4 Indihome Gangguan Hari Ini 2024 : Penyebab & Solusi

Indihome Gangguan Hari Ini – Sebelum adanya Biznet, First Media dan Iconnect, Indihome sudah lebih dulu hadir memenuhi kebutuhan internet rumah masyarakat di Indonesia. Hingga saat ini Indihome sudah memiliki lebih dari puluhan juta pelanggan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Tidak bisa dipungkiri bahwa internet saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi banyak orang. Oleh karena itu, tidak sedikit yang memilih berlangganan Indihome untuk memenuhi kebutuhan tersebut daripada harus membeli paket data setiap bulan atau bahkan setiap minggu.

Kami yakin banyak juga dari kalian disini yang terdaftar sebagai pelanggan Indihome. Jika demikian, selama berlangganan Wifi Indihome pernahkah kalian mengalami gangguan berupa koneksi lemot, Wifi tidak ada internet, lampu pada Modem menyala merah atau lainnya?

Disini kami punya informasi mengenai beberapa gangguan Indihome hari ini. Setiap masalah atau gangguan yang terjadi masing-masing memiliki penyebab dan solusinya sendiri. Dengan begitu, sebagai pelanggan Indihome kalian wajib banget tahu informasi ini.

Indihome Gangguan Hari Ini

Gangguan Indihome Hari Ini

Seperti kita tahu, Indihome merupakan satu dari sekian banyak Provider internet rumah di Indonesia dengan jumlah pelanggan terbanyak. Sebab, jaringan Indihome saat ini telah tersebar di hampir seluruh penjuru Nusantara, bahkan sampai ke Daerah pelosok.

Sama seperti layanan internet rumah pada umumnya, Indihome juga menawarkan beragam pilihan paket dengan speed dan harga langganan yang berbeda. Tersedia juga pilihan paket Add-On yang bisa di beli melalui aplikasi My Indihome.

Tapi perlu diketahui meskipun menjadi salah satu Provider Wifi terbaik, Indihome ternyata tidak bisa lepas dari yang namanya gangguan. Ya, laporan mengenai gangguan Indihome hampir selalu ada setiap harinya.

Untuk gangguan Indihome hari ini, kami dari Tim Hargaalat.id yang juga menggunakan koneksi Wifi Indihome mengalami koneksi internet yang begitu lemot. Padahal paket Wifi Indihome yang digunakan adalah 50 Mbps.

Selain internet lemot, gangguan Indihome juga bisa berupa lampu indikator PON pada Modem menyala atau berkedip merah. Bukan hanya indikator PON, terkadang lampu LOS pada Router Indihome juga kerap berkedip merah atau bahkan mati.

Apapun bentuk gangguan yang dialami, intinya ketika koneksi Wifi bermasalah hal itu pasti bakal mengganggu aktivitas kalian, entah itu aktivitas pekerjaan maupun aktivitas hiburan seperti streaming, main game Online dan lain sebagainya.

Ketika mengalami dalam menggunakan Wifi Indihome kalian bisa langsung cek gangguan Indihome melalui aplikasi My Indihome atau menghubungi Call Center. Tapi, jika gangguan yang dialami sudah diketahui penyebab nya, maka kalian bisa mengambil tindakan sendiri untuk mengatasinya (selama masih memungkinkan). Sementara itu, gangguan atau permasalahan yang dialami juga bisa berasal dari pihak Indihome maupun dari pelanggan itu sendiri.

Berikut adalah beberapa gangguan Indihome yang sering terjadi, mulai dari gangguan ringan sampai gangguan berat yang membutuhkan teknisi Indihome untuk menanganinya :

1. Lampu PON Merah

Pada Router atau Modem Indihome, terdapat beberapa lampu indikator, salah satunya adalah lampu PON. Jika indikator lampu PON menyala merah, maka tandanya Wifi Indihome tidak bisa memberikan koneksi internet, tidak bisa melakukan Sharing Printer, TV Samsung tidak bisa connect Wifi meskipun STB dalam keadaan normal.

Lampu PON sendiri menandakan aktivitas hubungan antara server Indihome dan Router. Jika lampu indikator berwarna Hijau, artinya PON sedang normal. Tapi jika PON berwarna Merah artinya Wifi sedang bermasalah dan biasanya disebabkan oleh adanya gangguan di server Indihome.

Gangguan lampu PON Merah seringkali dialami secara massal pada komplek pelanggan yang berada satu server. Jika mengalami gangguan ini, kalian bisa tanya pada tetangga sekitar yang sama-sama menggunakan Indihome, apakah mengalami masalah serupa.

Lalu untuk mengatasinya kalian bisa coba Restart Wifi dengan cara mencabut kabel Power lalu tunggu sekitar 1 menit. Setelah itu, pasang kembali kabel Power Modem, jika lampu PON menyala Hijau, artinya gangguan ini berhasil diatasi.

Jika cara ini tetap tidak berhasil, maka coba lakukan Reset Modem dengan menekan tombol Reset menggunakan jarum / SIM Ejektor / sejenisnya. Setelah di Reset, biasanya Wifi akan kembali normal.

2. Lampu LOS Merah

Selain lampu PON, pada Modem Indihome juga terdapat lampu indikator LOS. Jika lampu ini berwarna Hijau artinya Wifi Indihome kalian dalam keadaan normal. Tapi jika muncul gangguan hari ini berupa lampu LOS Merah, maka ada jalur kabel Optik yang terjepit, Modem rusak atau masalah komponen lainnya.

Ketika mengalami masalah ini, biasanya dari pihak pengguna tidak bisa melakukan upaya sendiri untuk mengatasinya. Kami sarankan untuk menghubungi Call Center Indihome dan meminta jadwal kunjungan teknisi.

Sebab, untuk menangani masalah LOS Merah yang kaitannya dengan perbaikan jalur kabel Fiber Optik, mengganti Router dan lain sebagainya membutuhkan peralatan khusus. Sementara itu, untuk mengundang teknisi Indihome ke rumah kalian tidak akan dikenai biaya apapun, karena layanan tersebut merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh Indihome untuk semua pelanggan.

3. Wifi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet

Selanjutnya ada juga gangguan berupa Wifi Indihome terhubung tapi tidak ada internet. Untuk gangguan macam ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :

  • Smartphone belum update OS
  • Jarak perangkat (PC / Laptop / Smartphone) terlalu jauh dengan Router
  • Jumlah pengguna Wifi melebihi kapasitas
  • Wifi sedang mengalami gangguan jaringan

Jika mengalami gangguan seperti ini, maka solusinya bisa dengan cara sebagai berikut :

  • Memperbarui sistem operasi di smartphone
  • Mengatur jarak antara perangkat dengan Router Indihome
  • Memblokir pengguna Wifi tidak dikenal melalui Wifi Admin. Lalu atur ulang kapasitas perangkat terhubung dan ganti kata sandi
  • Tunggu hingga jaringan Wifi Indihome kembali normal

4. Penurunan Speed Internet Sampai 70%

Ada juga yang melaporkan soal gangguan Wifi Indihome hari ini berupa penurunan speed atau kecepatan internet mencapai 70%. Untuk gangguan ini bisa jadi karena FUP Indihome dari paket yang digunakan sudah mencapai batas maksimal.

Jadi perlu diketahui bahwa setiap paket Wifi Indihome menerapkan sistem FUP atau batas pemakaian wajar per bulan. Jika belum satu bulan tapi FUP sudah mencapai batas maksimal, maka speed koneksi memang akan diturunkan sampai 75%.

Misal, kalian menggunakan paket Indihome 30 Mbps dengan FUP 500 GB. Apabila sebelum ganti bulan dan FUP tersebut sudah penuh, maka kecepatan internet yang diberikan hanyalah 25% dari 30 Mbps, yaitu sekitar 7,5 Mbps.

KESIMPULAN

Itu dia penjelasan dari Hargaalat.id mengenai beberapa gangguan Indihome hari ini yang mungkin bisa juga terjadi pada semua pelanggan Indihome di lain hari. Intinya, gangguan atau permasalahan yang terjadi pada penggunaan Wifi Indihome bisa terjadi karena adanya kesalahan pada sistem, sedang ada Maintenance atau karena kelalaian pengguna dalam memelihara layanan ini, seperti kabel FO terpasang di area terbuka sehingga mudah putus atau terlipat, Router rusak, posisi Router terlalu jauh, mencapai batas pemakaian wajar dan lain sebagainya.

sumber gambar :

  • Tim Hargaalat.id
  • Twitter Indihome
  • Facebook Indihome