AC Daikin Lampu Timer Kedap Kedip , Begini Cara Mengatasinya!

AC Daikin Lampu Timer Kedap Kedip¬†–¬† Dari sekian banyak merk AC yang bagus, Daikin merupakan salah satu merk AC yang cukup banyak digunakan masyarakat. Namun perlu diketahui bahwa AC merk Daikin juga tidak bisa luput dari masalah.

Bagi kalian yang mungkin menjadi pengguna AC Daikin, pernahkah mengalami masalah berupa lampu indikator Timer di AC Daikin kedap kedip? Sudah tahu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?

Jika belum tahu, kami sarankan untuk menyimak artikel ini sampai akhir. Pada pembahasan kali ini kami telah menyiapkan informasi lengkap terkait penyebab dan cara mengatasi AC Daikin Timer kedap kedip.

Bukan hanya itu, kami juga punya beberapa tips yang mungkin bermanfaat untuk mencegah terjadi masalah tersebut pada AC merk Daikin. Daripada penasaran langsung saja simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

AC Daikin Lampu Timer Kedap Kedip

AC Daikin Lampu Timer Kedap Kedip

Seperti kami sebutkan diatas bahwa AC Daikin merupakan salah satu dari sekian banyak merk AC terbaik di Indonesia. Meski begitu, bukan berarti AC merk Daikin sama sekali tidak pernah bermasalah.

Ya, masalah atau kendala lampu indikator AC berkedip mungkin sudah menjadi masalah umum pada peralatan tersebut. Masalah seperti ini sering juga terjadi pada AC Panasonic, Samsung, LG dan Sharp.

Ketika mendapati lampu Timer pada AC Daikin kedap kedip, itu tandanya ada yang tidak beres dengan sistem dari perangkat tersebut. Sedangkan untuk dampak nya sendiri mungkin tidak terlalu berpengaruh, tapi jika masalah ini dibiarkan dan tidak segera diperbaiki, maka bisa berakibat kerusakan pada komponen-komponen di dalamnya.

Penyebab utama dari masalah ini adalah Modul AC yang sudah kotor atau basah terkena air. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang bisa menjadi alasan terjadinya Timer AC Daikin kedap kedip. Nah, bagi kalian yang menggunakan AC Daikin dan mengalami kondisi seperti itu, kami sarankan untuk segera mengatasinya.

Berikut ini telah kami rangkum beberapa penyebab beserta cara mengatasi AC Daikin Timer kedap kedip :

1. Membersihkan Modul AC yang Kotor

Pertama, AC Daikin Timer kedap kedip biasanya terjadi ketika modul AC kotor karena banyaknya debu. Cara mengatasi masalah diatas karena faktor ini adalah mematikan AC lalu bersihkan modul AC dengan kain lap kering atau menggunakan vacum cleaner untuk menyedot semua debu dan kotoran.

2. Mengeringkan Bagian Dalam AC

Kedua, selain modul AC yang kotor, masalah diatas juga bisa terjadi ketika bagian dalam AC basah. Hal ini bisa saja terjadi ketika melakukan pencucian AC, secara tidak sengaja ada air yang masuk sehingga mengakibatkan Timer kedap kedip.

Lalu untuk mengatasinya hampir sama seperti cara nomor 1, yaitu tekan tombol Power untuk mematikan AC setelah itu keringkan bagian dalam menggunakan lap kering atau vacum cleaner.

3. Memeriksa Soket AC

Ketiga, coba periksa bagian soket apakah sudah terpasang dengan benar atau belum. Jika ternyata soket kurang kencang, maka hal ini bisa menjadi alasan AC Daikin Timer kedap kedip. Untuk mengatasinya, kalian hanya perlu memasangkan soket tersebut dengan benar.

4. Memeriksa Jalur PCB

Keempat, kondisi PCB juga berperan penting dalam terjadinya masalah AC Daikin Timer kedap kedip. Ketika jalur PCB ada yang putus karena sudah usang dan berkarat, maka hal ini akan berakibat pada indikator Timer kedap kedip. Bahkan faktor ini juga bisa mengakibatkan masalah lain seperti AC tidak dingin, AC mati sendiri dan lain sebagainya.

5. Periksa Kondisi Blower

Selain semua penyebab diatas, kendala AC Daikin lampu Timer kedap kedip juga bisa disebabkan oleh Blower AC yang bermasalah. Disamping itu, kita tahu bahwa Blower disini berfungsi untuk mengalirkan udara dingin ke dalam ruangan.

Untuk mengatasinya, silahkan cek kondisi Blower Indoor, lihat masih berfungsi dengan baik atau sudah mati total. Jika ternyata sudah mati, maka satu-satunya cara untuk mengatasi masalah lampu Timer AC Daikin kedap kedip adalah mengganti Blower Indoor dengan yang baru.

6. Mengganti Thermistor AC

Bukan hanya Blower, di dalam perangkat AC, Thermistor juga menjadi salah satu komponen kunci mengenai kinerja alat pendingin udara. Komponen ini berperan sebagai sensor unit Indoor AC yang mengatur kinerja kompresor.

Oleh karena itu, ketika Thermistor AC Daikin bermasalah, maka hal ini bisa mengakibatkan kendala pada perangkat tersebut, tak terkecuali menimbulkan AC Daikin lampu Timer kedap kedip.

Lalu bagaimana cara mengatasinya jika masalah disebabkan oleh Thermistor yang rusak? Jika sudah seperti itu, kami sarankan untuk menghubungi teknisi supaya menggantikan Thermistor yang rusak dengan yang baru. Dengan begitu, nantinya perangkat tersebut bakal kembali normal seperti sedia kala.

7. Isi Ulang Freon AC

Cara mengatasi AC Daikin lampu Timer kedap kedip adalah mengisi Freon atau Refrigerant. Cara ini dilakukan apabila masalah diatas terjadi karena AC Daikin kehabisan Freon.

Bagi yang belum tahu, Freon di dalam AC berfungsi sebagai komponen utama yang menentukan kualitas pendinginan udara. Oleh karena itu, ketika komponen ini kurang suplay, maka jelas berdampak pada kinerja AC dalam mendinginkan ruangan.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari Hargaalat.id mengenai penyebab AC Daikin lampu Timer berkedip. Selain itu, diatas kami juga menjelaskan beberapa cara mengatasi masalah tersebut sesuai dengan penyebabnya. Semoga dengan adanya pembahasan kali ini, kalian para pengguna AC Daikin nantinya tidak perlu panik lagi ketika menjumpai lampu indikator pada Timer berkedip.

sumber gambar :

  • Channel Youtube Fendi
  • Channel Youtube Service AC Bekasi