15 Cara Sharing Printer Windows 7 & Windows 10 dengan WiFi atau LAN

Advertisements

Cara Sharing Printer Windows 7 & Windows 10 – Sudah canggih dunia teknologi maupun peralatan elektronik, menjadikan setiap insan manusia di jaman sekarang akan dimudahkan berbagai urusan dengan hadirnya alat-alat tersebut. Tidak terkecuali pada alat cetak bernama printer yang di pasaran sudah terjual dengan berbagai merek seperti Epson, Canon dan lainnya.

Printer yang menjadi salah satu perangkat eksternal komputer di mana dapat digunakan untuk menampilkan sebuah data dalam bentuk cetakan baik berupa text maupun gambar di media cetak kertas, kain atau lainnya. Dengan begitu, tentunya printer tidak asing lagi di dunia perkantoran dan percetakan.

Mungkin bagi yang bekerja di perkantoran sudah pernah melakukan pencetakan data pekerjaan dengan printer baik printer merek Canon, Epson atau merek ternama lainnya. Namun dari banyaknya pengguna komputer (karyawan) di kantor tidak semua akan dilengkapi dengan alat printer ini, paling tidak ada dua atau tiga untuk komputer banyak.

Advertisements

Jika demikian, tentu saja sudah tidak asing dan terbiasa melihat beberapa komputer yang menggunakan satu mesin printer saja. Disisi lebih praktis, rupanya juga bertujuan untuk menghemat anggaran operasional dari perusahaan. Sehingga pengeluaran tidak terlalu besar dan memakan anggaran lain.

Cara Sharing Printer Windows 7 Windows 10

Advertisements

Di mana metode penggunaan printer dengan banyak komputer kerap disebut dengan nama Sharing Printer. Sehingga memungkinkan beberapa komputer untuk menggunakan maupun mengakses dengan satu printer. Dengan catatan terhubung dengan jaringan, baik berupa LAN maupun WiFi.

Apa Itu Sharing Printer

Nah bagi Anda yang belum paham akan apa itu sharing printer, sebelum ke pembahasan cara sharing printer alangkah baiknya mengetahui dahulu pengertiannya. Sehingga nantinya bisa lebih paham dan jelas lagi mengenai langkah maupun proses sharing tersebut.

Pengertian “Sharing Printer” adalah metode yang dapat dilakukan untuk menghubungkan satu printer dengan beberapa komputer sekaligus dalam suatu jaringan. Dengan catatan printer mendukung konektivitas yang baik terhadap perangkat eksternal melalui kabel, LAN, bluetooth dan Wi-Fi.

Cara Sharing Printer Windows 7 & Windows 10

Cara Sharing Printer di Windows 7 Windows 10

Jika sudah tahu akan pengertian sharing printer di atas, selanjutnya mari bahas mengenai cara sharing printer. Di mana sharing printer tersebut dapat digunakan pada perangkat yang mendukung sistem operasi Windows, Linuk maupun macOS.

Selain itu, Anda juga sudah mengaktifkan fitur sharing terlebih dahulu terhubung ke perangkat komputer. Untuk hal ini tentu saja membutuhkan hak akses administrator jika ingin lakukan konfigurasi sistem pada OS Windows.

Dan di pembahasan ini hargaalat.id akan sajikan informasi cara sharing printer di Windows 7 dan Windows 10. Bagi pengguna pemula yang masih bingung dan tidak tahu akan cara sharing printer tersebut, berikut akan disampaikan secara lengkap baik menggunakan Windows 7 maupun Windows 10.

1. Sharing Printer di Windows 7

Untuk pengguna Windows 7 atau sistem operasi lama dimana hingga saat ini masih banyak digunakan. Berikut bagaimana cara sharing printer di Windows 7. Langkahnya sendiri sangat sederhana dan mudah.

  • Langkah awal silakan nyalakan unit komputer dan tekan tombol “Start”.
  • Akan muncul beberapa tampilan menu Start, disini Anda tinggal pilih “Device and printer”.
  • Selanjutnya akan beralih ke layar baru dan yang berisi daftar nama printer yang tersedia.
  • Pilih salah unit printer yang akan digunakan, kemudian klik kanan pada printer dan klik “Printer Properties”.
  • Selanjutnya buka tab “Sharing” lalu centang opsi “Share this printer”.
  • Langkah akhir adalah klik “OK” untuk konfirmasi perintah pencetakan yang diinginkan.

2. Sharing Printer di Window 10

Kemudian cara sharing printer kedua yaitu dilakukan pada operasi sistem OS Windows 10. Di sini Anda bisa berbagi printer dengan banyak PC (personal computer) yang terhubung dalam jaringan. Lalu seperti apa caranya? Simak dibawah ini:

  • Silakan nyalakan printer dan komputer bersamaan.
  • Jika sudah, pastikan printer sudah terhubung ke perangkat komputer utama.
  • Setelah itu Tekan tombol “Start” lalu pilih opsi “Settings”.
  • Di langkah selanjutnya silakan pilih “Devices” dan Klik “Printer and Scanner”.
  • Kemudian pilih nama printer yang tersedia dan klik “Manage”.
  • Lalu dengan sorot opsi “Printer properties” dan pilih tab “Sharing”.
  • Jika demikian, untuk melanjutkan silakan klik opsi “Share this printer”.
  • Setelah itu Anda diperkenankan untuk mengedit nama printer sesuai keinginan.

Akses Printer Sudah di Share

Akses Printer Sudah di Share

Jika sudah mengetahui cara sharing printer di Windows 7 dan Windows 10, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara akses printer yang sudah di share. Di mana tugas pada komputer utama adalah mengaktifkan fitur sharing printer dan file agar perangkat muncul dalam jaringan.

Itu artinya, cukup menggunakan satu mesin cetak dokumen (printer) untuk digunakan oleh beberapa PC secara sekaligus. Satu printer bisa mendukung koneksi ke banyak komputer tanpa batas selama seluruh perangkat masih dalam satu jaringan yang sama, walaupun sistem operasi terpasang berbeda.

Lalu seperti apa langkah akses printer yang sudah di share tersebut? Terus simak cara akses di bawah ini.

  • Silakan nyalakan komputer untuk akses jaringan.
  • Selanjutnya buka “Windows Explorer” lalu pilih opsi “Network”.
  • Kemudian langsung cari nama komputer yang terhubung ke mesin printer.
  • Jika berhasil ditemukan silakan klik dua kali pada nama komputernya.
  • Setelah itu akan tampil printer yang sudah di sharing. Di sini Anda hanya perlu klik kanan dan tekan opsi “Connect”.
  • Dengan demikian, lanjut tunggu beberapa saat sampai sistem menambah device.
  • Setelah berhasil maka proses akses penambahan printer pada jaringan telah selesai.

Setelah berhasil akses printer yang sudah di sharing komputer lain, maka akan muncul device baru. Anda hanya perlu cek dengan buka software edit dokumen dan jalankan proses pencetakan. Dengan begitu, printer yang sudah di sharing akan selalu muncul pada saat Anda ingin cetak dokumen atau foto.

Solusi Sharing Printer Gagal Terdeteksi/Muncul

Solusi Sharing Printer Gagal Terdeteksi Muncul

Dalam langkah sharing di atas, terkadang pengguna tidak semua bisa berjalan dengan lancar ada kalanya menemui sebuah kendala berupa sharing printer gagal terdeteksi atau tidak muncul. Jika demikian, maka Anda harus segera mengatasi agar proses pencetakan dokumen segera bisa dilanjutkan.

1. Pastikan Kondisi Kabel

Karena sharing printer memerlukan sebuah fasilitas jaringan LAN atau koneksi WiFi agar dapat berfungsi. Maka perlu dipastikan jika kondisi kabel terpasang sempurna, jadi silakan cek barangkali ada kabel yang longgar di mana dapat ganggu sistem device Anda.

Selain itu, jika diakibatkan oleh koneksi yang buruk dan tidak stabil. Silakan diatasi dengan cara lakukan restart modem. Mengingat banyak permasalahan sharing printer gagal maupun tidak terdeteksi diakibatkan oleh adanya koneksi jaringan internet yang buruk.

2. Pastikan Pilihan Printer

Selain kasus tidak terdeteksinya sharing printer di atas, bisa saja penyebab juga terjadi karena printer yang di sharing secara bersamaan. Pada perusahaan besar umumnya terdapat beberapa printer, sehingga membuat komputer lain juga menambahkan semua device tersebut ke dalam perangkat yang sama.

Dengan begitu, saat Anda ingin cetak atau print dokumen maka selalu perhatikan nama printer yang ingin di akses. Sebab salah dalam memilih device akan berakibat sharing printer tidak muncul atau terdeteksi padahal hanya “human error”.

3. Lakukan Restart Printer

Selain dua permasalahan di atas, saat Anda menemui masalah sharing printer tidak terdeteksi yaitu terjadi karena memori terbatas di mana hanya akan bisa akses beberapa tugas tergantung besaran file. Bahkan tidak jarang jika banyak komputer melakukan pencetakan dokumen secara bersamaan dan masuk daftar tunggu.

Jika demikian, saat tugas diberikan sudah melebihi batas memori maka printer akan secara otomatis error dan tidak akan respon. Dengan begitu akses sharing printer akan bermasalah sampai Anda mengatasinya. Mengatasi itu sendiri mudah yaitu dengan restart atau reset printer sesuai dengan merek printernya.

Sekiranya itu saja mengenai cara sharing printer di Windows 7 dan Windows 10 yang dapat hargaalat.id sajikan beserta beberapa informasi terkait lainnya seperti cara akses dan kenapa sharing printer tidak terdeteksi atau tidak muncul. Semoga adanya pembahasan sharing printer di atas bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Advertisements