4 Cara Mengetahui Kapasitas Daya Meteran Listrik Rumah

Cara Mengetahui Kapasitas Daya Meteran Listrik – Setiap rumah memiliki kondisi listrik yang berbeda-beda. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh daya meteran listrik itu sendiri.

Semakin besar kapasitas daya yang digunakan, maka semakin besar biaya listrik yang harus dikeluarkan. Besarnya daya meteran listrik juga menentukan jumlah peralatan listrik yang digunakan.

Karena setiap rumah, memiliki kapasitas daya listrik yang berbeda-beda. Hal itu memunculkan banyak pertanyaan terkait berapa watt daya listrik di rumah? untuk mengetahuinya Anda bisa cek langsung.

Lantas, bagaimana cara mengetahui kapasitas daya meteran listrik di rumah? Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui kapasitas kWh meteran listrik yaitu sebagai berikut.

Cara Mengetahui Kapasitas Daya Meteran Listrik

Cara Mengetahui Kapasitas Daya Meteran Listrik

Cara mengetahui daya listrik rumah hampir sama dengan CARA CEK SISA KWH TOKEN LISTRIK, dimana untuk mengetahui kapasitas daya juga bisa dilakukan secara online. Cara mengetahui daya kWh terbilang sangat mudah dan sederhana.

Meskipun mudah, akan tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui caranya. Nah, jika Anda salah satunya, maka inilah saat yang tepat untuk mengetahui cara cek kapasitas daya meteran listrik rumah. Adapun caranya, langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

1. Mengetahui Kapasitas Daya Listrik Melalui Meteran

Cara pertama yaitu dengan memeriksa langsung kode-kode yang tertera pada meteran listrik. Pada meteran listrik biasanya akan tertera kode CL yang memuat informasi kapasitas daya yang digunakan. Adapun arti kode CL pada meteran listrik yaitu sebagai berikut.

  • CL 2 : 450 kVA
  • CL 4 : 900 kVA
  • CL 6 : 1300 kVA
  • CL 10 : 2200 kVA
  • CL 16 : 3500 kVA

Keterangan : kVA berarti Kilo Volt Amper yang menyatakan satuan daya nyata dan ditambah aktif power.

1. Mengetahui Kapasitas Daya Listrik Melalui Meteran

Pada meteran listrik seringkali, menjumpai kode-kode tertentu. Namun, tahukah Anda bahwasanya kode meteran listrik memiliki makna atau arti. Adapun cara membaca kode pada meteran listrik yaitu sebagai berikut.

  1. Kode CL 2 artinya 2 Ampere.
  2. Angka 230/400VĀ  50Hz artinya 220 volt
  3. Angka 6000 menunjukan rated breaking capacity MCB yang menunjukan kemampuan MCB dikatakan baik hingga arus maksimal 6000 A.
  4. Angka 3 menunjukan l2t classification, menggambarkan karakteristik energi maksimal listrik yang dapat melalui MCB.

Melalui kode CL, Anda juga bisa menghitung kapasitas daya meteran listrik rumah. Cara mengetahui kapasitas daya listrik dengan menghitung kode CL meteran listrik sangat mudah, Anda hanya perlu mengalikan angka CL dengan kapasitas volt.

Daya Listrik = 2 A x 220 V = 420 VA.

Jadi daya meteran listrik tersebut adalah 450 VA. Nilai tersebut dibulatkan untuk mempermudah penyebutan.

2. Mengecek Daya Listrik Melalui Website PLN

2. Mengecek Daya Listrik Melalui Website PLN

Cara berikutnya untuk mengetahui kapasitas daya dapat dilakukan secara online melalui website resmi PLN. Adapun caranya, langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama kunjungi situs https://layanan.pln.co.id/InfoPrepaid.html.
  2. Kemudian isi data yang diperlukan.
  3. Pada bagian identitas pelanggan, silahkan isi dengan ID pelanggan meteran listrik.
  4. Kemudian, tinggal tekan tombol “Cari“.
  5. Maka setelah itu akan muncul informasi terkait ID Pelanggan, mulai dari nama pelanggan, nomor pelanggan bahkan kapasitas daya listrik.

3. Mengetahui Daya Listrik Lewat PLN Mobile

3. Mengetahui Daya Listrik Lewat PLN Mobile

Cara lainnya yaitu dengan mengetahui daya listrik lewat HP melalui aplikasi PLN Mobile. Cara ini lebih simpel, karena Anda bisa mengetahui kapasitas daya kapan saja dan dimana saja lewat HP Anda. Adapun caranya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah pertama, silahkan download aplikasi PLN Mobile.
  2. Kemudian, setelah itu buat akun PLN Mobile dengan memasukkan nama, email, nomor HP dan buat password untuk login.
  3. Jika sudah, selanjutnya tinggal klik “tambah ID pelanggan” dan masukkan ID Pelanggan meteran listrik Anda. Lalu, klik tombol “Periksa“.
  4. Maka setelah itu akan muncul informasi seperti, nama pelanggan, tarif, daya serta alamat.
  5. Selanjutnya, tinggal tekan simpan agar pengecekan daya lebih praktis. Karena akan langsung tertera di halaman utama aplikasi PLN Mobile.

4. Mengecek Daya Melalui Simulasi Tagihan Listrik

4. Mengecek Daya Melalui Simulasi Tagihan Listrik

Cara terakhir untuk mengetahui kapasitas daya meteran listrik rumah yaitu melalui simulasi tagihan atau pembayaran listrik secara online. Anda bisa mengeceknya melalui layanan e-commerce yang digunakan untuk membayar tagihan atau membeli token listrik.

Misalnya saja melalui aplikasi OVO, GoPay, Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lain sebagainya atau bahkan melalui layanan mobile banking, internet banking dan SMS Banking.

Untuk mengetahui daya listrik melalui aplikasi e-commerce yang bisa digunakan untuk bayar listrik caranya sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkan ID Pelanggan, lalu tinggal tekan tombol “Periksa”, maka informasi meteran listrik Anda akan ditampilkan secara rinci, termasuk kapasitas daya listrik rumah Anda.

Nah itulah beberapa cara mengetahui kapasitas daya listrik rumah, baik prabayar maupun pascabayar yang dapat Hargaalat.id sajikan. Dengan cara-cara di atas, maka Anda bisa mengetahui kapasitas daya listrik rumah kapanpun dan dimanapun sesuai keinginan. Demikian informasi dari kami, semoga informasinya bisa membantu.