Pengelasan GMAW 2020 : Pengertian, Proses, Peralatan, & Kelebihan

Pengelasan GMAW – Pengelasan atau penyambungan 2 benda logam, sudah anda ketahui sendiri jika cukup banyak proses atau jenisnya. Dari proses las SAW, AOW, MIG, GMAW dan beberapa lainnya.

Dimana proses-proses tersebut memiliki perbedaan satu sama lainnya. Tidak hanya prosesnya namun juga peralatan dan caranya juga berbeda satu sama lain.

Nah pada kesempatan kali ini hargaalat.id akan menyampaikan salah satu informasi mengenai satu proses pengelasan. Dimana yang akan di bahas yaitu mengenai proses pengelasan GMAW.

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi para tukang las atau orang yang bekerja di dunia pengelasan mengenai jenis pengelasan ini. Namun bagi orang awam banyak yang bertanya-tanya mengenai apa itu las GMAW.

Pengertian, Proses, Peralatan, & Kelebihan Pengelasan GMAW

Pengertian Proses Peralatan Kelebihan Pengelasan GMAW

Nah jadi yang masih bingung, dengan adanya ulasan ini semoga dapat membantu menambah wawasan. Karena berikut akan disampaikan secara lengkap las GMAW dari pengertian, peralatan digunakan sampai kelebihan dan kekurangan yang didapatkan dengan penggunaan las ini.

Pengertian Pengelasan GMAW

Pengertian Pengelasan GMAW

Las/pengelasan Gas Metal Arc Welding (GMAW) sendiri ialah salah satu jenis proses pengelasan atau penyambungan bahan logam. Dimana dalam prosesnya menggunakan sumber panas dari energi listrik yang di ubah atau dikonversi jadi energi panas.

Nantinya pada proses las GMAW ini menggunakan kawat las yang digulung dalam suatu roll. Selain itu juga menggunakan gas sebagai pelindung logam las yang mencair ketika dilakukan proses pengelasan berlangsung.

Sebenarnya proses pengelasan GMAW ini terjadi akibat adanya perpindahan ion anoda dan katoda pada base metal dan logam pengisi. Sehingga nantinya akan menyebabkan timbul energi panas yang menyebabkan logam induk dan filler dari metal mencair.

Proses Pengelasan GMAW

Proses Pengelasan GMAW

Untuk las GMAW sendiri nantinya terdapat 2 pembagian jenis gas pelindungnya yaitu antara proses pengelasan MAG dan proses pengelasan MIG. Untuk lebih jelasnya berikut proses masing-masingnya.

Pengelasan MAG

Proses las MAG sendiri ialah jenis pengelasan GMAW dimana menggunakan gas pelindung CO2 ketika proses sedang berlangsung. Untuk kelemahan gas ini nantinya tidak dapat digunakan untuk jenis pengelasan GMAW spray transfer, jika ingin menggunakan jenis spray maka harus transfer dengan melakukan pencampuran gas CO2 dengan gas Helium atau gas Argon.

Pengelasan MIG

Sedangkan untuk proses las MIG ialah jenis las GMAW dimana menggunakan gas pelindung Argon serta Helium. Hal tersebut karena penggunaan gas inert atau mulia ini menjadikan pengelasan ini disebut dengan pengelasan Metal Inert Gas (MIG). Umumnya pengelasan ini digunakan pada pengelasan dengan material non logam seperti alumunium, stainless steel, paduan nikel tinggi atau beberapa material lainnya.

Perlatan Pengelasan Las GMAW

Perlatan Pengelasan Las GMAW

1. Mesin las

Mesin las memiliki fungsi untuk mengkonfersi energi listrik menjadi panas.

2. Tabung Gas

Tabung gas memiliki fungsi sebagai tempat penampung dari gas pelindung (CO2, Ar, He).

3. Welding Gun

Sebagai alat keluarnya gas dan kawat las saat mengelas. Ketika ditekan dan didekatkan dengan benda kerja maka busur las akan menyala.

5. Gulungan Kawat Las

Sebagai tempat kawat las digulung. Umumnya gulungan akan dimasukkan ke dalam alat bernama wire feeder.

7. Kabel Kawat Las

Tempat keluar atau jalan kawat las dari wire feeder ke ujung welding gun.

6. Wire Feeder

Wire feeder memiliki fungsi sebagai pengatur kecepatan keluarnya kawat las.

Kelebihan & Kekurangan Las GMAW

Kelebihan Kekurangan Las GMAW

Kelebihan

  • Proses las GMAW memiliki efisiensi pengelasan tinggi. Hal tersebut karena tidak perlu sering mengganti kawat las.
  • Bisa digunakan untuk semua jenis material serta posisi pengelasan.
  • Las GMAW nantinya tidak memberikan hasil kerak atau slag sehingga tidak perlu proses pembersihan.

Kekurangan

  • Bisa dan bahkan sering terjadi burnback saat pengelasan berlangsung.
  • Ketika gas pelindung tidak keluar sempurna maka bisa terjadi cacat porosity.
  • Set up pengelasan harus lebih detail untuk memberikan hasil las secara maksimal.
  • Keadaan busur tidak stabil.

Mungkin itulah informasi mengenai pengertian proses pengelasan GMAW secara lengkap beserta peralatan dibutuhkan dan kelebihan dan kekurangannya yang bisa hargaalat.id sampaikan. Semoga dengan adanya informasi ini nantinya dapat bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.