13 Cara Beralih ke TV Digital Tanpa STB Tanpa Internet 100% Berhasil

Cara Beralih ke TV Digital Tanpa STB – Sejak tanggal 1 April 2022 kemarin Pemerintah telah menghapus siaran TV Analog dan beralih ke TV Digital. Oleh karena itu, jika ingin tetap menikmati siaran dari Channel favorit, masyarakat perlu memiliki TV Digital.

Sementara itu, untuk beralih ke TV Digital masyarakat perlu perangkat tambahan bernama STB (Set Top Box). Melalui perangkat tersebut, nantinya masyarakat bisa mencari frekuensi Channel untuk TV Digital seperti RCTI, Indosiar, GTV, MNC, Trans7, TransTV, NET dan lain sebagainya.

Namun bagi beberapa masyarakat, khususnya yang kurang mampu merasa keberatan jika harus membeli perangkat STB karena dirasa terlalu mahal. Tenang, jika demikian kami punya cara beralih ke TV Digital tanpa harus membeli perangkat STB.

Untuk kalian yang sampai saat ini belum bisa beralih ke TV Digital karena belum memiliki STB, silahkan simak artikel ini sampai akhir untuk tahu bagaimana cara menikmati siaran TV Digital tanpa Set Top Box. Penjelasan selengkapnya bisa kalian simak dibawah ini.

Syarat Berganti TV Digital Tanpa STB

Seperti kita ketahui bahwa sejak diterapkan migrasi dari TV Analog ke TV Digital, masyarakat yang masih menggunakan TV Tabung dan sejenisnya tidak bisa menikmati siaran Televisi. Sebelumnya, untuk beralih ke TV Digital setiap masyarakat di himbau untuk membeli perangkat Set Top Box.

Bahkan Pemerintah juga menyediakan program STB Gratis untuk masyarakat yang kurang mampu. Meski begitu, ada beberapa masyarakat yang seharusnya bisa memperoleh STB Gratis, tapi tidak bisa karena satu dan lain hal.

Jika begitu, apakah artinya mau tidak mau harus beli STB baru? Di sisi lain, harga STB TV Digital dibanderol cukup mahal bagi sebagian orang. Tenang, seperti kami singgung diatas bahwa saat ini untuk beralih ke TV Digital bisa dilakukan tanpa STB, asalkan TV dirumah kalian sudah mendukung beberapa syarat dibawah ini :

1. Sudah Mendukung Fitur DVB-T2

Pertama, beralih ke TV Digital tanpa STB bisa dilakukan apabila TV yang dimiliki sudah mendukung fitur DVB-T2. Dengan begitu, TV kalian masih tetap bisa menerima siaran TV Digital tanpa harus memasangkan perangkat Set Top Box. Untuk mengetahui apakah TV dirumah sudah support fitur tersebut, kalian bisa cek disini.

2. TV Dirumah Merupakan SmartTV

Kedua, jika TV yang digunakan merupakan SmartTV maka kalian bisa beralih ke TV Digital tanpa Set Top Box. Perlu diketahui bahwa melalui SmartTV kalian bisa menikmati beragam konten menarik termasuk siaran TV Digital melalui beragam fitur yang tersedia.

3. TV Dirumah Merupakan Android TV

Ketiga, untuk pengguna Android TV juga tidak lagi memerlukan STB untuk beralih ke TV Digital. Hampir sama seperti SmartTV, pada Android TV juga sudah bisa menerima siaran dari TV Digital dan banyak juga fitur tambahan lain di dalamnya.

Cara Beralih ke TV Digital Tanpa STB

Cara Beralih ke TV Digital Tanpa STB

Lalu bagaimana jika TV dirumah kalian tidak memenuhi semua syarat diatas? Jika begitu, kami masih punya cara lain agar TV Analog bisa beralih ke TV Digital tanpa Set Top Box. Jadi, untuk kalian yang masih menggunakan TV LED atau TV Analog yang belum support fitur DVB T-2 atau belum SmartTV dan Android TV bisa menggunakan cara dibawah ini untuk migrasi ke TV Digital.

Meskipun tidak membutuhkan STB, kalian tetap harus beli beberapa perangkat tambahan untuk melakukan cara ini. Tenang, perangkat tambahan yang dibutuhkan tidak mahal, kalian hanya perlu menyiapkan budget kurang lebih 100 ribu rupiah untuk membeli beberapa perangkat sebagai berikut :

  • TV Stick Digital
  • USB DVB T-2
  • Dongle EZCAST HDMI
  • USB OTG Type 2.0 / Type C (sesuai smartphone yang digunakan)
  • Smartphone Android

Semua perangkat tersebut bisa kalian beli di Toko Online maupun Toko Elektronik langganan kalian. Sementara itu, pastikan juga bahwa TV kalian sudah mempunyai port HDMI untuk memasangkan Dongle.

Kemudian kalian download aplikasi EZCast dan PadTV HD di Google Play Store. Jika semuanya sudah siap, sekarang ikuti tata cara dibawah ini untuk beralih ke TV Digital tanpa STB :

1. Pasang Antena TV Stick Digital

Pasang Antena TV Stick Digital

Langkah pertama silahkan pasang Antena TV Stick Digital pada slot yang tersedia (lihat gambar diatas).

2. Sambungkan TV Stick Digital ke USB OTG

Sambungkan TV Stick Digital ke USB OTG

Setelah itu sambungkan perangkat tersebut dengan USB OTG yang sudah disiapkan

3. Pasang Dongle ke TV Analog

Pasang Dongle ke TV Analog

Pasang Dongle ke TV Analog 1

Sekarang pasang Dongle ke Port HDMI yang tersedia di TV Analog. Setelah itu, gunakan kepala Charger untuk menyambungkan Dongle ke colokan.

4. Dongle Sudah Terbaca

Dongle Sudah Terbaca

Jika pada TV muncul tampilan seperti gambar diatas, artinya Dongle sudah terbaca.

5. Sambungkan ke Wifi Dongle

Sambung ke Wifi Dongle

Sekarang hubungkan smartphone ke Wifi Dongle yang sudah terpasang pada TV

6. Buka Aplikasi EZCast

Buka Aplikasi EZCast

Jika sudah, selanjutnya buka aplikasi EZCast yang sudah di download. Ketuk menu Opsi pada halaman utama

7. Pilih Mirror

Pilih Mirror

Setelah itu pilih Mirror pada daftar menu yang muncul di halaman berikutnya

8. Hubungkan TV Stick Digital ke Smartphone

Hubungkan TV Stick Digital ke Smartphone

Selanjutnya pasangkan USB OTG yang sudah tersambung ke TV Stick Digital dengan smartphone.

9. Klik OK

Klik OK

Kemudian akan muncul pop-up seperti gambar diatas. Langsung saja klik OK

10. Pilih Negara

Pilih Negara

Setelah itu pilih Negara Indonesia

11. Pilih Scan

Pilih Scan

Tunggu Proses Scanning Channel

Kemudian klik Scan untuk mencari daftar Channel TV Digital yang tersedia. Tunggu proses Scanning sampai selesai

12. Klik Watch Now

Klik Watch TV Now

Jika sudah, sekarang klik Watch Now

13. Berhasil Beralih ke TV Digital Tanpa STB

Berhasil Beralih ke TV Digital Tanpa STB

Sampai disini kalian sudah bisa menikmati siaran TV Digital melalui layar TV Analog tanpa Set Top Box

Itu dia penjelasan dari Hargaalat.id mengenai tata cara beralih ke TV Digital tanpa STB. Semoga cara diatas bisa menjadi alternatif kalian para pengguna TV LED maupun jenis TV lainnya yang belum support siaran TV Digital dan belum punya perangkat STB. Namun kalian juga perlu membeli perangkat tambahan berupa TV Stick Digital, Dongle dan lain sebagainya untuk beralih ke TV Digital tanpa STB.