√ TV LED LG Tidak Ada Gambar dan Suara : Penyebab & Cara Mengatasi

TV LED LG Tidak Ada Gambar dan Suara – Penggunaan TV LED mungkin saat ini sudah banyak digunakan oleh orang Indonesia. Selain sudah banyak merek dan tipe nya, TV LED juga memiliki keunggulan dibandingkan dengan TV tabung.

Banyak merek TV LED terkenal dan ternama yang sudah dipercaya oleh warga masyarakat tanah air untuk menemani keseharian Anda saat dirumah. Seperti misalnya TV LED Samsung, LG, Polytron dan masih banyak lainnya.

Namun, pada pembahasan kali ini sendiri hargaalat.id bukan akan membahas mengenai harga dari TV LED itu sendiri. Melainkan akan membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi TV LED LG yang tidak ada gambar dan suara.

Memang banyak masalah kerap terjadi masalah seperti misalnya channel TV hilang, mati standby, GAGAL START, tidak ada gambar dan suara serta lainnya. Apalagi jika itu merupakan TV LED yang telah digunakan dalam waktu cukup lama.

TV LED LG Tidak Ada Gambar dan Suara

Nah, jika penasaran akan penyebab dan cara mengatasi TV LED tidak ada gambar serta suara. Anda bisa simak dan ikuti pembahasan berikut sampai akhir, sehingga saat memiliki masalah seperti ini bisa untuk mengatasi sendiri dirumah.

Penyebab TV LED LG Tidak Ada Gambar dan Suara

Penyebab TV LED LG Tidak Ada Gambar dan Suara

Sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai cara mengatasi TV LED LG yang tidak ada gambar serta suara. Alangkah baiknya ketahui dahulu faktor penyebab yang membuat masalah ini muncul pada TV LED LG nya. Berikut beberapa penyebab tersebut:

  • Tcon rusak dan bermasalah.
  • IC yang ada di dekat Tcon rusak (IC Gamma AS-15).
  • Adanya kerusakan software.
  • Kabel LVDS lepas, hal ini bisa dikarenakan kurang kencang atau bahkan belum terpasang.
  • Backlight rusak.

Sebenarnya faktor penyebab TV LED LG tidak ada gambar maupun suara masih ada lainnya. Namun secara umum masalah utama pada kerusakan pada komponen-komponen tersebut.

Cara Mengatasi TV LED LG Tidak Ada Gambar dan Suara

Cara Mengatasi TV LED LG Tidak Ada Gambar dan Suara

Dalam mengatasi masalah TV LED tidak ada gambar dan suara sendiri yaitu dengan memperhatikan faktor penyebabnya terlebih dahulu. Sehingga saat melakukan perbaikan akan langsung mengatasi pada pokok permasalahannya.

Selain itu siapkan juga peralatan yang nantinya akan digunakan dalam proses perbaikan. Seperti siapkan obeng, multitester, solder, timah solder dan beberapa alat dibutuhkan lainnya. Berikut beberapa cara mengatasinya:

Backlight Rusak (Mati)

Backlight Rusak Mati

TV LED LG Anda tidak ada gambar bisa dikarenakan layar atau panel tv backlight rusak. Ini terjadi biasanya karena ada satu dari beberapa lampu LED dibelakang panel putus.

Hal tersebut membuat TV LED akan mati dan gambar tidak ada. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda hanya perlu menyambungkan kembali kabel lampu LED dibelakang panel dengan membuka cover dari TV LED LG nya.

Backlight Nyala Tapi Tidak Ada Gambar

Backlight Nyala Tapi Tidak Ada Gambar

Masalah ini sering terjadi karena kerusakan dibagian IC dekat Tcon. dengan begitu, cek dengan pegang IC dengan Tcon lalu tancapkan jek power TV ke stop kontak dan menghidupkan TV. Saat disentuh panas sekali, maka IC tersebut harus diganti.

Jika setelah cek IC normal dan tidak panas, maka perlu untuk cek software. Cara yaitu melakukan flash TV LED LG Anda menggunakan firmware, jika Anda kurang yakin atas penanganan ini maka bisa minta bantuan pada orang yang sudah berpengalaman.

Selain kedua cara mengatasi di atas, Anda juga perlu untuk mencoba langkah-langkah berikut dalam mengatasi TV LED LG yang tidak keluar gambar serta suara. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, silakan periksa tegangan pada power supply. Pastikan tegangan power supply normal.
  • Kemudian, periksa juga pada tegangan pada output driver LED.
  • Dirasa kedua tegangan tersebut normal, maka bisa memeriksa bagian atau komponen lain secara bertahap.
  • Namun, jika ternyata tegangan tidak ada saat di ukur, besar kemungkinan Anda hanya perlu ganti IC driver.
  • Untuk bisa mengetahui IC driver rusak itu sendiri yaitu dengan cara ukur dengan menggunakan multitester. Saat menunjukkan angka 50 volt berarti IC driver rusak.

Catatan : Jika kurang yakin dalam menangani masalah ini sendiri, Anda bisa panggil jasa tukang service TV terdekat di lokasi Anda berada. Jangan lupa untuk siapkan biaya perbaikan berkisar Rp 50 – Rp 150 ribu tergantung rumitnya masalah.

Mungkin itulah informasi dapat hargaalat.id sampaikan untuk Anda mengenai penyebab dan cara mengatasi TV LED tidak ada gambar serta suara. Semoga adanya informasi di atas seputar TV LED LG tidak ada gambar serta suara bisa bermanfaat bagi semua.

Tinggalkan komentar