Las OAW 2020 : Pengertian, Peralatan, Cara, Kelebihan & Kekurangan

Las OAW – Pengelasan ialah penyambungan antara dua bahan logam untuk menjadikan perpaduan bentuk yang padu. Pengelasan ini sendiri nantinya akan dilakukan dengan memanaskan logam tersebut sampai menjadi titik cair.

Nah kali ini hargaalat.id akan menyampaikan informasi mengenai salah satu proses pengelasan, yaitu mengenai pengelasan Oksigen Asetilen Welding (AOW). Mungkin sebagian dari anda sudah mengetahui secara jelas mengenai las ini.

Untuk yang belum, dengan adanya artikel ini semoga bisa membantu memberikan pengetahuan atau wawasan. Dimana akan dibahas secara lengkap pada kesempatan kali ini dari pengertian, peralatan yang digunakan, cara nyalakan dan mematikan serta kelebihan kekurangannya.

Mungkin akan sangat membantu sekali bagi anda yang baru pertama kali mendengar apa itu las OAW. Sehingga timbul rasa penasaran dan mulai bertanya-tanya mengenai las satu ini.

Pengertian, Peralatan, Cara Nyalakan & Mematikan, Kelebihan & Kekurangan Las OAW

Pengertian Peralatan Cara Nyalakan Mematikan Kelebihan Kekurangan Las OAW

Nah seperti yang sudah tertera di judul, berikut akan disampaikan secara jelas mengenai pengertian sampai kelebihan dan kekurangannya di bawah ini. Jadi terus simak dan ikuti ulasan ini sampai akhir agar paham mengenai apa itu las OAW.

Pengertian Las OAW

Pengertian Las OAW

Las Oksigen Asetilen Welding atau disingkat dengan OAW ialah salah satu proses pengelasan gas dimana menggunakan sumber panas nyala api melalui pembakaran gas oksigen dan gas asetilen untuk mencairkan logam dan bahan tambah. Pengelasan OAW ini sendiri nantinya bisa digunakan hanya untuk plat-plat (material/media pengelasan) tipis saja.

Selain itu las ini juga memiliki dua fungsi yaitu bisa digunakan untuk pemanasan atau pemotongan, namun dengan alat yang digunakan berbeda. Untuk pemotongan sendiri nantinya akan menggunakan torch yang ada katup gas potong. Sedangkan untuk pengelasan atau pemanasan akan menggunakan welding gun tanpa katup gas potong.

Peralatan Pengelasan OAW

Peralatan Pengelasan OAW

Setelah mengetahui sedikit mengenai pengertian Las OAW maka anda juga perlu mengetahui peralatan mesin las OAW. Berikut beberapa peralatan saat ingin melakukan pengelasan AOW, seperti:

Tabung Gas Oksigen

Tabung oksigen sendiri memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan gas oksigen, nantinya digunakan untuk proses pengelasan yang kemudian akan disambung dengan regulator dan slang yang menuju ke welding torch. Pada umumnya tabung gas oksigen memiliki warna biru atau hijau.

Tabung Gas Asetilen

Tabung asetilen sendiri memiliki fungsi tempat menyimpan gas asetilen, dimana saat proses pengelasan regulator akan dibuka. Kemudian gas akan otomatis keluar melalui slang gas yang terhubung pada welding torch. Umumnya tabung gas asetilen mempunyai warna merah maupun orange.

Regulator Oksigen

Fungsi regulator oksigen itu sendiri yaitu digunakan untuk mengontrol tekanan yang keluar dari gas oksigen pada slang gas ke welding torch. Tidak hanya itu regulator juga dapat digunakan untuk melihat isi gas pada tabung gas oksigen.

Regulator Asetilen

Fungsi regulator asetilen sama seperti fungsi regulator oksigen yaitu untuk melihat tekanan isi dan tekanan keluar dari gas asetilen pada slang ketika digunakan saat mengelas. Walaupun sama fungsinya namun yang membedakan hanya penggunaan pada gasnya.

Slang Gas

Slang gas OAW nantinya memiliki fungsi sebagai sarana mengalirkan gas dari tabung gas ke welding torch saat proses pengelasan.

Welding Torch (Brander Las)

Welding torch sendiri ialah tempat untuk mencampur gas oksigen dan asetilen saat proses pengelasan. Dimana pada welding torch itu sendiri memiliki katup sebagai pengatur keluarnya gas oksigen dan asetilen. Sedangkan untuk torch pemotongan nantinya akan ada tambahan untuk katup gas pemotongan.

Welding Nozzle

Welding nozzle ialah ujung dari bagian welding torch. Dimana welding nozzle mempunyai lubang sebagai tempat keluarnya campuran dari gas oksigen dan gas asetilen. Welding nozzle nantinya bisa diganti saat ingin merubah diameter lubangnya sesuai kebutuhan.

Welding Rod (Bahan tambah)

Welding rod sendiri ialah bahan tambahan dimana digunakan saat proses pengelasan OAW, pada umumnya bahan ini akan disesuaikan dengan jenis material yang akan dilas. Dan biasanya welding rod memiliki bentuk kawat yang digulung.

Cara Menyalakan & Mematikan Las OAW

Cara Menyalakan Mematikan Las OAW

Cara Nyalakan Las OAW

  • Pertama buka katup gas asetilen pada brander las.
  • Setelah itu buka katup oksigen pada brander las.
  • Kemudian tunggu beberapa detik (5 detik) lalu berikan percikan api dengan pematik.
  • Selanjutnya atur nyala api Las.

Cara Matikan Las OAW

  • Pertama tutup katup gas asetilen pada welding torch.
  • Lalu tutup katup oksigen pada brander las.
  • Kemudian tutup katup regulator oksigen dan asetilen.
  • Terakhir buang gas sisa pada selang dengan buka katup pada brander las lalu tutup kembali.

Kekurangan & Kelebihan Las OAW

Pastinya di setiap jenis pengelasan ada saja kelebihan dan kekurangannya. Tidak terkecuali pada las OAW ini. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan las oksigen astelien welding.

Pengelasan ini memiliki kelebihan saat ada pengelasan yang salah bisa dicairkan kembali dengan nyalakan api oksigen asetilen, bisa digunakan pada plat/material tipis, tidak terlalu banyak peralatan.

Sedangkan untuk kekurangannya yaitu saat digunakan mengelas plat tebal kekuatannya kurang maksimal atau bisa dikatakan rendah, pengelasan manual akan kurang efisiensi dan kecepatan las menurun, tidak banyak digunakan untuk pengelasan non logam atau baja tahan karat.

Itulah informasi yang bisa hargaalat.id sampaikan untuk anda semua mengenai pengertian, peralatan, cara nyalakan dan matikan, kelebihan & kekurangan dari las AOW. Semoga bisa informasi di atas bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.