Solusi Saluran TV Digital Tidak Ada Gambar Tapi Ada Suara

Saluran TV Digital Tidak Ada Gambar Tapi Ada Suara – Seperti kita tahu bahwa sekarang siaran TV Analog akan dihilangkan dan beralih ke saluran TV Digital. Oleh karena itu, jika ingin menonton acara TV favorit kalian harus memiliki TV Digital atau menambahkan alat bernama STB agar TV Analog bisa menangkap saluran TV Digital.

Baik pemilik TV Digital maupun pengguna STB tetap harus melakukan pencarian saluran TV Digital secara Otomatis maupun cara manual untuk menemukan saluran TV Digital. Setiap Channel atau saluran TV Digital memiliki kode Frekuensi berdasarkan wilayah nya masing-masing.

Bicara mengenai saluran TV Digital, apakah kalian pernah mengalami kendala berupa saluran TV Digital tidak ada gambar tapi ada suara? Kendala seperti itu sebenarnya bukan hal baru dalam penggunaan TV Digital.

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab Channel TV Digital hanya muncul suara, tanpa ada gambar nya. Berikut ini telah kami siapkan informasi terkait penyebab hingga solusi saluran TV Digital tidak ada gambar tapi ada suara.

Saluran TV Digital Tidak Ada Gambar Tapi Ada Suara

Saluran TV Digital TidakAda Gambar Tapi Ada Suara

Sejak diterapkan nya program ASO (Analog Switch Off) dari pertengahan tahun 2021, kini MNC Grup, Transmedia dan Perusahaan lain sudah menyediakan saluran untuk TV Digital. Bahkan beberapa diantaranya sudah menghapus saluran nya untuk TV Analog.

Sementara itu, untuk menemukan siaran TV Digital kalian bisa melakukan pencarian Otomatis melalui fitur yang tersedia di Set Top Box maupun pada Televisi Digital Samsung, LG, Sony dan lain sebagainya.

Selain itu, pencarian saluran TV Digital juga bisa dilakukan dengan cara memasukkan Frekuensi TV Digital Karawang, Jabodetabek, Bandung, Purwokerto, Semarang dan lain sebagainya. Sebab, seperti kami sebutkan diatas bahwa setiap saluran TV Digital punya Frekuensi masing-masing untuk semua wilayah di Indonesia.

Terlepas dari segala macam metode pencarian saluran TV Digital, untuk kalian yang sudah berhasil menemukan daftar Channel favorit, pernahkah kalian mengalami saluran TV Digital hanya muncul suara, tapi tidak ada gambar nya.

Jika terjadi demikian, maka kalian hanya bisa mendengarkan suara dari acara yang sedang tayang di saluran TV Digital tersebut tanpa bisa melihat gambar di layar TV. Kenapa masalah itu bisa terjadi? Bagaimana cara mengatasinya? Berikut telah kami siapkan penjelasan soal penyebab hingga solusi saluran TV Digital tidak ada gambar tapi ada suara :

1. Kabel Audio Video Bermasalah

Pertama, masalah diatas mungkin disebabkan oleh pemasangan kabel Audio Video dari STB ke TV tidak sesuai. Kabel untuk menampilkan Video adalah kabel yang berwarna kuning dan harus terpasang pada Port yang sesuai di TV. Jika kabel tersebut di pasang ke Port lain maka layar TV tidak bisa menampilkan gambar.

Solusinya sangat mudah, kalian cukup periksa jalur kabel tersebut, lalu pindahkan kabel Video ke Port yang seharusnya. Jika sudah, nantinya layar TV kalian akan menampilkan saluran TV Digital yang tadinya tidak ada gambar tapi ada suara.

2. Periksa Setelan TV

Kedua, saluran TV Digital tidak ada gambar juga bisa disebabkan oleh setelan pada TV kalian sendiri. Jadi, entah kalian atau orang lain mengubah beberapa pengaturan seperti mengaktifkan mode Tidur yang mengakibatkan layar TV bisa mati secara tiba-tiba. Dengan begitu, dalam kurun waktu yang telah di setting, layar TV kalian akan mati ketika TV sedang menyala. Solusinya, silahkan periksa pada bagian Pengaturan dan matikan mode Sleep / Timer.

3. Sinyal TV Bermasalah

Ketiga, selain berasal dari kabel Audio Video dan setelan Televisi, masalah diatas juga bisa terjadi karena sinyal dari saluran TV Digital tersebut sedang gangguan. Faktor ini memang tidak bisa diketahui secara pasti, karena sepenuhnya merupakan hak penyedia saluran.

Lalu apa solusinya? Untuk masalah yang disebabkan oleh gangguan jaringan, sebagai pengguna kita tidak bisa melakukan solusi apapun selain menunggu sampai saluran TV Digital tersebut kembali normal.

4. Sumber Daya Listrik Tidak Memadai

Keempat, Stop Kontak yang berfungsi sebagai sumber daya listrik menyalakan TV Digital juga bisa menjadi alasan saluran TV Digital tidak ada gambar tapi ada suara. Jadi, jika sumber daya listrik tidak memadai, maka TV Digital tidak bisa menampilkan gambar dan suara.

Untuk solusinya sendiri kalian perlu memasangkan kabel Power TV Digital ke Stop Kontak lain yang memiliki tegangan listrik memadai. Dengan begitu, saluran TV Digital yang ditampilkan akan kembali normal.

5. LCD Layar TV Sudah Kena

Kelima,  penyebab yang cukup krusial dari masalah ini adalah LCD TV Digital kalian sudah kena alias sudah rusak. Kerusakan LCD bisa disebabkan karena pernah terjadi benturan, jatuh dan lain sebagainya.

Jika LCD sudah rusak maka akan muncul garis-garis sejajar, berkedip atau bahkan mati total, sehingga saluran TV Digital hanya akan mengeluarkan suara tanpa bisa menampilkan gambar. Satu-satunya solusi adalah melakukan ganti LCD TV atau membeli TV baru.

6. Kesalahan Lampu Latar

Keenam, untuk kalian yang menggunakan lampu latar untuk menerangi gambar di layar TV LCD dan karena satu dan lain hal lampu latar bermasalah, maka dampak nya adalah layar TV tidak bisa menampilkan gambar, hanya ada suara.

Jika demikian, kami sarankan memanggil petugas teknisi guna memperbaiki masalah tersebut. Jangan coba-coba melakukan perbaikan sendiri, karena hal ini berkaitan dengan panel dan part penting di dalam perangkat tersebut, alih-alih memperbaiki justru kalian bisa menimbulkan masalah lain karena tidak paham soal maintenance TV.

7. Kabel HDMI Bermasalah

Ketujuh, untuk kalian para pengguna STB dan Televisi yang sudah mendukung fitur HDMI, maka untuk menyambungkan STB ke TV kalian pasti memakai kabel HDMI, bukan kabel Audio Video lagi. Nah, kabel HDMI yang memiliki peran tersebut juga bisa menjadi sumber masalah saluran TV Digital tidak ada gambar tapi ada suara.

Ketika kabel HDMI kendor, terkelupas atau sobek karena di gigit tikus, maka kinerja TV untuk menampilkan gambar akan bermasalah.  Solusi nya, kalian bisa memeriksa Port HDMI di TV maupun  STB, pastikan keduanya sudah terpasang dengan benar.

Tapi jika ternyata kabel HDMI sudah rusak, maka segera beli kabel HDMI baru di Toko Elektronik atau pesan via Online di Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan eCommerce lainnya. Setelah itu, pasangkan kabel HDMI seperti biasa, dan kini masalah saluran TV Digital tidak ada gambar tapi ada suara akan teratasi.

8. STB Error

Terakhir, masalah diatas juga bisa berasal dari STB (Set Top Box) yang Error sehingga tidak bisa menampilkan gambar ke layar TV. Untuk mengatasinya, kalian bisa menghapus saluran TV Digital yang tidak ada gambar dengan cara sebagai berikut :

  • Tekan tombol OK pada Remote
  • Setelah itu tekan tombol warna kuning di Remote
  • Selanjutnya pilih menu Delete dengan cara menekan tombol sesuai pilihan menu tersebut (mungkin berbeda di beberapa merk TV & STB)
  • Jika sudah, tekan OK.

Setelah menghapus Channel yang bermasalah, sekarang kalian tinggal melakukan Reset Pabrik pada STB yang digunakan dengan cara :

  • Tekan tombol MENU
  • Masuk ke Sistem
  • Setelah itu pilih Reset Pabrik lalu tekan OK
  • Tunggu proses Reset
  • Kemudian TV dan STB akan nyala kembali
  • Silahkan lakukan setting ulang mulai dari memasukkan kode Pos, Negara, Bahasa, mengatur metode pencarian dan lain sebagainya
  • Setelah STB akan melakukan pencarian saluran TV Digital secara Otomatis
  • Jika sudah, silahkan periksa daftar Channel yang tertangkap, khususnya saluran yang sebelumnya tidak ada gambar

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari Hargaalat.id mengenai penyebab saluran TV Digital tidak ada gambar tapi ada suara. Diatas kami juga menjelaskan beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai solusi dari masalah tersebut. Semoga adanya pembahasan diatas bisa membantu kalian yang sedang mengalami masalah serupa dalam penggunaan TV Digital.

sumber gambar :

  • Youtube Muji Widyarso Channel

Tinggalkan komentar