Meteran Listrik Error 27 ? Berikut Penyebab & Cara Mengatasinya

Meteran Listrik Error 27 – Kesalahan pada pemasangan instalasi listrik ataupun kerusakan pada meteran dan semua hal berkaitan dengan listrik rumah, biasanya akan memunculkan kode-kode tertentu. Setiap kode error yang muncul pada meteran pascabayar (token) listrik umumnya menjadi indikasi adanya kesalahan.

Kode error meteran listrik akan muncul karena ada hak yang menyebabkan kondisi yang tidak berfungsi normal, itu mungkin adanya indikasi kerusakan, konsleting, komponen rusak. Banyak masyarakat Indonesia yang mengalami masalah yang membingungkan mereka, dimana pada meteran muncul kode error 27.

Banyak orang mengalami error 27 dan sebagian besar dari mereka kebingungan dengan yang terjadi pada meter listriknya, apa penyebab error tersebut dan apa tindakan yang harus di ambil untuk mengatasinya? Nah, jika Anda mengalami hal serupa yaitu meteran listrik error 27, maka artikel ini harus Anda baca.

Dimana pada kesempatan kali ini hargaalat.id akan sajikan penjelasan terkait penyebab dan cara mengatasi meteran listrik error 27. Oleh sebab itu, bagi Anda yang kebingungan dengan error 25 yang terjadi pada meter listrik dirumah, maka bisa langsung menyimak penjelasan selengkapnya dari kami di bawah ini.

Penyebab Meteran Listrik Error 27

Penyebab Meteran Listrik Error 27

Sama seperti meteran listrik error 26, error 27 muncul tentu saja ada hal yang menjadi penyebabnya. Hal ini dapat dipastikan mengingat segala kerusakan yang terjadi pada meteran listrik rumah tentu saja memiliki penyebab tertentu.

Penyebab mengapa meteran listrik error 27 yaitu karena tegangan listrik rumah tersebut drop, bisa jadi karena kabel ngefong di atas rumah sampai tower atau terlalu banyak cabang maupun rumah terlalu jauh dari tiang dan mungkin juga bisa disebabkan karena trafo maupun tap tranfo terlalu rendah.

Setelah mengecek voltase dan didapati tegangan kurang dari 200V, maka dapat dipastikan meteran listrik rumah mengalami undervoltage. Undervoltage adalah voltase listrik turun di bawah kemampuan alat elektronik atau penerimanya.

Penyebab meteran listrik undervoltage cukup beragam, namun yang pasti meteran listrik undervoltage tidak terjadi karena beban listrik terlalu besar dari pada yang disediakan oleh penerima. Di Indonesia sendiri, kasus meteran listrik error 27 karena undervoltage bisanya terjadi di wilayah padat penduduk.

Trafo distribusi kelebihan beban akibat distribusi terlalu banyak, sehingga nilai voltase bisa turun sampai 180V. Voltase listrik naik turun dapat berdampak buruk bagi konsumen, karena membuat peralatan listrik lebih cepat rusak.

Alat-alat elektronik ini tidak bekerja dengan baik, bahkan mati dan efisiensi penggunaan daya di rumah akan semakin menurun. Itulah sebabnya, ketika listrik rumah error 27 karena undervoltage harus segara untuk diperbaiki.

Cara Mengatasi Meteran Listrik Error 27

Cara Mengatasi Meteran Listrik Error 27

Nah, apabila listrik rumah mengalami error seperti ini, maka tidak perlu terlalu khawatir karena kami akan membatu Anda memperbaiki kesalahan tersebut. Nah, cara mengatasi error 27 ini pada dasarnya terbilang sangat mudah, karena kerusakan ini hanya dapat diperbaiki oleh orang yang ahli kelistrikan.

Itu artinya Anda harus memanggil teknisi PLN untuk memperbaikinya. Akan tetapi sebelum menghubungi pihak PLN, ada hal yang harus Anda lakukan ketika error 27 terjadi yaitu dengan melakukan pengecekan voltase meter listrik rumah.

Ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa meter listrik rumah benar-benar mengalami undervoltage, sehingga pelaporan ke pihak PLN akan lebih mudah serta bisa dapat langsung ditangani. Berikut cara mengecek voltase meteran listrik.

Cara Cek Voltase Meteran Listrik

Nah, untuk melakukan pengecekan voltase meteran listrik caranya sangat mudah, dimana Anda hanya perlu memasukkan kode tertentu ke meteran listrik. Anda cukup masukkan kode “41” dan tekan ENTER untuk mengecek voltase meteran listrik.

Cara Cek Voltase Meteran Listrik

Setelah itu, pada layar MCB maka akan langsung ditampilkan voltase listrik di rumah Anda. Jika angka menunjukan di atas 200V, maka dapat dipastikan meteran listrik rumah normal, mungkin saja ada penyebab lainnya.

Namun, jika hasil menunjukan angka di bawah 200V atau 180V maka dapat dipastikan meteran listrik mengalami undervoltage. Jika hal itu terjadi, apa yang harus dilakukan? Tindakan yang harus diambil yaitu menghubungi pihak PLN.

Menghubungi PLN 123

Perlu diketahui, bahwasanya undervoltage ini adalah kesalahan yang tidak boleh ditangani oleh sebarang orang. Perlu penanganan dari orang yang ahli di bidang kelistrikan, sehingga lebih baik memanggil teknis PLN untuk memperbaikinya.

Jika listrik rumah mengalami kesalahan kode 27, maka silahkan hubungi nomor 123. Anda dapat menghubungi call center PLN 123 menggunakan saluran telepon ataupun smartphone dengan menambahkan kode area tempat tinggal.

Setelah terhubung dengan pihak PLN, silahkan jelaskan kendala Anda. Informasikan bahwa meteran listrik rumah mengalami undervoltage dengan voltase di bawah 180-200V, maka nantinya pihak PLN akan meminta sejumlah data.

Data yang dibutuhkan umumnya seperti nomor meteran listrik, alamat dan lain sebagainya. Jika sudah, maka nantinya pihak PLN akan memberi nomor pelanggan dan nomor tiket untuk perbaikan meteran listrik rumah undervoltage.

Setelah itu, tinggal tunggu saja teknisi PLN datang ke rumah untuk memperbaiki meteran listrik Anda tersebut. Nah, mudah sekali bukan cara mengatasi meteran listrik error 27, ini seperti ketika meteran listrik error 23.

Nah, itulah informasi lengkap dari hargaalat.id terkait meteran listrik error 27 lengkap beserta penyebab dan cara mengatasinya. Dengan penjelasan di atas, maka kini Anda tidak perlu khawatir apabila meteran listrik mengalami error 27, cukup hubungi pihak PLN maka meteran listrik akan segara diperbaiki.

Tinggalkan komentar