TV Tidak Ada Suara Gambar Normal ? Berikut 8 Cara Memperbaikinya

Advertisements

TV Tidak Ada Suara Gambar Normal – Biasanya TV akan mengalami penurunan kualitas, setelah di sudah cukup lama atau mencapai batas waktu pemakaian. Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan TV mengalami kerusakan.

TV mengalami error memang menjadi hal biasanya dan sangat mungkin itu terjadi karena memang tidak ada alat elektronik ciptaan manusia yang sempurna. Berbagai laporan kerusakan televisi banyak di alami oleh pengguna TV merek apapun itu.

Selain TV tidak bisa nyala tapi lampu power hidup, banyak juga orang yang mengalami masalah TV tidak ada suara tapi gambar normal. Lantas, apa yang menyebabkan hal itu terjadi dan bagaimana cara memperbaiki error TV tersebut?.

Advertisements

Nah, buat TV Anda dirumah yang tidak ada suara, namun masih normal menampilkan gambar, maka tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Di bawah ini adalah penjelasan lengkap terkait penyebab error dan cara untuk memperbaikinya.

Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara Gambar Normal

Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara Gambar Normal

Advertisements

TV tidak mengeluarkan suara, namun gambarnya normal bisa terjadi pada setiap merk TV seperti Polytron, Samsung, LG, Sharp, Panasonic, China dan lain sebagainya. Untuk mengatasi kendala ini sebenarnya terbilang sangat gampang.

Dimana setiap merk TV memiliki sistem kerja yang sama, dimana perbedaannya hanya pada letak IC audio yang digunakan. Nah, untuk memperbaikinya ada banyak cara yang bisa coba Anda lakukan dan terapkan pada TV Anda di rumah.

Selain banyak opsi perbaikan yang tersedia, cara memperbaiki TV tidak ada suara gambar normal juga begitu sederhana. Dari pada makin penasaran dengan cara memperbaikinya, langsung saja Anda simak ulasan lengkap di bawah ini.

1. Pastikan TV Tidak Dalam Mode Mute

Di beberapa kasus TV tidak ada suara karena disebabkan secara tidak sengaja menekan tombol mute. Tombol mute pada remote TV ini akan mengakibatkan TV tidak mengeluarkan suara, tapi tetap menampilkan gambar normal.

Selain mute Anda juga harus mengecek pada bagian volume pada TV, jika volume 0 ini bukan rusak tapi kesalahan pengguna. Setelah melakukan pemeriksaan, namun TV tetap tidak mengeluarkan suara, maka silahkan coba cara berikut ini.

2. Memastikan Secara Langsung Kerusakan Audio TV

Jika menggunakan antena rf (analog) sebagai penerimaan sinyal dari tv hal ini mungkin bisa terjadi. Namun ketika ada noise atau desis, itu tandanya bahwa blok audio tv dalam keadaan bekerja.

Sedangkan yang menggunakan input audio dari luar misalnya menggunakan receiver parabola sebagai penerimaan sinyal anda harus memastikan audio tv dalam keadaan bekerja tanpa membuka casing, caranya ialah dengan menyentuh pada jek audio input rca warna putih dan merah.

Pastikan ketika ingin cek tv dalam mode AV dan sesuaikan pada mode misalnya soket yang digunakan untuk cek AV 1  maka mode juga menggunakan AV 1. Normalnya ketika jek audio disentuh akan terdengar suara dari speaker.

3. Lakukan Pemeriksaan Pada Bagian Loudspeaker

Untuk memastikan bagian loudspeaker bukan hanya speakernya saja namun juga cek pada bagian kabel loudspeaker. Hal ini akan Anda alami ketika menemui kerusakan pada TV China yang menggunakan kabel mudah patah ketika dimakan usia.

Cek speaker bisa menggunakan ohm meter bisa juga menggunakan mode buzzer. Pastikan saja bahwa speaker dan kabel dalam keadaan baik kemudian baru melangkah ke tahapan selanjutnya.

4. Cek Blok Audio TV Jika Tidak Ada Suara

Cek pada bagian solderan kaki komponen ic audio, penyebab TV tidak ada suara sering terjadi keretakan pada bagian kaki komponen yang mengakibatkan blok audio tidak bekerja.

Selain TV tidak ada suara sama sekali terkadang gejala yang ditimbulkan akibat solderan retak pada bagian ic audio adalah TV kadang tidak ada suara kadang normal atau kadang bisa juga TV akan ada suara ketika sudah dinyalakan beberapa saat.

Nah, itulah beberapa cara  yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi TV tidak ada suara gambar normal yang dapat hargaalat.id sajikan. Intinya perbaikan TV tidak mengeluarkan suara dilakukan dengan melakukan pengecekan pada komponen yang berkaitan dengan audio TV. Mungkin hanya itu saja, semoga artikel di atas membantu.

Advertisements