6 Cara Melihat Daya Listrik Meteran Rumah & Fungsi Mengetahuinya

Advertisements

Cara Melihat Daya Listrik Meteran – Listrik mungkin kini menjadi salah satu kebutuhan utama dalam kehidupan. Apalagi seperti diketahui jika kini banyak peralatan yang mengharuskan dioperasikan dengan menggunakan listrik.

Untuk kondisi listrik setiap rumah nantinya tidak sama dan dipengaruhi oleh daya meteran, semakin tinggi daya maka akan semakin besar pulsa biaya listrik yang diperlukan. Pihak PLN sudah memberikan daya listrik standar mulai 450, 900, 1300, dan 2200 KVA.

Berapa daya meteran listrik terkadang jarang dipahami oleh para pemiliknya dengan begitu apakah Anda sudah tahu daya listrik meteran yang digunakan dirumah?. Jika belum mengetahuinya, berikut hargaalat.id akan sajikan cara melihat daya listrik meteran.

Advertisements

Karena tidak semua bisa memahami kode-kode yang tercantum pada meteran listrik. Lalu jika Anda penasaran dengan cara mengecek kapasitas daya kWh meter listrik di rumah, rupanya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melihat atau ceknya.

Cara Melihat Daya Listrik Meteran

Advertisements

Fungsi Mengetahui Kapasitas Daya Meteran Listrik

Namun sebelum mengetahui bagaimana cara melihat daya meteran yang digunakan, alangkah baiknya Anda tahu terlebih dahulu fungsi mengetahui kapasitas daya pada meteran listrik. Diantara lain fungsi atau kegunaan sendiri seperti:

1. Menentukan Penambahan Daya

Teruntuk Anda yang bertanya kenapa meteran listrik sering mati, apalagi saat peralatan elektronik di rumah dinyalakan bersamaan. Biasanya kondisi ini terjadi karena daya listrik terlalu kecil tidak sebanding dengan banyaknya alat elektronik yang digunakan.

Kemudian dengan melihat atau mengecek daya listrik ini membuat nantinya Anda bisa menganalisis penyebab masalah yang terjadi. Jika daya listrik di rumah terlalu kecil, maka Anda bisa menambah daya dengan cara menghubungi pihak PLN.

2. Belajar Menghemat Penggunaan Listrik

Selain itu, fungsi mengetahui daya listrik dirumah juga bisa untuk menghemat penggunaan listrik. Karena daya listrik akan sangat berpengaruh terhadap biaya beban dasar yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

Semakin tinggi daya listrik pada meteran rumah, maka semakin besar pula biaya tagihan yang harus dibayar pemilik. Setelah mengetahui tahu kapasitas daya listrik di rumah, tentu Anda ingin biaya tagihan tidak membengkak.

Dengan begitu Anda bisa mulai menghemat listrik dengan cara mengurangi pemakaian alat elektronik yang tidak digunakan. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan alat-alat yang tidak membutuhkan listrik dalam pengoperasiannya.

3. Mengatur Penggunaan Alat Elektronik

Masih berkesinambungan dengan fungsi kedua, mengetahui daya listrik meteran juga berfungsi sebagai langkah awal mengatur penggunaan alat elektronik. Dengan begitu sangat perlu melihat atau cek daya listrik dalam penggunaan.

Karena jika daya listrik kecil, maka penggunaan alat elektronik bersamaan akan memunculkan kendala meteran listrik sering anjlok. Berbeda jika daya listrik meteran besar, maka Anda tidak perlu ragu saat hidupkan alat elektronik bersamaan.

Cara Melihat Daya Listrik Meteran

Jika tahu sudah tahu fungsi dari mengetahui daya listrik meteran di atas, selanjutnya mari ke pembahasan utama mengenai cara melihat atau cek daya listrik meteran di rumah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti misalnya:

1. Cara Cek Daya Listrik Langsung di Meteran

1. Cara Cek Daya Listrik Langsung di Meteran

Pada meteran listrik di rumah memiliki kode-kode tertentu, seperti adanya kode CL. Di mana kode CL yang tertera pada meteran rupanya memuat informasi terkait daya listrik yang digunakan. Adapun arti dari kode CL pada meteran listrik seperti:

KODE CEK DAYA LISTRIKDAYA LISTRIK
CL 2450 VA
CL 4900 VA
CL 61300 VA
CL 102200 VA
CL 163500 VA

Perlu diketahui, Vol Ampere (VA) akan menyatakan satuan daya nyata dan ditambah aktif power. Sementara cara melihat daya listrik juga bisa dilakukan secara manual. Caranya, silakan kalikan saja angka pada kode CL dengan besaran daya dasar yaitu 220 VA.

Contoh : 450 VA didapat dari hasil kali 2 pada CL 2 dengan 220 VA. Kemudian hasil perhitungan akan dibulatkan pada angka yang mendekati, sehingga angka terdekat adalah 450 VA.

2. Cara Cek Daya Listrik Meteran Melalui Website PLN

2. Cara Cek Daya Listrik Meteran Melalui Website PLN

Cara melihat kedua bisa dilakukan dengan melalui website resmi milik PLN. Dengan cara ini Anda bisa mengetahui secara online tanpa perlu beranjak dari tempat duduk atau tempat tidur hanya untuk mengetahui besaran dayanya.

  • Silakan masuk laman layanan.pln.co.id melalui browser diperangkat.
  • Setelah itu pilih “Info Lainnya” dibagian pojok kanan atas.
  • Lalu pilih opsi “Informasi Tagihan Listrik / Pembelian Token”.
  • Kemudian isi data yang diminta secara lengkap seperti email, kata sandi dan serangkaian kata, jika sudah klik “Masuk”.

Secara otomatis maka akan muncul informasi terkait meteran listrik di rumah Anda, tidak terkecuali terkait besaran daya yang digunakan. Dengan begitu cara melihat daya listrik meteran lewat laman website resmi PLN berhasil.

3. Cara Cek Daya Listrik Meteran Melalui e-Commerce

3. Cara Cek Daya Listrik Meteran Melalui e Commerce

Cara ketiga bisa cek besar daya atau berapa watt listrik meteran dengan melakukan pembayaran listrik secara online. Karena kini sudah banyak aplikasi online yang bisa digunakan membantu pembayaran listrik seperti misalnya e-Commerce Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lainnya.

Bahkan ada juga aplikasi dompet digital seperti OVO, GoPay, DANA, serta aplikasi serupa lainnya. Selain itu bisa juga melakukan pembayaran listrik melalui layanan Mobile, Internet dan SMS Banking bagi nasabah bank yang sudah mengaktifkannya.

Untuk cara melihat atau cek daya listrik melalui aplikasi e-Commerce dan lainnya yang sudah disebutkan di atas dengan memasukkan kode ID pelanggan saja. Setelah itu pilih jenis tagihan listrik apakah pulsa (prabayar) atau bill (pascabayar).

Kemudian lanjut dengan ikuti proses pada aplikasi tersebut sebelum melakukan pembayaran. Dengan begitu, pada langkah konfirmasi pembayaran akan muncul terkait besaran daya listrik yang dipakai. Dengan itulah Anda nantinya melihat besaran daya listriknya.

Kesimpulan

Mungkin itu saja kiranya pembahasan terkait cara melihat atau cek daya listrik meteran di rumah secara mudah baik offline maupun online melalui aplikasi dan website yang dapat hargaalat.id sajikan. Semoga adanya pembahasan cara melihat daya meteran di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.

Advertisements