TV Polytron Hidup Sebentar Mati Lagi ? Penyebab & Solusi

Advertisements

TV Polytron Hidup Sebentar Mati Lagi – Televisi atau dikenal dengan TV, mungkin jadi salah satu perangkat elektronik yang wajib dimiliki oleh seseorang. Baik itu TV tabung, LCD/LED atau bahkan smart TV. Tentu saja setiap orang memiliki minimal satu di rumah, bahkan lebih.

Fungsinya sendiri untuk hiburan, media pendidikan atau media informasi seperti dengan melihat berita yang setiap saat disuguhkan. Nah untuk TV itu sendiri banyak merek TV dijual di pasaran, salah satu merek ternama dan laris terjual seperti Samsung, LG, Sharp, Polytron dan lainnya.

Dan TV Polytron mungkin menjadi salah satu TV yang banyak digunakan oleh orang-orang di Indonesia. Selain menawarkan harga terjangkau, kualitas diberikan pada TV Polytron juga tidak kalah dengan merek-merek televisi lainnya. Mungkin itu menjadi salah satu alasannya.

Advertisements

Nah bagi Anda para pengguna tentu saja pernah mengalami masalah atau gangguan. Terutama bagi TV Polytron yang sudah lama, seperti misalnya TV Polytron tidak ada suara, tidak menangkap siaran, TV ada suara ada gambar, TV hidup sebentar kemudian mati lagi atau masalah lainnya.

TV Polytron Hidup Sebentar Mati Lagi

TV Polytron Hidup Sebentar Mati Lagi

Advertisements

Jika demikian tentu saja para pemilik TV akan sedikit cemas dan terganggu pada saat menyaksikan acara TV yang sedang berlangsung. Bahkan juga bertanya-tanya mengenai apa faktor penyebab dan bagaimana cara untuk mengatasinya, tujuan tersebut agar TV kembali normal dan bisa digunakan seperti biasa.

Pada pembasahan kali ini sendiri hargaalat.id akan bahas mengenai TV Polytron yang hidup sebentar kemudian mati lagi atau biasa dikenal dengan istilah protek. Jika para pemilik TV Polytron alami masalah serupa, simak dan ikuti pembahasan di bawah ini karena akan disampaikan secara lengkap apa penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab TV Polytron Hidup Sebentar Mati Lagi

Penyebab TV Polytron Hidup Sebentar Mati Lagi

Berbicara TV hidup sebentar kemudian mati lagi ada beberapa penyebab yang menjadikan hal terbut terjadi. Terkadang penyebab ini banyak pengguna TV Polytron belum mengetahuinya. Secara umum TV nyala sebentar mati lagi terjadi akibat beberapa hal ini.

1. Adanya Malfungsi

Penyebab pertama kenapa TV hidup sebentar mati lagi bisa terjadi karena ada malfungsi di bagian elco vertikal yang umumnya memiliki ukuran 1uF 50V. Akibat rusaknya elco tersebut menjadi kinerja melemah dan akan mengakibatkan TV secara otomatis akan hidup mati -hidup mati.

2. Komponen Rusak

Penyebab kedua juga bisa terjadi karena ada komponen-komponen pada mesin TV mengalami kerusakan juga. Di antara lain komponen rusak itu sendiri seperti misalnya flyback, vertikal, horizontal, tuner, suara dan lainnya.

3. IC Vertikal Tidak Bekerja

Penyebab ketiga kenapa TV hidup sebentar kemudian mati lagi dengan sendirinya, bisa terjadi karena IC vertikal tidak bekerja secara optimal karena ada kerusakan IC Vertikal yang bisa akibat turunnya kualitas Elco pendukung pada rangkaian vertikal.

Cara Mengatasi TV Polytron Hidup Sebentar Mati Lagi

Cara Mengatasi TV Polytron Hidup Sebentar Mati Lagi

Jika sudah tahu akan penyebab TV Polytron nyala sebentar lalu mati lagi. Langkah selanjutnya Anda para pemilik TV tinggal mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Sehingga dengan mengatasi tersebut, TV akan kembali normal dan bisa kembali disaksikan seperti sedia kala.

Di mana yang perlu dilakukan dalam mengatasi TV hidup sebentar mati lagi yaitu dengan fokus ke penyebab yang terjadi. Jika sudah berhasil tahu, baru Anda lanjut ke tahap eksekusi perbaikannya. Dan inilah solusi atasi TV hidup sebentar kemudian mati lagi.

1. Cek Elco yang Rusak

Mengenai TV Polytron hidup lalu mati lagi saat baru dinyalakan yang disebabkan karena elco bagian IC vertikal tepatnya elco berukuran 1uF/50v rusak maupun kering. Maka mengatasinya adalah dengan cek dahulu elco menggunakan multitester.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memeriksa elco-elco lain yang berada dekat dengan IC vertikal dan pastikan juga bagian belakang mesin, tepatnya di kaki-kaki elco dekat IC vertikal. tidak ada hasil titik solder retak atau terlepas.

2. Lepas Elco

Jika benar elco alami kerusakan atau kaki elco retak dan terlepas maka silakan adalah ganti langsung dengan elco baru. Catatan melepas elco lama yang rusak terlebih dahulu sebelum mulai memasang baru.

Pelepasan bisa dilakukan dengan memanaskan timah dan yang ada pada kaki-kaki elco di PCB kemudian menyedotnya dengan alat bantu. Pastikan jika semua timah terangkat bersih agar pemasangan elco baru dapat menempel sempurna.

3. Pasang Elco Baru

Jika sudah berhasil bersih silakan pasangkan elco serupa dengan ukuran yang sama. Untuk menopang kualitas solderan yang bagus, Anda bisa lakukan penyolderan dengan timah solder kualitas bagus sehingga elco merekat sempurna.

Jika sudah selesai memasangkan elco baru, silakan coba untuk nyalakan unit TV Polytron apakan masih alami protek atau tidak. Jika tidak, maka proses mengatasi televisi Polytron hidup sebentar mati lagi telah berhasil dan Anda tinggal mencoba menghidupkan ulang.

Apakah Ada Cara Memperbaiki Lain?

Secara umum, jika menemui masalah berupa TV hidup sebentar lalu mati lagi. Para tukang service biasanya akan mengatasi dengan cara melumpuhkan protek TV Polytron. Lantas bagaimana cara untuk bisa melumpuhkan protek TV Polytron tersebut?.

Mengenai cara melumpuhkan protek TV Polytron, sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya. Jadi Anda bisa simak secara lengkap mengenai cara atau langkah melumpuhkan protek TV Polytron yang aktif.

Untuk melumpuhkan protek ini, tentu saja Anda hanya perlu mencari pin protek saja. Karena di setiap tipe TV Polytron memiliki letak pin protek yang berbeda satu sama lain, jadi silakan untuk memastikan pin protek, secara umum pin protek akan ditandai dengan adanya tulisan protek.

Biaya Service TV Hidup Sebentar Mati Lagi

Jika Anda bisa mengatasi sendiri, mungkin tidak ada biaya besar untuk memperbaikinya. Di mana hanya perlu membeli komponen seperti elco baru untuk mengganti yang rusak. Untuk pembelian bisa dilakukan di toko elektronik terdekat.

Namun bagi pemilik TV Polytron yang tidak yakin mengatasi sendiri dan takut membuat masalah lebih parah pada unit TV, maka silakan panggil tukang service. Dengan catatan Anda perlu siapkan uang lebih guna biaya ongkos perbaikan.

Mengenai ongkos perbaikan TV hidup sebentar mati lagi, akan tergantung dengan tipe unit TV dan tingkat kesulitan perbaikan. Bahkan di setiap daerah dan tukang service TV biasanya akan memberlakukan ongkos perbaikan yang berbeda satu sama lain.

Namun secara umum biaya ongkos diperlukan bisa mencapai sebesar Rp 100 – Rp 200 ribu. Jadi siapkan uang dengan nominal itu, atau bisa lebih. Jika perlu, Anda bisa tanyakan terlebih dahulu kepada tukang service sesaat sebelum datang untuk memperbaikinya TV.

Akhir Kata

Seperti itulah kiranya pembahasan mengenai permasalahan televisi Polytron hidup sebentar kemudian mati lagi dapat hargaalat.id sampaikan. Dengan menemui masalah serupa pada TV Polytron Anda, sekilas pembahasan penyebab dan cara mengatasi di atas semoga bisa membantu.

Advertisements