Komponen IF Pada TV 2020 : Penjelasan & Fungsi

Komponen IF Pada TVĀ – Dalam sebuah Televisi tentu saja terdapat banyak sekali komponen yang berbeda. Disamping itu, setiap komponen pastinya memiliki fungsi yang beragam.

Nah, berbicara mengenai komponen TV, pada pembahasan kali ini Hargaalat akan menjelaskan tentang komponen IF. Pada sebuah Televisi komponen ini terbagi menjadi berapa jenis.

Kemudian setiap jenis IF juga memiliki tugas dan perannya masing-masing. Contoh untuk salah satu jenis IF bernama RF Amplifier. Komponen ini bertugas untuk mengguatkan sinyal atau gelombang yang ditangkap oleh Antena TV.

Selain itu, RF Amplifier juga menentukan perbandingan sinyal terhadap noise. Oleh karena itu, RF dibekali dengan fitur AGC ( Automatic Gain Control ) guna menstabilkan distorsi gelombang.

Apa Saja Komponen IF Pada TV ? Berikut Penjelasan dan Fungsi Setiap Jenisnya

Apa Saja Komponen IF Pada TV Berikut Penjelasan dan Fungsi Setiap Jenisnya

Sampai disini pastinya kalian mulai penasaran megenai apa saja jenis dan juga fungsi dari setiap komponen IF. Baiklah, untuk itu langsung saja kalian simak ulasan dibawah ini.

Jenis dan Fungsi Setiap Komponen IF

Secara umum komponen IF pada sebuah Televisi berperan untuk memilih channel atau siaran melalui gelombang radio yang diterima Antena. Komponen ini juga terbagi menjadi tiga jenis yang memiliki fungsinya masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis komponen IF di Televisi :

1. RF Amplifier

RF Amplifier

Pertama ada IF jenis RF Amplifier yang bertugas untuk menguatkan sinyal siaran yang ditangkap antena. RF Amplifier juga memiliki gain yang cukup besar, sebab dirinya yang menentukan perbandingan sinyal terhadap noise. Selain itu, RF Amplifier juga didukung dengan AGC ( Automatic Gain Control ) untuk mengontrol distorsi gelombang yang ditangkap Antena TV.

2. Mixer

Mixer

Selanjuntya ada Mixer yang berfungsi untuk mencampur gelombang radio dengan isolator lokal sehingga menghasilkan frekuensi gambar sebesar 38,9 Mhz. Sedangkan untuk frekuensi suara yang diproses oleh Mixer ini berukuran 33,4 Mhz.

3. Osilator Lokal

Olisator Lokal

Sedangkan untuk Isolator Lokal bertugas untuk menstabilkan gelombang sinyal yang diperoleh melalui Antena TV. Jenis komponen IF yang satu ini wajib memiliki tingkat kestabilan tinggi, sebab jika tidak gambar maupun suara yang direproduksi ke TV tidak akan sempurna. Untuk memaksimalkan tingkat kestabilan Osilator Lokal, maka terdapat rangkaian kontrol AFT ( Automatic Frequency Tuning ).

Akibat Komponen IF Bermasalah

Akibat Komponen IF Bermasalah

Lalu apa yang terjadi jika komponen IF pada TV bermasalah ? Salah satu akibat yang sering terjadi dari masalah tersebut adalah TV tidak mau menampilkan siaran. Selain itu, di bawah ini adalah beberapa akibat yang timbul ketika komponen IF mengalami masalah :

  • Sinyal yang diterima lemah ( noise ).
  • TV tidak mau menampilkan siaran / channel.
  • TV tidak bisa menerima siaran pada salah satu band.
  • Frequency berubah-ubah.

FAQ

1. Apa Itu Komponen IF ?

Suatu komponen yang bertugas untuk menangkap sinyal siaran atau chanel TV.

2. Ada Beberapa Jenis ?

Ada 3 jenis, antara lain RF Amplifier, Mixer dan Osilator Lokal.

3. Bagaimana Jika Komponen IF Rusak ?

Sinyal yang diterima akan melemah bahkan bisa mengakibatkan TV tidak mau menampilkan channel.

4. Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Karena prosesnya perlu membongkar TV kami sarankan untuk menghubungi teknisi dari tempat kalian membeli TV tersebut.

Itu saja penjelasan dari Hargaalat.id mengenai apa saja komponen IF pada sebuah Televisi. Jadi, ada 3 jenis komponen IF dimana setiap jenisnya memiliki tugas masing-masing. Kemudian apabila salah satu komponen IF mengalami gangguan maka bisa mengakibatkan masalah pada TV, salah satunya adalah TV TIDAK BISA SIMPAN SIARAN.