√ Mesin Cuci Tidak Bisa Buang Air ? Ini Penyebab & Cara Memperbaiki

Advertisements

Mesin Cuci Tidak Bisa Buang Air – Dengan adanya alat elektronik berupa mesin cuci, menjadikan pekerjaan mencuci pakaian akan semakin mudah. Hanya dengan menekan tombol yang ada pada unit mesin cuci maka pakaian bisa bersih secara otomatis.

Hingga kini berbagai merk dan tipe mesin cuci sudah hadir, baik itu mesin cuci top loading atau pun front loading. Selain itu pihak produsen juga menawarkan beberapa cara pilihan mesin cuci yaitu mesin cuci 1 tabung maupun 2 tabung.

Dari segi harga sendiri cukup bervariatif tergantung dengan merk dan tipe, namun kali ini kami bukan akan membahas mengenai harga dari mesin cuci. Melainkan akan bahas mengenai salah satu permasalahan umum yang muncul pada mesin cuci.

Advertisements

Jika sebelumnya yang di bahas adalah mesin cuci tidak bisa berputar, kali ini bahas mesin cuci yang tidak bisa buang air atau mengeluarkan air. Di mana masalah ini menjadi masalah yang kerap terjadi bagi pengguna mesin cuci.

Mesin Cuci Tidak Bisa Buang Air

Advertisements

Mesin Cuci Tidak Bisa Buang Air

Jika Anda para pemilik mesin cuci alami kondisi yang mengakibatkan mesin tidak bisa membuang air, dengan mengunjungi artikel ini menjadi pilihan yang tepat. Karena kami akan sampaikan secara lengkap apa faktor beserta cara memperbaikinya.

Penyebab Mesin Cuci Tidak Bisa Buang Air

Penyebab Mesin Cuci Tidak Bisa Buang Air

Namun sebelum lanjut ke pembahasan mengenai cara memperbaiki mesin cuci tidak bisa buang air tersebut, Anda harus mengetahui dahulu apa saja faktor penyebabnya. Secara umum penyebab ada beberapa faktor penyebab, di antara lain seperti:

1. Selang Buang Tersumbat

Mengenai masalah pertama, bisa jadi mesin tidak bisa buang air dikarenakan adanya penyumbatan pada selang pembuangan. Seiring penggunaan mesin yang cukup lama, kotoran juga akan bertambah dan bisa menyumbat bagian dari mesin cuci dan sulit terkuras.

Tidak hanya itu, selang pembuangan digulung juga menjadikan penghambat aliran air yang hendak keluar. Dengan begitu, selalu periksa bagian belakang mesin cuci dan luruskan selang jika ada yang tertekuk.

2. Masalah Selang dan Pipa

Mesin tidak bisa buang air juga terjadi karena selang pembuangan mesin cuci ada masalah sehingga pipa tidak bisa mengalirkan air pembuangan secara cepat atau bahkan tidak sama sekali. Guna mengetahui apakah ini membutuhkan perbaikan tinggal lepaskan selang dari pipa.

Jangan lupa bersihkan selang untuk menghilangkan kotoran yang dapat menyumbat air keluar. Bila tidak berhasil, hubungi tukang ledeng yang sudah ahli untuk memeriksa apakah masalah pipa menjadi faktor masalah utamanya.

3. Penyaring Pompa Tersumbat

Mesin tidak bisa buang air juga dapat terjadi karena filter atau penyaring pada pompa yang berfungsi mencegah barang masuk ke selang pembuangan dan pipa rumah ada masalah seperti benda kecil berupa kancing dan koin sehingga menyumbat filter.

Adanya benda yang menutup filter buang air ini bisa akibatkan proses pengurasan mesin cuci menjadi lambat atau tidak bisa berjalan sama sekali. Silakan untuk atasi dengan mengangkat penyebab yang menyumbat terlebih dahulu.

4. Tinggi Selang Pembuangan Tidak Pas

Penyebab lain datang akibat tinggi selang buang tidak sesuai atau terlalu tinggi, sehingga laju pengeringan mesin cuci akan berkurang setiap kali pipa pembuangan meningkat. Jika Anda meletakkan mesin cuci terlalu tinggi dari lantai.

Dengan adanya kondisi tersebut maka membuat mesin tidak bisa menguras air dan mengalir dengan sangat lambat. Jadi silakan lihat buku panduan pengguna terkait bagaimana cara memasang pipa pembuangan yang benar tepat serta pahami syarat ketinggiannya.

5. Distribusi Beban Cuci Tidak Baik

Mesin cuci tidak bisa buang air juga bisa disebabkan adanya beban cuci yang tidak seimbang, kejadian ini merupakan hal umum namun jarang dikenali. Hal itulah yang menyebabkan mesin bergetar terlalu sering dan mencegah putaran pengeringan bekerja optimal.

Selain bahkan distribusi beban cuci tidak merata, terutama pada mesin cuci pintu depan, bisa merusak komponen internal. Dengan kejadian fatal inilah yang justru bisa Anda merogoh uang lebih guna memperbaiki masalah mesin cuci ini.

6. Kerusakan Tutup Mesin Cuci

Selain beberapa permasalahan di atas, mesin cuci tidak bisa keluar air juga terjadi karena tutup mesin cuci rusak. Kini beberapa tipe mesin cuci akan mulai bekerja jika kondisi tutup mesin cuci sudah tertutup rapat.

Jika tidak rapat maka mesin cuci akan mendeteksi penutup terbuka dan tidak bisa jalan. Bahkan dengan kejadian ini nantinya akan muncul kode error pada display mesin cuci, Anda harus mengetahui kode error mesin cuci tersebut sesuai mesin yang dimiliki.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Bisa Buang Air

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Bisa Buang Air

Jika sudah mengetahui apa saja penyebab yang menjadikan mesin tidak bisa buang air di atas, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana solusi cara memperbaiki. Perlu diingat jika cara memperbaiki mesin cuci tidak bisa buang air membutuhkan keahlian.

Namun jika Anda yakin bisa mengatasi sendiri, maka bisa segera lakukan. Sedangkan tidak yakin, maka bisa minta bantuan kepada tukang service mesin cuci profesional yang biasa menangani kasus-kasus pada mesin cuci. Teruntuk Anda yang ingin lakukan perbaikan sendiri simak penjelasan berikut:

Siapkan Alat Diperlukan

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah peralatan apa saja yang dibutuhkan guna memperbaiki. Namun secara umum permasalahan tidak bisa buang air, Anda membutuhkan beberapa alat seperti misalnya:

  • Ember/baskom atau sejenisnya.
  • Obeng.
  • Tang.
  • Busa spons.
  • Handuk/kain lap.
  • Penjepit.

Langkah Perbaikan Mesin Cuci

Jika semua alat memperbaiki mesin cuci tidak bisa membuang air di atas, maka lanjut ke bagaimana proses penanganannya. Guna lebih jelas dan paham, Anda bisa simak dan ikuti langkah perbaikan mesin cuci tidak dapat buang air di bawah ini.

  • Langkah awal silakan matikan mesin cuci dan cabut kabel power dari steker.
  • Jika sudah, langsung saja cari selang pembuangan di bagian belakang mesin.
  • Kemudian siapkan ember dan selang pembuangan.
  • Pastikan dengan periksa apakah ada kotoran menyumbat selang.
  • Jika ada silakan bersihkan kotoran yang menjadikan tidak bisa buang air.
  • Tidak hanya itu, Anda juga perlu lihat pompa mesin cuci apakah terdapat penyumbatan atau impeler rusak.
  • Lalu bisa juga tekan tutup mesin cuci untuk melihat apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.
  • Kemudian buka juga panel akses dan periksa pompa, lalu lihat panduan pengguna untuk melihat bagian sabuk pompa.

Secara umum, kejadian tidak bisa buang air ini bisa terselesaikan jika sudah buang kotoran penyebab penyumbatan pada selang. Namun untuk permasalahan internal yang sekiranya Anda kurang paham maka bisa minta bantuan saja kepada tukang servie mesin cuci.

Tips Agar Mesin Cuci Pembuangan Lancar

Selain penyebab dan cara mengatasi di atas, ada beberapa hal yang perli diperhatikan oleh Anda yaitu mengenai tips agar mesin cuci bisa bekerja normal tanpa adanya masalah tidak bisa buang air. Adapun beberapa tips tersebut seperti misalnya:

  • Merogoh saku sebelum memasukkan ke dalam mesin cuci untuk hindari adanya uang koin atau benda lain yang bisa menjadi penyebab selang tersumbat.
  • Selalu memeriksa dan membersihkan selang pembuangan dari kotoran.
  • Pastikan saat pengoperasian sesuai, seperti misalnya pakaian yang dimasukkan tidak terlalu banyak dan tersebar merata.

Itulah kiranya pembahasan terkait penyebab dan cara memperbaiki atau mengatasi mesin cuci tidak bisa membuang air yang dapat hargaalat.id sajikan. Dengan adanya kejadian tidak bisa buang air di atas semoga bisa bermanfaat, terutama bagi pengguna yang menemui masalah serupa.

Advertisements