8 Cara Menyalakan LCD Meteran Listrik Prabayar Terlengkap

Cara Menyalakan LCD Listrik – Sudah lebih dari 10 tahun PLN menyediakan layanan meteran listrik Prabayar atau lebih dikenal dengan meteran pulsa. Dalam penggunaan layanan ini kalian wajib memiliki biaya untuk membeli pulsa token.

Berbicara mengenai meteran listrik Prabayar, banyak pengguna yang sering mengeluhkan jika LCD meteran listrik sering mati dan tidak mau menyala. Masalah ini tentu bisa merepotkan saat proses pengisan token.

Nah, untuk mengatasi masalah LCD tidak mau menyala, kami memiliki beberapa cara mudah. Namun sebelum kami jelaskan mengenai langkah-langkahnya, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui.

Salah satunya mengenai penyebab, jadi masalah tersebut bisa disebabkan oleh pengguna yang lupa mengisi pulsa token. Ya, saat pulsa token habis maka secara otomatis aliran listrik dan juga LCD pada Kwh meter akan mati.

Begini Cara Menyalakan LCD Meteran Listrik Prabayar Terlengkap

Begini Cara Menyalakan LCD Meteran Listrik Prabayar Terlengkap

Selain itu, LCD yang tidak mau menyala juga bisa dikarenkan usia meteran listrik yang sudah usang. Baiklah, daripada penasaran langsung saja kalian simak penjelasan lengkap dibawah ini mengenai tata cara menyalakan LCD meteran listrik Prabayar terlengkap.

Cara Menyalakan LCD Meteran Listrik

Cara Menyalakan LCD Meteran Listrik

Ketika layar pada meteran listrik Prabayar mati pastinya akan menganggu kalian dalam proses mengisikan pulsa atau lainnya. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, di bawah ini Hargaalat telah menyiapkan beberapa metode mudah yang bisa kalian gunakan.

Cara Pertama

  1. Tekan angka 01 pada tombol Kwh / Meteran Listrik.
  2. Setelah itu tekan Enter ( tombol yang berwarna merah ).
  3. Lalu LCD akan menyala kembali.

Cara Kedua

  1. Posisikan MCB ke kiri ( OFF ).
  2. Setelah itu lakukan restart dengan cara tekan tombol 07.
  3. Tekan Enter.
  4. Setelah hidupkan kembali MCB meteran listrik.
  5. Terakhir, layar meteran listrik sudah berhasil dinyalakan.

Cara Ketiga

Jika kedua cara diatas tidak berhasil untuk menyalakan LCD meteran listrik kalian yang mati, masih ada cara lainnya. Cara tersebut adalah mengganti meteran listrik, namun kami sarankan untuk proses ini lebih baik kalian menghubungi petugas PLN melalui nomor layanan 123.

Penyebab LCD Meteran Listrik Mati

Penyebab LCD Meteran Listrik Mati

Kemudian terjadinya LCD meteran listrik bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah usia meteran listrik sudah lebih dari 3 tahun. Selain itu, berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan LCD meteran listrik tidak mau menyala :

  • MCB meteran sudah usang.
  • Baterai meteran listrik sudah soak.
  • Meteran Prabayar berusia lebih dari 3 tahun.
  • Terjadi pemadaman dalam waktu lebih dari 5 jam.
  • Pulsa listrik habis.
  • Adanya konsleting listrik pada salah satu perangkat yang terhubung.

FAQ

1. Apakah Proses Menyalakan LCD Meteran Listrik Bisa Dilakukan Sendiri ?

Bisa. Kalian bisa melakukan restart dan menekan tombol 01 untuk menghidupkan layar meteran listrik yang mati.

2. Bagaimana Jika Harus ganti Meteran Listrik ?

Jika demikian lebih baik kalian hubungi petugas PLN untuk mengganti fisik meteran listrik kalian.

3. Berapa Call Center PLN ?

Untuk menghubungi petugas kalian bisa melakukan panggilan ke Call Center PLN Indonesia pada nomor 123.

4. Apakah Ada Biaya Penanganan ?

Sebenarnya Gratis, namun sebagai rasa terimakasih kalian bisa membayar petugas sebagai tips atau rasa terimkasih. Kecuali untuk biaya ganti meteran biasanya dikenakan biaya diatas 100 ribu rupiah sebagai pembelian meteran listrik.

Itu dia macam-macam cara yang bisa kalian lakukan untuk menyalakan LCD meteran listrik yang mati. Selain itu, diatas Hargaalat.id juga menjelaskan bahwa LCD meteran listrik yang tidak menyala dikarenakan METERAN LISTRIK ERROR. Nah, untuk menghindari masalah tersebut kalian bisa melakukan cek rutin pada meteran listrik dirumah dan rajin mengisi pulsa ketika mendapati peringatan pulsa hampir habis.