7 Bahaya Mode Dry Pada AC, Yang Punya AC Dirumah Nih!

Bahaya Mode Dry Pada AC – Penggunaan AC kini menjadi sebuah kebutuhan bagi sebagian orang. Karena dengan penggunaan AC nantinya akan memberikan sebuah keuntungan berupa udara sejuk pada ruangan.

Hampir saat ini sudah banyak merk AC ternama yang populer seperti Daikin, Sharp, Panasonic, Polytron dan masih banyak lainnya yang dapat dengan mudah di Indonesia dengan harga yang cukup bervariatif.

Dalam produk yang dihasilkan tersebut, setiap produsen akan memberikan beberapa mode AC nantinya bisa dipilih oleh pengguna. Namun secara umum produsen AC akan memberikan mode cool, dry, auto, eco dan lainnya.

Dari setiap mode tersebut memiliki sebuah fungsi mode AC dan keunggulan berbeda, namun ada juga dampak bahaya yang bisa didapat. Mengenai bahaya tersebut, kali ini kami akan bahas mengenai bahaya mode dry pada AC.

Bahaya Mode Dry Pada AC

Apa Itu Mode Dry AC?

Namun sebelum lanjut apa saja bahaya yang didapat saat penggunaan mode ini pada AC. Alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu mode dry dan fungsi pada AC atau mesin pendingin ruangan.

Karena seperti diketahui sendiri jika AC terdapat sebuah komponen-komponen pentingnya termasuk pada halnya mode-mode yang ada. Seperti diketahui AC memiliki beberapa mode untuk mengatur suhu ruangan.

Nah untuk mode dry pada AC sendiri pada umumnya produsen AC memberikan sebuah simbol yang biasanya digambarkan dengan simbol tetesan air pada remote AC. Di mana fungsi utama mode dry yaitu untuk menjaga melembabkan udara.

Selain itu mode dry pada AC juga memiliki fungsi lain sebagai penghemat listrik yang digunakan dan untuk menjaga unit AC agar lebih awet atau tahan lama. Sebeb itulah para produsen AC menyematkan mode dry pada produk AC-nya.

Bahaya Mode Dry Pada AC

Jika sudah tahu apa itu dan fungsi mode dry pada AC, maka selanjutnya mari kembali ke pembahasan utama mengenai efek mode dry pada AC bagi penggunanya. Selain mengetahui keuntungan, penting juga Anda para pengguna AC dirumah mengetahui bahayanya.

Lantas apa bahaya mode dry pada AC?. Mengenai pertanyaan tersebut, kami sudah rangkumkan semua dampak bahaya atas penggunaan mode ini pada AC. Di antara lain bahaya mode dry tersebut seperti:

1. Gangguan Pernapasan

1. Gangguan Pernapasan

Bahaya mode dry pada AC yang pertama yaitu bisa menyebabkan gangguan pernapasan pada penggunanya. Walaupun fungsi mode dry bisa meningkatkan kelembaban udara, namun penggunaan yang tidak tepat justru bisa akibatkan hal fatal.

Lantaran penggunaan apa saja yang berlebihan akan sebabkan sebuah dampak negatif, termasuk penggunaan mode dry. Dampak bahaya ini bisa akibatkan penyumbatan saluran hidung dan membuat tenggorokan menjadi kering sehingga pernapasan terganggu.

2. Alami Kulit Kering

2. Kulit Kering

Bahaya mode dry pada AC yang kedua yaitu menjadikan kulit kering. Karena seperti diketahui sendiri jika lama berada di ruangan ber AC maka akan membuat kadar air pada kulit menjadi berkurang.

Hal inilah yang mengakibatkan kulit akan menjadi dan terlihat kering. Bahkan tidak hanya kering, bahaya mode dry juga bisa memunculkan efek lain seperti rasa gatal pada kulit yang menjadikan aktivitas terganggu.

3. Alami Mata Kering

3. Mata Kering

Bahaya mode dry pada AC yang ketiga yaitu mata kering, tidak hanya berdampak pada kesehatan kulit. Mode dry juga bisa sebabkan kasus kesehatan lain, termasuk pada indera melihat atau mata itu sendiri.

Efek berada di ruangan ber AC ini juga bisa menimbulkan rasa gatal pada mata. Saat semakin memburuk, biasanya akan menyebabkan mata menjadi merah dan beberapa muncul masalah lain pada mata.

4. Dehidrasi

4. Dehidrasi

Bahaya mode dry pada AC yang keempat yaitu dehidrasi atau kondisi ketika cairan tubuh yang hilang lebih banyak daripada yang dikonsumsi. Jadi selain beberapa bahaya di atas, dehidrasi juga bisa terjadi pada saat mode dry AC terlalu lama.

Secara umum gejala dari dehidrasi akan ditandai dengan munculnya rasa haus terus menerus. Saat alami ini, sebaiknya hentikan penggunaan AC (mode dry) dan silakan kembalikan kelembaban tubuh dengan minum air putih yang cukup.

5. Sakit Kepala (Migrain)

5. Sakit Kepala Migrain

Bahaya mode dry pada AC yang kelima yaitu sakit kepala. Ini masih bersinggungan dengan bahaya pada poin di atas, karena sebelum alami sakit kepala biasanya seseorang atau pengguna AC akan alami dehidrasi.

Kemudian berlanjut ke gejala-gejala lain termasuk sakit kepala atau migrain. Bahkan bisa saja sakit kepala tersebut terasa amat parah, jadi segera matikan AC dan lakukan penanganan guna meredakan sakit kepala seperti minum obat atau lainnya.

6. Berisiko Terserang Rhinitis

6. Berisiko Terserang Rhinitis

Bahaya mode dry pada AC yang keenam yaitu pengguna bisa dapatkan resiko terserang rhinitis. Rhinitis sendiri merupakan kondisi ketika terjadi reaksi yang menyebabkan hidung tersumbat, pilek, bersin, dan gatal-gatal.

Yang mana sebagian besar dari jenis rhinitis disebabkan oleh peradangan yang berhubungan dengan gejala pada mata, telinga, atau tenggorokan. Dengan begitu bisa disimpulkan masih berkaitan dengan bahaya-bahaya di atas.

7. Risiko Terkena Asma & Alergi

7. Berisiko Terkena Asma Alergi

Bahaya mode dry pada AC yang terakhir yaitu risiko terkena asma dan alergi. Karena pengguna tidak mengetahui apakah AC yang terpasang di dalam sebuah ruangan sudah bersih dari debu dan kotoran atau belum.

Hal inilah yang justru malah sebabkan berbagai penyakit bermunculan, termasuk terkena asma atau alergi. Selain penggunaan AC kotor, juga busa menyebarkan polutan penyebab penyakit sesak nafas. Inilah pentingnya service dan bersih AC.

Kesimpulan

Demikian kiranya pembahasan yang dapat hargaalat.id sampaikan mengenai dampak bahaya mode dry. Jadi bagi Anda yang dirumah memasang AC, mengetahui bahaya-bahaya di atas penting guna hindari atau mencegah munculnya permasalahan kesehatan.

Sumber Gambar : halodoc.com, liputan6.com, yesdok.com, klikdokter.com, grid.id, lifebuoy.co.id, klikdokter.com, admin hargaalat.id

Tinggalkan komentar