Kode Error Printer Canon MP287 Terlengkap 2022 : Arti & Cara Mengatasi

Kode Error Printer Canon MP287 – Dalam industri percetakan, Printer menjadi salah satu perangkat paling penting dan wajib ada. Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, sekarang tersedia banyak merk Printer dengan spesifikasi terbaik, salah satunya adalah Printer Canon MP287.

Mungkin salah satu dari kalian ada yang menjadi pengguna dari perangkat tersebut. Ya, Printer Canon MP287 memang kerap menjadi pilihan para pemilik bisnis percetakan, sebab selain memiliki kualitas terbaik, Printer ini juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Meskipun demikian, perlu diketahui bahwa Printer Canon MP287 juga tidak bisa lepas dari yang namanya masalah. Ada beberapa jenis kode Error yang biasa dialami oleh perangkat tersebut. Sebagai pengguna Printer ini pastinya kalian wajib tahu apa saja kode Error pada perangkat Printer Canon MP287.

Selain daftar kode Error yang sering muncul, kami juga bakal menjelaskan penyebab hingga cara mengatasi masing-masing kode masalah. Baiklah, daripada penasaran langsung saja simak selengkapnya dibawah ini.

Kode Error Printer Canon MP287

Kode Error Printer Canon MP287

Seperti kami sebutkan diatas bahwa Printer Canon MP287 mempunyai beberapa masalah yang ditandai dengan macam-macam kode Error. Kemudian masing-masing kode Error yang muncul setiap kali Printer Canon MP287 mengalami masalah juga mempunyai penyebab yang berbeda.

Sementara itu, untuk mengatasi setiap kode Error pun berbeda-beda, ada yang perlu mengisi ulang kertas, tinta atau cukup dengan mereset Printer Canon MP287. Supaya lebih jelas, silahkan simak daftar kode Error pada Printer Canon MP287 lengkap dengan penyebab dan cara mengatasinya berikut ini :

1. Kode Error E02

Pertama ada kode Error E02 yang memiliki arti Printer Canon MP287 tidak bisa mencetak karena kehabisan kertas atau posisi kertas yang salah. Untuk mengatasi kode Error ini kalian hanya perlu cek ketersediaan kertas pada Printer. Jika ternyata habis, silahkan isi ulang kertas dan pastikan posisi kertas sudah sesuai.

2. Kode Error E03

Selain itu, Printer Canon MP287 juga bisa menampilkan kode Error E03 ketika perangkat mengalami Paper Jammed atau kondisi kertas di dalam Printer macet saat proses mencetak dokumen. Masalah ini bisa diatas dengan sebagai berikut :

  • periksa apakah ada sesuatu yang mengganjal pada roller Printer
  • Reload kerta dengan sesuai

3. Kode Error E04 & E05

Kemudian khusus untuk kode Error E04 dan E05, kedua kode ini memiliki arti yang sama yaitu Cartridge pada Printer tidak terdeteksi yang disebabkan oleh posisi Cartridge tidak benar atau Cartridge menagalami kerusakan.

  • Solusi untuk kode Error E04 dan E05 adalah :
  • Melepaskan Cartridge lalu bersihkan sampai bersih
  • Setelah itu pasang lagi dengan benar (sampai ada bunyi klik)
  • Jika sudah, sekarang coba gunakan Printer Canon MP287 untuk mencetak, jika sukses artinya masalah sudah berhasil teratasi

4. Kode Error E07

Printer Canon MP287 juga bisa menampilkan kode Error E07 apabila penggunaan tinta pada Cartridge sudah melampaui batas. Masalah ini bisa diatasi dengan mudah melalui reset Printer.

5. Kode Error E08

Lalu jika Printer Canon MP287 muncul kode Error E08 itu artinya kapasitas tinta sudah hampir penuh. Ketika terjadi demikian juga akan muncul notifikasi Ink absorber is almost full. Sebagai solusinya kalian cukup menekan tombol hitam pada Printer. Setelah itu proses cetak akan berlanjut.

6. Kode Error E13

Kode Error E013 pada Printer Canon MP287 memiliki arti “The Remaning Ink Level Cannot be detected” yang menunjukan bahwa tinta tidak terdeteksi karena sudah habis. Cara mengatasinya cukup tekan tombol STOP/RESET selama 5/10 detik sampai display indikatornya menunjukan angka 1

7. Kode Error E14

Sedangkan untuk kode Error E17 menandakan jika Cartridge pada Printer tidak terdeteksi atau “The Fine Cartidge cannot be recognized “

Masalah ini bisa disebabkan karena cartridge luber atau memang kondisi Cartridge sudah harus diguanti.

Cara mengatasi :

-ganti cartridge

-Bersihkan Cartridge jika ternyata masalah disebabkan oleh tinta yang luber

8. Kode Error E15

Kode Error E15 memiliki arti “The Fine Cartidge cannot be recognized “ karena cartridge tidak terpasang dengan benar. Cara mengatasi kode Error ini sangat mudah, kalian hanya perlu melepaskan Cartridge lalu memasangnya lagi dengan benar.

9. Kode Error E16

Selanjutnya ada kode Error E16 yang menandakan bahwa tinta Printer sudah habis atau The Ink has Run Out

Cara mengatasi :

-Tekan dan tahan tombol STOP/RESET antara 5 sampai 15 detik
-Ketika LCD panel berputar, silahkan lepas tombol tersebut
-Terakhir, isi ulang tinta sesuai kebutuhan

10. Kode Error E30

Ketika dokumen yang akan di scan ukurannya terlalu kecil, maka Printer Canon MP287 bakal menampilkan kode E30

11. Kode Error E31

Ketika Printer Canon MP287 muncul notifikasi “The printer is not connected with computer” atau printer belum terhubung dengan komputer maka kode masalah yang tertera adalah E31.

Cara mengatasi :
-cek dan pastikan kabel printer benar-benar tersambung dengan komputer

-ganti apabila kabel rusak

12. Kode Error E50

Kode E50 menjelaskan suatu masalah pada bagian scanning ,dokumen tidak terdeteksi. Masalah ini biasanya terjadi karena ukuran kertas yang tidak sesuai, posisi kertas tidak benar, kaca plat Scanner kotor hingga Print Head mengalami kerusakan.

Cara mengatasi :

-gunakan kertas dengan ukuran yang sesuai

-pastikan posisi kertas dengan benar

-bersihkan kaca plat scanner sampai benar-benar bersih

-periksa print head, pastikan bagian tersebut dalam kondisi baik

13. Kode Error P02

Printer Canon MP287 juga bisa menampilkan kode P02 yang berarti terdapat masalah pada Carriage

Kode Error ini bisa diatasi dengan cara :

-membersihkan encoder

-memeriksa roll printer

-keluarkan jika ada benda-benda yang menggangu

14. Kode Error P03

Kode Error P03 pada Printer Canon MP287 mempunyai arti Line Feed Error. Sebagai solusinya, kalian bisa memeriksa sensor timing disk kemudian membersihkan mainboard pada Printer.

15. Kode Error P05

Saat terjadi kerusakan pada ASF sensor, maka Printer Canon MP287 bakal menampilkan kode P05.

Cara mengatasinya :

-mengganti salah satu part seperti ASF unit,board,dan motor printer

16. Kode Error P06 & P08

Kemudian jika temperatur printer terlalu panas maka perangkat memberitahukan lewat kode P06 atau P08. Guna mengatasi masalah ini, kalian perlu membersihkan mesin atau mengganti board jika memang kondisinya sudah tidak layak.

17. Kode Error P07

Kode P07 pada Printer Canon MP287 memiliki arti Ink absorber full. Sebagai solusinya, kalian cukup reset printer lewat menu maintenance yang ada di perangkat lunak komputer.

19. Kode Error P09

EEPROM Error pada Printer Canon MP287 ditandai dengan munculnya kode P09. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah mengganti Board.

20. Kode Error P10

Sedangkan untuk kode P10 menandakan adanya masalah pada salah satu komponen printer yang disebabkan arus pendek listrik. Silahkan matikan total Printer dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, hidupkan kembali.

21. Kode Error P15

Kode P15 menandakan adanya masalah USB over current yang disebabkan oleh kabel Printer sudah tidak memadai. Maka dari itu, untuk solusinya kalian perlu mengganti kabel dengan yang baru. Atau jika perlu ganti Board nya sekalian.

22. Kode Error P20

Kode Error P20 menandakan Other hardware error atau terjadi kerusakan pada hardware. Jika terjadi demikian, kalian perlu mengganti mainboard atau hardware printer.

23. Kode Error P22

Terakhir, Printer Canon MP287 bisa menampilkan kode P22 apabila Scanner tidak berfungsi. Cara mengatasi masalah ini adalah mengganti Scanner atau Board dengan yang baru.

Itulah daftar kode masalah pada perangkat Printer Canon MP287 yang berhasil Hargaalat.id rangkum. Selain itu, diatas kami juga menyebutkan informasi seputar penyebab hingga cara mengatasi setiap kode Error pada perangkat tersebut. Mengingat harga Printer Canon MP287 yang lumayan mahal, pastinya kalian tidak ingin perangkat tersebut rusak begitu saja hanya karena tidak tahu bagaimana cara mengatasi saat muncul kode masalah.