteran Listrik – Sekarang ini banyak orang lebih memilih menggunakan meteran listrik prabayar atau token pulsa, dibandingkan menggunakan meteran listrik pascabayar. Alasannya ialah meteran listrik token dinilai lebih hemat dibandingkan meteran listrik pascabayar.

Selain itu, penggunaan meteran listrik juga memudahkan pengguna untuk  memantau penggunaan listrik rumah atau kantor secara mandiri dengan rutin. Karena token atau pulsa listrik prabayar sudah terpampang jelas di layar Miniature Circuit Breaker (MCB), sehingga bisa diperiksa kapan saja sesuai keinginan.

Anda bisa langsung CEK SISA KWH TOKEN LISTRIK, untuk mengetahui sisa pulsa meteran listrik prabayar, sehingga bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan pengisian ulang pulsa listrik. Akan tetapi dibalik kemudahan tersebut, seringkali meteran listrik token mengalami gangguan atau error.

Dalam meteran listrik prabayar, terjadinya error biasanya di tandai dengan adanya kode-kode tertentu disertai dengan bunyi seperti indikator pulsa listrik habis. Nah, salah satu kode yang cukup sering terjadi pada meteran listrik yaitu error 26, lalu bagaimana cara mengatasi error 26 tersebut? simak infonya sampai akhir.

Penyebab Error 26 Pada Meteran Listrik

Penyebab Error 26 Pada Meteran Listrik

Untuk mengatasi error 26 pada meteran listrik, maka hal pertama yang harus dilakukan ialah mengetahui penyebab mengapa meteran error 26 muncul. Cara mengatasi error pada meteran prabayar akan lebih mudah, apabila penyebab error tersebut diketahui.

Bagaimanapun kerusakan atau error, tentunya ada yang menjadi penyebab kerusakan itu terjadi. Jadi, langkah awal untuk mengatasi error meteran listrik pulsa ialah mencari penyebab meteran tersebut mengalami error.

Penyebab error 26 pada meteran listrik prabayar atau token yaitu terdapat masalah pada chip meteran listrik tersebut atau metering chip terganggu. Jadi munculnya kode Err 26 diakibatkan kerusakan pada internal meteran.

Nah, itulah penyebab mengapa meteran listrik muncul kode Err-26 yang berarti metering chip mengalami gangguan. Selanjutnya, Anda bisa langsung melakukan perbaikan.

Cara Mengatasi Error 26 Pada Meteran Listrik

Cara Mengatasi Error 26 Pada Meteran Listrik

Cara mengatasi error meteran listrik dilakukan berdasarkan penyebab terjadinya kerusakan. Mengatasi error tidak bisa dilakukan sembarangan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak inginkan seperti tersengat listrik ataupun kerusakan meteran semakin parah.

Nah, sama halnya seperti CARA MENGATASI METERAN LISTRIK ERROR 02, untuk mengatasi error 26 sendiri, bisa dilakukan dengan beberapa cara. Mengingat penyebabnya karena adanya kerusakan di bagian internal, maka sebaiknya perbaikan dilakukan oleh orang yang ahli.

Hal tersebut bertujuan, untuk meminimalisir kesalahan ataupun risiko akibat salah dalam mengatasi error. Jadi yang perlu Anda lakukan ialah menghubungi pihak PLN untuk bisa mengatasi error 26 tersebut.

1. Pengaduan via Virtual Assistant PLN

1. Pengaduan via Virtual Assistant PLN

Untuk cara pertama, Anda bisa memanfaatkan layanan virtual assistant PLN 123 untuk melakukan pengaduan terkait meteran listrik error 26. Cara ini dilakukan secara online untuk memanggil teknisi ke rumah Anda.

Anda hanya perlu mengakses situs resmi PLN di web.pln.co.id, kemudian akses menu virtual assistant. Lalu, tinggal informasikan data diri mulai dari nama lengkap, nomor HP, email, ID Pelanggan serta pesan atau keluhan terkait meteran error 26.

2. Menghubungi Call Center PLN

2. Menghubungi Call Center PLN

Cara lainnya yaitu dengan menghubungi call center PLN 123. Cara menghubungi call center PLN 123 terbilang sangat mudah, dimana Anda hanya perlu memasukkan kode area diikuti dengan nomor PLN yaitu 123.

Kode area harus sesuai kota tempat tinggal Anda. Misalnya Anda tinggal di Malang, maka masukkan kode area Malang yakni 0341 + 123. Setelah itu, maka Anda akan disambut oleh customer service PLN dan dimintai sejumlah data.

Selanjutnya, informasikan data yang diminta oleh customer service PLN dan sampaikan pesan atau keluhan Anda terkait kondisi meteran listrik yang mengalami error 26.

3. Pengaduan via PLN Mobile

3. Pengaduan via PLN Mobile

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengaduan secara online terkait error 26 pada meteran listrik melalui aplikasi PLN Mobile. Untuk melakukan pengaduan lewat aplikasi PLN mobile caranya sangat mudah.

Pertama, silahkan buka aplikasi PLN Mobile, kemudian masuk ke layanan pengaduan. Lalu, tinggal isi semua formulir pengaduan, jangan lupa sampaikan keluhan Anda terkait meteran listrik muncul kode Err-26.

Jika sudah tinggal tekan kirim. Nantinya, tinggal tunggu respon dari pihak PLN, biasanya pihak PLN akan menghubungi Anda via telepon. Nantinya, teknis akan kerumah Anda untuk mengatasi error tersebut.

Nah, itulah cara cara untuk mengatasi error 26 pada meteran listrik prabayar yang dapat hargaalat.id sajikan. Dengan cara cara di atas, maka Anda bisa mengatasi error 26 pada meteran listrik dengan cepat dan tepat.

Kesimpulannya, untuk mengatasi error internal pada meteran listrik hanya bisa dilakukan oleh orang yang ahli, hal ini demi meminimalisir risiko maupun kerusakan lebih parah pada meteran listrik. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada Anda, semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda semua.