4 Cara Melumpuhkan Protek TV Polytron Mudah & Sederhana

Cara Melumpuhkan Protek TV Polytron – Berbagai masalah kerap dijumpai pada unit TV yang Anda gunakan. Seperti misalnya UKURAN LAYAR TIDAK SESUAI, warna TV bermasalah, tidak menangkap sinyal atau bahkan protek.

Masalah-masalah tersebutlah yang kerap membuat pengguna TV merasakan kebingungan. Salah satu masalah cukup serius yaitu saat TV mengalami protek atau gagal menyala.

Hal ini yang membuat pengguna sampai merasakan kesal akibat unit TV-nya terjadi protek terus menerus. Nah, pada pembahasan kali ini hargaalat.id akan sampaikan informasi lengkapnya mengatasi protek pada TV Polytron.

Yang mana banyak para teknisi atau tukang service TV mengatasi dengan cara melumpuhkan protek TV tersebut. Lalu bagaimana cara melumpuhkan protek TV tersebut? Apakah sulit?

Cara Melumpuhkan Protek TV Polytron

Untuk lebih jelas mengenai bagaimana langkah melumpuhkan protek TV Polytron, berikut akan disampaikan secara lengkap langkah-langkahnya. Jadi, simak sampai akhir pembahasan ini.

Apa Itu Protek?

Apa Itu Protek

Sebelum ke cara melumpuhkan protek TV, Anda juga perlu tahu pengertian apa itu protek TV. Agar nantinya saat melumpuhkan Anda sudah tahu fungsi pelumpuhan tersebut.

Di mana protek adalah kejadian di unit TV atau televisi yang mengalami gagal start atau tidak bisa menyala. Bahkan TV hanya mampu menyala beberapa saat kemudian kembali mati.

Nah, disetiap produsen TV nantinya akan menerapkan sistem protek pada unit TV-nya. Sistem ini bertujuan untuk meminimalisir kerusakan lebih parah terhadap komponen yang lain.

Alat Diperlukan

Alat Diperlukan

Agar dalam melumpuhkan atau menangani protek TV Polytron ini berjalan dengan lancar, maka Anda perlu siapkan peralatan apa saja yang diperlukan. Berikut alat-alat tersebut:

  • Obeng.
  • Solder.
  • Tinol (timah solder).
  • Solder Sucker Desoldering.
  • Kapasitor (500 OHM).
  • dan lainnya.

Cara Melumpuhkan Protek TV Polytron

Setelah tahu akan apa itu protek TV dan alat apa saja yang diperlukan untuk melumpuhkan proteknya. Maka Anda hanya perlu mulai mengatasi atau melumpuhkan protek TV Polytron tersebut:

1. Buka Cover TV

1. Buka Cover TV

Langkah pertama, buka cover TV dengan melepas baud menggunakan obeng. Buka baud/skrup di setiap sisi dari cover TV Polytron-nya.

2. Temukan PIN Protek

2. Temukan PIN Protek

Setelah berhasil membuka cover TV Polytron, langsung saja untuk lihat mesin TV Polytron tersebut. Kemudian coba temukan PIN Protek.

Dan biasanya PIN protek tersebut terdapat di IC dengan adanya tulisan protek. Jika unit TV mengalami rusak, maka protek akan bekerja secara otomatis untuk mematikan unit TV.

Hal itu untuk, meminimalisir kerusakan yang lebih parah lagi di komponen-komponen lain.

3. Kasih Tegangan (500 ohm)

3. Kasih Tegangan 500 ohm

Untuk melumpuhkan protek TV dan TV tetap bekerja saat protek. Di mana mengatasi atau solusinya yaitu Anda bisa menambahkan tegangan 500 ohm dan kasih arus dari 5 volt.

Cara pemasangannya tegangan itu sendiri cukup mudah, Anda hanya perlu menyolderkan saja ujung tegangan ke PIN protek dan ujung satunya ke sumber arus 5 volt.

Fungsi pemasangan tegangan ini sendiri yaitu saat adanya kerusakan TV Polytron Anda akan tetap menyala. Dengan begitu, Anda nantinya bisa mengetahui kerusakannya baik dari vertikal atau horizontal.

4. Melumpuhkan Protek TV Polytron Berhasil

4. Melumpuhkan Protek TV Polytron Berhasil

Jika sudah memasangkan tegangan tersebut, maka Anda hanya perlu mencobanya. Saat dinyalakan ternyata TV tidak ada masalah, itu menandakan jika proses melumpuhkan protek TV berhasil.

Catatan : Cara melumpuhkan protek TV Polytron u slim dan minimax sebenarnya hampir sama, hanya saja letak PIN proteknya yang berbeda.

Demikian informasi dapat hargaalat.id sampaikan untuk Anda mengenai bagaimana langkah mengatasi protek TV Polytron. Dengan adanya cara melumpuhkan protek tersebut semoga dapat bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tinggalkan komentar