√ Tone Control Mono 2021 : Pengertian & Cara Merakit

Tone Control Mono – Dalam sebuah rakitan amplifier mungkin tone control menjadi salah satu komponen wajib yang selalu ada. Karena komponen inilah nantinya audio dihasilkan dapat sesuai keinginan.

Di mana komponen tone control sendiri nantinya akan gabung dengan beberapa rangkaian seperti power suplay, dan power ampli. Jika perpaduan tersebut tepat maka suara yang keluar akan bagus.

Fungsi dari tone control itu sendiri nantinya sebagai penggerak sinyal audio yang disalurkan ke dua speakernya. Dengan begitu bisa dikatakan komponen satu ini sangatlah penting di sebuah rangkaian Amplifier.

Tentunya banyak dari Anda sudah tahu mengenai tone control itu sendiri, apalagi jika Anda senang dengan audio dan sound system. Tone Control bukan menjadi hal asing di telinga bagi Anda yang memiliki hobi audio.

Tone Control Mono

Pengertian Tone Control Mono

Tone control sendiri merupakan komponen elektronika di mana berfungsi untuk mengatur gelombang nada pada input audio. Di mana tone control nantinya terbagi menjadi dua macam, yaitu tone control mono dan stereo.

Mono sendiri nantinya akan menghasilkan audio sama antara kedua speaker (tunggal). Sedangkan untuk stereo akan sering membelah suara, atau menggerakkan sinyal audio berbeda lewat kedua speakernya.

Cara Merakit Tone Control 3 Potensio

Tentunya sudah cukup banyak para perakit amplifier yang sudah memasangkan tone control pada amplifiernya dengan memasangkan tone control mono. Tujuan pemasangan sendiri agar audio lebih mantap dan bagus tentunya.

Dalam pemasangan itu sendiri para perakit juga cukup beragam memasangkan tone control mono-nya. Baik itu memasangkan tone control 3 potensio, 7 potensio, 8 potensio maupun lainnya sesuai dengan keinginan si perakit.

Nah bagi Anda yang berkeinginan memasangkan tone control 3 potensio pada amplifier rakitannya, berikut akan di sampaikan cara merakit atau pemasangannya. Simak gambar rangkaian perakitan tone control 3 potensio berikut ini.

Cara Merakit Tone Control Mono 3 Potensio

Keterangan :

  • Input tone control dapat dari audio HP maupun CD.
  • Output tone control dapat masukan ke input power ampli.
  • Tone contrrol mono 3 potensio terdiri dari volume, treble, serta bass.

Selain itu beberapa hal yang dapat menunjang amplifier rakitan Anda mengeluarkan suara bagus, mantap dan sesuai harapan yaitu adanya tambahan lain. Seperti pemilihan komponen berkualitas, penambahan GIGA BASS dan lain-lainnya.

Demikianlah informasi dapat hargaalat.id sampaikan untuk Anda semua mengenai pengertian tone control mono dan cara pemasangan tone control termudah. Semoga dengan adanya informasi tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi semua.