7 Cara Menormalkan Warna Printer Epson Semua Tipe

Advertisements

Cara Menormalkan Warna Printer Epson – Banyak orang lebih memilih menggunakan printer Epson, karena dinilai lebih bagus dan berkualitas. Epson memang tidak perlu tanggung-tanggung dalam menghadirkan produk printer.

Selain memiliki kualitas tinggi, harga printer Epson juga cukup murah, maka tak heran jika banyak orang menyukai printer merk Epson ini. Meskipun demikian, namun itu bukan berarti printer Epson tidak dapat mengalami masalah.

Salah satu masalah yang terjadi pada printer Epson dan banyak dialami pengguna ialah kondisi dimana warna printer tidak sempurna. Sebenarnya permasalahan ini tak hanya terjadi pada printer Epson saja, tapi hampir pada semua merk printer.

Advertisements

Nah, jika Anda mengalami masalah pada warna printer Epson, maka tidak perlu khawatir karena kami akan membagikan cara menormalkan kembali warna tinta printer tersebut. Selengkapnya, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Cara Menormalkan Warna Printer Epson

Cara Menormalkan Warna Printer Epson

Advertisements

Warna tinta tidak tidak sesuai dapat terjadi pada semua printer Epson type L3110, L36, L120, L310, L1110, L3150, L220, L4150, atau semua type lainnya. Jadi dapat dipastikan semua pengguna printer Epson pernah mengalami masalah ini.

Warna tinta yang tidak sesuai umumnya disebabkan karena adanya tumpukan tinta yang mengering pada bagian cartridge. Sehingga menghambat keluarnya tinta pada saat proses pencetakan berlangsung, alhasil warna tinta menjadi tidak sesuai.

Untungnya ada berbagai cara mudah untuk menormalkan kembali warna printer Epson yang tidak sempurna tersebut. Adapun sejumlah cara yang dapat Anda lakukan untuk menormalkan warna printer Epson yaitu sebagai berikut ini.

1. Menormalkan Dengan Cara Maintenance

Cara pertama untuk menormalkan warna printer Epson dapat dilakukan dengan maintanan. Dimana cara ini dilakukan untuk mendorong agar cartridge memompa tinta dengan lebih kuat agar menghasilkan gambar atau dokumen yang lebih jelas.

  1. Langkah pertama, silahkan buka Microsoft Word dan atau buka file bebas untuk diprint. Kemudian, tekan Ctrl + P untuk masuk ke menu printer.
  2. Anda akan diarahkan ke halaman Office Button yang berada di sudut kiri atas. Lalu, klik menu Print.
  3. Jendela halaman menu terbuka, klik Properties > klik Maintenance.
  4. Berikutnya, pilihlah menu Cleaning > All Colours > klik Execute.
  5. Lalu, cartridge akan dipaksa untuk memompa tinta lebih kuat agar menghasilkan warna yang lebih sempurna.
  6. Selanjutnya, tinggal tunggu hingga semua proses selesai.

2. Dengan Melakukan Nozzle Check

Cara lainnya untuk menormalkan tinta adalah dengan Nozzle Check. Dimana, Nozzle Check adalah sebuah proses pengecekan kondisi printer saat mencetak dokumen atau foto apakah sudah sempurna atau masih terlihat putus-putus.

Adapun untuk melakukan Nozzle Check terbilang cukup mudah yaitu sebagai berikut ini :

  1. Pertama, klik tombol Start > lalu masuk ke Menu Control Panel.
  2. Kemudian, silahkan klik Device and Printer.
  3. Pada Menu Printer and Faxes Anda akan melihat device yang terdeteksi, klik kanan pada printer Anda dan pilihlah Printing and Preferences.
  4. Setelah itu, pilih Tab Maintenance > Klik Opsi Nozzle Check.
  5. Berikutnya, akan muncul halaman jendela untuk mengkonfirmasi. Lanjutkan dengan klik Print.
  6. Lalu, akan muncul pola yang menunjukan hasil print Anda. Jika hasil print dari Nozzle Check sudah sempurna klik Close.

3. Lakukan Head Cleaning Printer Epson

Jika setelah melakukan Nozzle Check, namun warna printer masih bermasalah maka Anda bisa mencoba untuk melakukan Deep Cleaning. Jeda kurang lebih selama 10-15 menit sebelum melakukan Head Cleaning serta selesai melakukan Nozzle Check. Berikut cara melakukan deep cleaning :

  • Buka Dokumen Microsoft Word terlebih dahulu, lalu tekan tombol CTRL + P agar masuk ke menu Print.
  • Selanjutnya, klik menu Properties > Maintenance > klik Deep Cleaning.
  • Berikutnya, pilihlah Opsi All Colour > Menu Execute.
  • Tunggu selama beberapa menit hingga Proses Deep Cleaning selesai.
  • Kemudian, tinggal lakukan kembali Nozzle Check untuk mengetes apakah hasil print masih tidak sempurna.

4. Bersihkan Cartridge Dengan Air Hangat

Cara lain untuk menormalkan warna printer Epson yaitu dengan membersihkan cartridge menggunakan air hangat. Adapun untuk melakukan cara ini yaitu sebagai berikut ini.

  • Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu air hangat pada sebuah ember dengan tinggi antara 1 hingga 1.5 meter. Siapkan juga tisu atau kain.
  • Lalu, rendam cartridge selama kurang lebih 6 hingga 10 menit. Guna menghilangkan gumpalan yang menghalangi tinta.
  • Kemudian, bersihkan tinta keri

5. Bersihkan Encoder Printer Epson

Cara mengatasi warna tinta printer Epson tidak sempurna dapat dilakukan dengan membersihkan Encoder. Encoder merupakan benda panjang seperti mika yang berada di bagian belakang cartridge, yang berfungsi sebagai sensor.

Encoder ini sangat berpengaruh terhadap kesempurnaan warna tinta yang tercetak pada sebuah dokumen. Jadi, apabila warna tinta tidak sempurna, Anda dapat memeriksa Encoder, jangan-jangan sudah terlalu kotor dan harus dibersihkan.

Cara membersihkan Encoder ini sangat mudah, Anda bisa menggunakan tisu atau kain lembut untuk menyeka Encoder sehingga bersih kembali dan bebas dari debu. Setelahnya, Anda bisa mencoba mencetak dokumen untuk melihat efeknya.

Nah, itulah beberapa cara menormalkan warna printer Epson yang dapat hargaalat.id sajikan buat Anda semuanya. Dengan mengikuti cara-cara di atas, maka warna printer Epson Anda akan kembali normal. Sekiranya cukup sekian, semoga artikel di atas membantu.

Advertisements