22 Cara Reset Printer Canon MP287 Error Tanpa Software

Advertisements

Cara Reset Printer Canon MP287 – Canon memang dikenal banyak orang akan produk printer-nya yang berkualitas dan awet, maka tak heran bila banyak orang lebih memilih printer merk Canon. Canon sendiri telah menghadirkan berbagai model dan type printer berkualitas tinggi, salah satunya yakni Canon MP287.

Canon MP287 merupakan salah satu printer multifungsi dari Canon yang menawarkan fitur cukup handal karena bisa digunakan untuk print, copy dan scan (all in one). Bukan hanya berkualitas dan multifungsi, namun harga printer Canon MP287 juga tergolong murah di pasaran Indonesia, karena termasuk type lama.

Apalagi saat ini orang-orang lebih suka menggunakan printer all in one karena dinilai lebih praktis dan multifungi untuk memenuhi berbagai kebutuhan percetakan sekaligus. Maka tak heran, jika masih banyak yang mencari printer Canon MP287 ini karena keunggulannya meskipun terbilang printer Canon model lama.

Advertisements

Walaupun berkualitas mumpuni, namun printer Canon MP287 juga dapat mengalami error yang memungkinkan pengguna harus melakukan reset. Lalu, bagaimana cara reset printer Canon MP287? Adapun caranya mereset printer Canon MP287 dapat Anda simak melalui artikel lengkap dari hargaalat di bawah ini.

Kenapa Printer Canon MP287 Harus di Reset ?

Kenapa Printer Canon MP287 Harus di Reset

Advertisements

Printer Canon MP287 pasti akan mengalami error, ini mungkin karena faktor usia pemakaian yang sudah cukup lama ataupun faktor lainnya. Meskipun demikian, namun tidak selamanya printer Canon error harus dilakukan reset.

Ada kondisi atau error-eror tertentu sebuah printer harus dilakukan reset. Pengguna bisa mengenalinya dengan tanda-tanda dan indikasi error tertentu untuk memastikan apakah mesin cetak tersebut perlu reset atau mungkin tidak.

Meskipun reset itu perlu, namun butuh pertimbangan jika benar-benar tidak diperlukan, maka sebaiknya jangan reset Canon MP287 tersebut. Adapun penyebab dan indikasi error yang memungkinkan Canon MP287 harus di reset yaitu.

Penyebab Reset Canon MP287

Penyebab mengapa Canon MP287 perlu reset ialah ketika batas cetak sudah full. Ketika printer yang digunakan mogok kerja dengan ciri-ciri LED menyala secara bergantian (blinking) karena jumlah percetakannya sudah mencapai batas.

Kondisi printer Canon MP287 telah mencapai batas cetak (overload), maka mau tidak mau printer harus di reset. Alasan lain mengapa Canon MP287 perlu reset dikarenakan cartridge printer sudah mencapai batas kemampuan mencetak.

Perlu diketahui bahwa cartridge printer mempunyai jumlah maksimal dalam mencetak, sehingga boardnya akan membaca kode itu sebagai waste ink full sehingga perlu di reset dengan hardwere reset dan software reset.

Masalah seperti ini kerap kali terjadi dan sudah bukan rahasia umum lagi bawa printer memang usia pemakaiannya dibatasi, biasanya dengan perhitungan print out. Perhitungan tersebut terekam pada sebuah chip EEPROM pada mainboard.

Hal ini dilakukan oleh pihak Canon itu sendiri, dengan alasan untuk menjaga kelebihan tinta di luar daya tampung bak tinta printer, sehingga tinta tidak meluber keluar printer atau bahkan dapat menyebabkan hubungan singkat terhadap komponen yang ada di dalam printer Canon MP287 tersebut.

Indikasi Canon MP287 Error

Selain penyebab di atas, ada beberapa indikasi error yang memungkinkan printer Canon MP287 perlu dilakukan reset. Error yang terjadi pada Canon MP287 biasanya berupa kode-kode tertentu disertai dengan keterangan tertentu.

Meskipun indikasi printer Canon error digambarkan dengan kode, namun tidak semua kode error yang muncul bisa diatasi dengan reset. Adapun indikasi error beberapa kode yang memungkinkan Canon MP287 perlu reset yaitu sebagai berikut.

  1. E07 – The Fine Cartridge is not Installed in the Coorect Position : Artinya catridge tidak dipasang pada posisi yang benar.
  2. E08 – Ink Absorber is Almost Full, Ink Absorber : Artinya tinta printer penuh.
  3. P07 – Ink Absorber Full : Artinya tinta penuh.

Nah, jika indikasi kode error tersebut terjadi pada printer Canon MP287 Anda, maka bisa dipastikan printer tersebu perlu dilakukan reset. Lantas, bagaimana cara reset printer Canon yang error? Adapun caranya yaitu sebagai berikut ini.

Cara Reset Printer Canon MP287

Cara Reset Printer Canon MP287

Cara reset printer pada dasarnya merupakan pekerjaan ringan, karena memang caranya mudah dan sangat sederhana. Dimana cara reset printer Canon MP287 sebenarnya tak berbeda jauh dengan cara reset printer Canon IP2770.

Karena Anda bisa melakukan reset dengan service tool menggunakan software resetter Canon ataupun tanpa menggunakan software. Keduanya mudah untuk dilakukan dan cukup efektif mengatasi printer Canon MP287 error.

Meskipun mudah, namun masih banyak orang yang belum mengetahui cara mereset printer Canon MP287. Nah, bagi Anda yang belum mengetahui caranya, maka langsung saja ikuti langkah-langkah reset printer Canon MP287 di bawah ini.

Cara Masuk ke Service Mode Canon MP287

Sebelum melakukan reset, maka Anda perlu masuk ke service mode terlebih dahulu. Cara masuk ke service mode printer Canon MP287 terbilang sangat mudah. Tidak tahu caranya, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pastikan printer Canon MP287 dalam ke power off, namun masih terhubung dengan tegangan listrik.
  2. Selanjutnya, tekan dan tahan tombol “Stop atau Reset” dan kemudian, tekan dan tahan tombol “Power” printer.
  3. Tetap tekan tombol “Power” dan lepas tombol “Stop / Reset“. Lalu, tekan tombol “Stop atau Reset” sebanyak 6x dalam keadaan tombol “Power” masih Anda tekan.
  4. Setelah itu, lepaskan semua tombol secara bersamaan.
  5. Jika telah berhasil masuk ke service mode, maka biasanya komputer akan langsung mendeteksi device baru. Jika komputer telah mendeteksi baru, abaikan saja.

Cara Reset Printer Dengan Service Tool

Setelah printer Canon MP287 telah masuk ke service mode, maka reset siap dilakukan. Nah, pada tahap ini Anda harus download resetter Canon MP287 terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, langsung saja ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pertama, silahkan download software resetter Canon MP287 terlebih dahulu pada tautan di bawah ini gratis.
  2. Setelah berhasil didownload, silahkan install dan jalankan software resetter tersebut.
    Cara Reset Printer Dengan Service Tool
  3. Pada bagian Clear Ink Counter > Klik Main.
  4. Pada bagian Ink Absorber Counter > Klik Main.
  5. Klik EEPROM, maka printer Canon MP287 akan mulai mencetak selembar kertas.
  6. Jika hasil print bagus, maka proses reset telah berhasil. Sekarang printer Canon MP287 Anda selesai dan siap digunakan lagi.

Cara Reset Printer Tanpa Software

Selain cara di atas, Anda juga bisa melakukan reset tanpa menggunakan software. Dimana cara mereset printer Canon MP287 tanpa software juga sangat mudah. Untuk lebih jelasnya, langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah pertama, silahkan matikan printer Canon MP287 terlebih dahulu.
  2. Kemudian, cabut kabel power printer dari stop kontak listrik.
  3. Selanjutnya, tekan dan tahan tombol “Power” printer.
  4. Sembari menekan tombol Power, silahkan pasang kabel power printer ke stop kontak listrik.
  5. Tunggu kurang lebih selama 2-5 detik, lalu tekan tombol “Resume” sebanyak 2x. Setelah lampu indikator berwarna hijau, lepaskan tombol “Power” printer yang sedang Anda tekan.
  6. Berikutnya, masuk ke “Control Panel” di komputer Anda dan cari pengaturan printer Canon MP287.
  7. Setelah itu, akan muncul device printer baru. Biasanya ini ditandai dengan nama “Canon MP287 series + nama copy dibelakannya“.
  8. Jika sudah ketemu, tinggal ubah ke pengaturan default. Maka printer akan reset.

Nah, itulah informasi lengkap dari hargaalat.id terkait cara reset printer Canon MP287 beserta penyebab harus reset printer. Sekiranya hanya itu saja informasi dari kami, semoga tutorial cara reset printer di atas memberi solusi kepada Anda.

Advertisements