√ TV Samsung Tidak Bisa Membaca USB ? Penyebab & Cara Mengatasi

Advertisements

TV Samsung Tidak Bisa Membaca USB – Kini berbagai jenis TV mungkin sudah dapat dengan mudah untuk ditemui dengan harga yang bervariatif. Biasanya harga akan tergantung dengan tipe dan merk-nya, salah satu merk TV ternama adalah Samsung.

Pihak Samsung sendiri memberikan beberapa tipe TV seperti ada TV Tabung, TV LED atau Smart TV. Untuk TV LED dan Smart TV mungkin memiliki keunggulan berupa sudah dilengkapi  dengan fitur built-in Port USB.

Di mana dengan port USB inilah nantinya Anda bisa memakainya untuk menonton film, mendengarkan musik atau melihat album foto langsung dari flashdisk. Tentu saja bagi sebagian dari pengguna sudah pernah memanfaatkannya.

Advertisements

Namun dalam penggunaan port USB pada unit di TV Samsung ini tidak semua bisa berjalan lancar. Ada kalanya menjumpai masalah, salah satu yang paling umum adalah TV Samsung tidak bisa membaca atau mendeteksi USB.

TV Samsung Tidak Bisa Membaca USB

Advertisements

TV Samsung Tidak Bisa Membaca USB

Jika Anda mengalami masalah serupa, pada pembahasan kali ini kami akan sajikan secara lengkap informasi mengenai apa penyebab dan cara mengatasi TV Samsung tidak bisa membaca USB. Jadi terus untuk simak dan ikuti pembahasan TV tidak bisa membaca USB di bawah ini.

Penyebab TV Samsung Tidak Bisa Membaca USB

Penyebab TV Samsung Tidak Bisa Membaca USB

Sebelum lanjut ke pembahasan terkait cara mengatasi TV tidak bisa membaca USB, maka Anda harus mengetahui dahulu faktor apa yang menjadikan TV tidak bisa membaca USB. Untuk penyebab TV tidak membaca USB sendiri ada beberapa faktor seperti misalnya:

  • Adanya masalah di bagian port USB.
  • Ada kotoran yang mengganjal di port.
  • Flashdisk dimasukkan bermasalah atau malfungsi pada software TV akibat lama tidak diupdate.
  • Flashdisk terkunci.
  • Tidak bisa mendeteksi flashdisk, keyboard, hardisc, mouse dan sebagainya.

Cara Mengatasi TV Samsung Tidak Bisa Membaca USB

Cara Mengatasi TV Samsung Tidak Bisa Membaca USB

Jika sudah tahu akan penyebab kenapa TV tidak membaca USB di atas, maka mari lanjut ke pembahasan mengenai cara mengatasi USB TV tidak terbaca. Ada beberapa cara mengatasi TV tidak membaca USB yang bisa dilakukan oleh Anda para pemilik unit TV, diantaranya:

1. Periksa Kondisi Port USB TV

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah periksa kondisi port atau lubang USB TV Samsung-nya. Karena seperti diketahui, jika ada banyak kasus port USB tidak mau membaca karena adanya benda, kotoran, debu menumpuk dalam lubang USB.

Hal ini yang menjadikan flashdisk dan sejenisnya tidak mau terbaca walaupun sudah dicoba. Untuk mengatasi silakan bersihkan kotoran atau penghalang pada port USB, jika sudah silakan tancapkan flashdisk kembali.

2. Format Flashdisk

Mengatasi TV Samsung tidak membaca USB juga yang dikarenakan oleh format flashdisk tidak sesuai maka terlebih dahulu Anda harus memastikan jika flashdisk terbaca di TV, komputer dan lainnya. Jadi silakan coba untuk colokkan flashdisk ke komputer maupun laptop.

Saat flashdisk terbaca namun semua file tidak bisa dibuka (error) maka Anda hanya perlu lakukan format. Melakukan format sama dengan menghapus semua data didalam flashdisk, jadi pastikan cadangkan dahulu agar nantinya data tidak hilang. Untuk langkah format seperti:

  • Pertama silakan colokan flashdisk ke port USB di komputer atau laptop.
  • Kemudian pastikan flashdisk telah terbaca dibagian “File Manager” > “This PC”.
  • Jika sudah klik kanan pada bagian flashdisk lalu klik “Format”.
  • Setelah itu pilih bagian “File System” dan ubah menjadi FAT32 (Default).
  • Kemudian lanjut klik “Start” guna melanjutkan proses format.
  • Setelah selesai melakukan format dan flashdisk kosong, maka selanjutnya tinggal lanjut isi file ulang.
  • Lalu silakan colokkan flashdisk ke port USB TV Samsung dan pastikan sudah membaca atau belum.
  • Jika sudah, maka proses format flashdisk berhasil dan USB TV Samsung kembali normal.

3. Perbarui Firmware TV Samsung

Kemudian Anda juga mengatasi dengan cara memperbarui firmware TV Samsung. Karena firmware TV jika lama tidak diperbarui atau update maka bisa menimbulkan masalah pada TV, tidak terkecuali sistem USB yang tidak bisa membaca flashdisk.

Jadi pastikan TV Samsung Anda sudah terpasang firmware versi terbaru melalui menu pengaturan TV. Jika belum, maka segera perbarui, namun untuk yang belum paham silakan memperbarui software pada unit TV Samsung dengan cara:

  • Silakan tekan tombol “Setting” pada remote TV Samsung.
  • Kemudian scroll ke bawah dan cari menu “About”.
  • Setelah itu pilih “System Update” guna lanjutkan pembaruan software.
  • Kemudian Anda hanya perlu menunggu menunggu sampai proses pembaharuan selesai.
  • Secara otomatis TV Samsung akan hidup dan mati setelah firmware berhasil diperbarui.
  • Guna memastikan, silakan coba masukkan flashdisk ke port USB TV Samsung.

4. Buka Flashdisk Terkunci

Lalu jika TV tidak bisa membaca USB karena flashdisk terkunci maka bisa di atas dengan memastikan jika USB flashdrive tidak terkunci. Karena jika terkunci, Anda tidak bisa mengaksesnya. Untuk bisa membuka blokiran maka diperlukan password atau sandi guna akses masuk nantinya.

5. Lakukan Factory Reset

Cara mengatasi terakhir TV tidak bisa membaca USB bisa dilakukan dengan factory reset TV Samsung. Factory reset berbeda dengan update firmware, di mana factory reset nantinya memiliki arti mengatur ulang televisi seperti awal baru lagi. Mengatasi dengan cara ini, semua pengaturan yang telah dibuat akan dirubah kembali ke default.

Demikian kiranya pembahasan terkait TV Samsung Tidak Bisa Membaca USB yang dapat hargaalat.id sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan terkait penyebab dan cara mengatasi masalah TV tidak bisa membaca USB di atas bisa bermanfaat untuk semua.

Advertisements