9 Cara Memasukkan Kode Pos di TV Digital & Manfaatnya

Cara Memasukkan Kode Pos di TV Digital – Seperti kita tahu bahwa beberapa bulan lalu Pemerintah telah melakukan migrasi dari siaran TV Analog ke TV Digital. Dengan begitu, masyarakat di himbau untuk membeli perangkat STB agar bisa menikmati siaran TV Digital.

Sementara itu, bagi masyarakat kurang mampu Pemerintah menerapkan program pemberian STB gratis. Sehingga masyarakat tersebut tidak perlu keluar biaya tambahan untuk mendapatkan sinyal TV Digital.

Terlepas dari itu semua, perlu diketahui bahwa setiap masyarakat perlu bahkan wajib memasukkan kode pos ketika mengatur TV Digital. Belum tahu bagaimana cara memasukkan kode pos ke TV Digital? Simak terus artikel ini sampai akhir.

Ya, melalui artikel berikut kami bakal menjelaskan secara lengkap mengenai proses penginputan data kode pos pada saat menyeting TV Digital. Selain itu, kami juga punya informasi terkait manfaat atau tujuan dilakukannya proses tersebut. Supaya lebih jelas, langsung saja simak selengkapnya dibawah ini.

Cara Memasukkan Kode Pos di TV Digital

Cara Memasukkan Kode Pos di TV Digital

Sebelumnya masyarakat Indonesia bisa menikmati beragam siaran televisi melalui perangkat TV Tabung atau LED, tapi sejak berlaku peralihan TV Analog ke TV Digital, kini masyarakat membutuhkan perangkat tambahan berupa STB (Set Top Box).

Harga Set Top Box TV Digital dibanderol mulai dari 200 ribuan per unit. Namun bagi yang tidak punya uang, kalian bisa mendaftar sebagai penerima STB gratis dari Pemerintah. Jika sudah memiliki perangkat tersebut, selanjutnya kalian tinggal melakukan setting TV Digital dan pencarian sinyal.

Pada proses tersebut, kami sarankan untuk memasukkan kode pos sesuai wilayah tempat tinggal kalian. Cara memasukkan kode pos di TV Digital pun sangat mudah, simak tutorial selengkapnya dibawah ini :

1. Masuk Menu Pencarian

Masuk Menu Pencairan

Pertama silahkan tekan tombol Menu pada remote. Setelah itu masuklah ke menu Pencarian.

2. Input Kode Pos

Input Kode Pos

Kemudian pilih menu Kode Pos dibagian bawah lalu masukkan kode pos yang berlaku di wilayah tempat tinggal kalian.

3. Selesai

Selesai

Sampai disini kalian sudah berhasil menginput kode pos pada TV Digital.

Manfaat Mencantumkan Kode Pos di TV Digital

Manfaat Mencantumkan Kode Pos di TV Digital

Setelah menyimak bagaimana cara menginput kode pos di TV Digital, sesuai janji diatas kami bakal menjelaskan manfaat dari proses tersebut. Jadi, dengan cara memasukkan kode pos, secara otomatis fitur EWS bakal aktif.

Apa itu fitur EWS? Jadi, EWS (Early Warning System) merupakan fitur yang bakal mengirimkan peringatan adanya bencana alam di wilayah tempat tinggal pengguna. Artinya, jika kalian sudah mencantumkan kode pos saat setting TV Digital, nantinya kalian bakal memperoleh informasi terkait adanya bencana alam di wilayah setempat.

Dengan begitu, kalian bisa melakukan persiapan yang diperlukan dan mengambil sikap siaga jika ternyata bencana alam tersebut bisa membahayakan keselamatan kalian dan keluarga dirumah. Maka dari itu, penginputan kode pos kami rasa wajib dilakukan oleh setiap pengguna TV Digital di Indonesia.

Cara Mengaktifkan Fitur EWS TV Digital Tanpa Kode Pos

Sementara itu perlu diketahui juga bahwa ada beberapa merk STB TV Digital yang tidak mendukung fitur input kode pos. Jika demikian, apakah berarti pengguna juga tidak bisa mengaktifkan fitur EWS agar bisa menerima informasi peringatan bencana alam?

Tenang, jika STB TV Digital dirumah kalian tidak ada menu input kode pos, maka kalian bisa langsung mengaktifkan fitur EWS tanpa perlu memasukkan kode pos. Bagaimana cara melakukannya? Langsung saja simak tutorialnya dibawah ini :

1. Tekan Tombol Menu

Tekan Tombol Menu

Pada remote TV silahkan pencet tombol Menu lalu masuk ke Pengaturan

2. Nyalakan Fitur EWS

Nyalakan Fitur EWS

Setelah itu pilih fitur EWS dibagian dan pilih Nyala untuk mengaktifkan fitur tersebut.

3. Berhasil

Berhasil

Sekarang fitur EWS di TV Digital kalian sudah aktif.

Mungkin itu saja informasi dari Hargaalat.id mengenai tata cara input kode pos di TV Digital. Diatas kami juga menjelaskan bahwa tujuan dari memasukkan kode pos di TV Digital adalah untuk mengaktifkan fitur EWS.

Dengan begitu, setiap pengguna bisa memperoleh peringatan jika terjadi bencana alam di sekitarnya. Sementara itu, jika STB TV Digital yang dipakai tidak ditemukan menu untuk mencantumkan kode pos, maka pengguna tinggal mengaktifkan langsung fitur EWS pada menu yang tersedia.