10 Cara Mengaktifkan KWH Meter Pulsa Rusak & Mati Terbaru 2020

Cara Mengaktifkan KWH Meter Pulsa – Menjadi salah satu kebutuhan pokok, listrik mungkin akan sangat banyak kegunaan dan manfaatnya. Apalagi saat ini semua peralatan atau kebutuhan sudah serba canggih dan sudah serba elektronik yang mengharuskan adanya aliran listrik.

Penggunaan meteran listrik pulsa mungkin saat ini sudah hampir semua digunakan oleh para pengguna baru, walaupun terkadang ada pengguna yang ingin memasang namun meminta KWH Meteran lama. Meteran listrik pulsa atau sering disebut prabayar ini bisa dikatakan lebih mudah digunakan dan dikenali.

Dari wujud fisiknya saja meteran ini sudah berbeda dari pada meteran pascabayar, dimana pada meteran pulsa memiliki tombol yang digunakan untuk memasukkan token pulsa saat habis. Selain itu dalam KWH meter pulsa juga akan lebih mudah diketahui saat terjadi masalah.

Dari masalah yang biasa terjadi pada meteran listrik pulsa seperti MUNCUL TULISAN PERIKASA atau bahkan KWH meter mati akan dengan mudah untuk dikenali dan ditangani. Nah pada kesempatan kali ini hargaalat.id akan menyampaikan informasi mengenai cara mengaktifkan KWH meter pulsa.

Cara Mengaktifkan KWH Meter Pulsa Rusak & Mati Terbaru

Cara Mengaktifkan KWH Meter Pulsa Rusak Mati Terbaru

Mungkin mengaktifkan KWH meter pulsa akan sedikit membingungkan bagi para pengguna baru yang sebelumnya menggunakan KWH meter biasa. Sebenarnya sama saja cara mengaktifkannya, untuk lebih jelasnya berikut mengenai cara mengaktifkan KWH meter tersebut.

Periksa Penyebab KWH Meter Pulsa Mati

Periksa Penyebab KWH Meter Pulsa Mati

Sebelum berlanjut mengaktifkan atau menghidupkan KWH meter pulsa rusak dan mati alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu mengenai penyebab kerusakannya. Namun pada umumnya KWH meter pulsa mati ataupun rusak di akibatkan oleh beberapa hal seperti berikut.

1. Pulsa Habis

Penyebab satu ini juga bisa mengakibatkan KWH meter pulsa anda akan mati, oleh karena itu selalu pastikan ada token pulsanya. Jika benar-benar habis maka anda hanya perlu mengisinya kembali.

2. Cek MCB KWH Meter

Periksa dan pastikan apakah posisi KWH meter menyala namun kondisi MCB mati, dengan keadan ini maka anda hanya perlu mencoba menyalakan kembali MCB tersebut. Jika masih tetap saja tidak mau menyala itu menandakan beban listrik digunakan terlalu tinggi, solusinya hanya perlu mengurangi pemakaian listrik terlebih dahulu.

3. MCB KWH Ada Kerusakan

Pada umumnya meteran listrik pulsa yang mati juga dikarenakan dikarenakan oleh MCB KWH yang rusak, biasanya akibat penggunaan sudah cukup lama. Dengan begitu solusinya mengganti MCB dengan yang baru, nah penggantian ini nantinya akan di tangani oleh petugas PLN resmi.

4. Layar KWH Meter

Lakukan pengecekan pada KWH meter dengan melihat layar dan lampu indikator pada meteran pulsanya. Saat sedang pemadaman listrik dari PLN nantinya pada lampu indikator dan layar Kwh meter akan mati. Namun jika indicator menyala dan layar mati, ada kemungkinan memiliki beban berlebih atau terjadi masalah lain, dengan begitu solusinya yaitu hubungi PLN.

5. Tanyakan Pada Tetangga

Menanyakan kepada tetangga apakah sedang pemadaman listrik atau tidak mungkin menjadi salah satu alternatif, jika anda sudah melakukan pengecekan di atas namun tetap tidak menemui masalah berarti pada KWH meter pulsanya. Hal tersebut menunjukkan jika terjadi masalah pada KWH meter pulsa anda.

Cara Mengaktifkan KWH Meter Pulsa

Cara Mengaktifkan KWH Meter Pulsa

Setelah mengetahui mengenai penyebab dan sudah mencoba mengeceknya maka langkah selanjutnya anda sudah bisa mencoba mengaktifkan kembali KWH meter pulsa yang mati tersebut.

1. Diamkan Meteran

Jika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba akibat posisi sakelar MCB berubah jadi OFF, maka coba diamkan meteran beberapa menit lalu coba kembalikan posisi MCB ke posisi ON. Jika posisi MCB kembali ke posisi OFF lagi maka itu menandakan jika KWH meter memiliki beban berlebih.

2. Token Pulsa Habis

Mengaktifkan KWH akibat pulsa habis sendiri caranya sangat mudah, dimana pengguna hanya perlu mengisikan sebuah token atau pulsa listrik dan langsung untuk memasukkannya.

3. Hubungi PLN

Jika kedua cara mengaktifkan tersebut bisa dikatakan sudah dilakukan namun tidak menemui hasil, maka cara mengaktifkan paling ampuh yaitu dengan memanggil petugas PLN untuk meminta kode reset meteran listrik atau bahkan petugas akan datang langsung.

FAQ

1. Berapa Call Center PLN?

Untuk bisa menghubungi PLN yaitu langsung saja di 123, namun sebelum itu masukkan kode area anda terlebih dahulu.

2. Apakah Layanan PLN 24 Jam?

Layanan kontak PLN 123 memberikan pelayanan 24 jam.

Mungkin itulah informasi mengenai cara mengaktifkan KWH meter pulsa beserta mengetahui penyebabnya yang bisa hargaalat.id sampaikan. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.