AC Samsung Mati Sendiri Berkedip Lampu Timernya

Advertisements

AC Samsung Mati Sendiri Berkedip Lampu Timernya – AC Samsung memang dikenal punya kualitas yang baik serta awet. Maka wajar saja apabila AC Samsung ini banyak dipilih masyarakat sebagai produk AC pilihan terbaik.

Namun, dibalik kualitasnya tersebut AC Samsung juga bisa mengalami kerusakan seperti AC mati sendiri namun lampu timernya tetap berkedip. Kendala seperti ini sering terjadi dan kerap kali dialami oleh para pengguna AC Samsung.

AC Samsung tiba-tiba mati sendiri, namun indikasi lampu timernya berkedip membuat pengguna kebingungan. Banyak dari mereka bertanya-tanya apa penyebabnya dan tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Advertisements

Nah, jika kendala tersebut terjadi pada AC Samsung Anda, maka tak perlu khawatir karena kami akan jelaskan penyebab serta tindakan apa yang harus Anda lakukan. Maka dari itu, silahkan simak ulasan mendalam dari hargaalat di bawah ini.

Penyebab AC Samsung Mati Sendiri Berkedip Lampu Timernya

Penyebab AC Samsung Mati Sendiri Berkedip Lampu Timernya

Advertisements

AC Samsung mati sendiri dan berkedip lampu timernya menandakan bahwa salah satu komponen pada unit AC Samsung tidak bekerja dengan baik, sehingga PCB modul control melakukan protect unit AC pada unit AC.

Permasalahan pada AC Samsung ini terjadi bukan tanpa sebab, dimana penyebabnya tak jauh berbeda dengan penyebab AC PANASONIC MATI SENDIRI TIMER KEDAP KEDIP. Adapun beberapa penyebabnya yaitu sebagai berikut ini.

1. Thermistor AC Tidak Berfungsi

Thermistor Ac berfungsi sebagai pengatur suhu otomatis. Kondisi mati sendiri yang disertai timernya berkedip kerap kali terjadi karena massa dari thermis sudah habis.

Nah, kerusakan thermistor inilah yang membuat AC Samsung menjadi off sendiri disertai timernya berkedip. Hal seperti ini sangat sering terjadi pada AC Samsung.

2. Tombol On Off Rusak

Penyebab lainnya yaitu karena ada kerusakan pada tombol switch on off. Kondisi ini umumnya terjadi pada AC Samsung yang sudah tua usia pemakaiannya.

3. Modul atau PCB Modul Error

AC terkena tegangan tinggi atau voltase rendah dan tidak stabil dapat menyebabkan komponen pada PCB menjadi konsleting, sehingga AC mati secara tiba-tiba dan lampu tetap berkedip. Tegangan paling pas untuk AC umumnya 220V.

Jadi jika lebih dari itu, maka bisa memicu konsleting pada PCB. Cara mengatasinya, cukup diukur dengan multitester dan menelusuri jalur PCB yang konslet.

4. Timernya Menyala

Lampu timernya berkedip ketika AC Samsung off tiba-tiba juga bisa disebabkan karena Anda lupa mematikan timernya. Jadi untuk mengatasinya cukup MATIKAN TIMER AC SAMSUNG menggunakan remote AC tersebut.

Tapi, bila lampu timernya masih berkedip, maka ada komponen yang tidak bekerja dengan baik atau rusak, baik itu pada PCB ataupun pada thermistor AC Samsung.

5. Freon Habis

Penyebab terakhir AC Samsung mati sendiri, namun lampu timer tetap menyala bisa jadi karena freon sudah habis ataupun kurang. Freon yang kurang atau habis kerap kali menyebabkan AC Samsung mati sendiri secara tiba-tiba tanpa disegaja.

Hal ini dikarenakan sensor suhu dingin AC Samsung tidak mendeteksi adanya suhu dingin dibagian indoor, sehingga thermistor tersebut melakukan langkah pengamanan dengan mematikan AC otomatis agar AC tidak rusak parah.

Cara Mengatasi AC Samsung Mati Sendiri Berkedip Lampu Timernya

Cara Mengatasi AC Samsung Mati Sendiri Berkedip Lampu Timernya

Setelah diketahui penyebabnya, maka Anda bisa langsung melakukan tindakan untuk memperbaikinya sesuai dengan penyebab kerusakan tersebut. Dengan mengetahui penyebabnya, maka cara untuk mengatasinya akan lebih mudah.

Cara mengatasi AC Samsung off sendiri disertai lampu timernya berkedip pada dasarnya sangatlah mudah. Dimana setiap penyebab kerusakan AC Samsung, maka cara penanganannya juga akan berbeda mengikuti penyebab kerusakan AC itu.

Nah, jika AC Samsung di rumah Anda tiba-tiba mati sendiri, tapi lampu timernya masih berkedip. Jangan khawatir lakukan cara di bawah ini untuk mengatasinya.

  1. Coba lakukan pemeriksaan pada komponen thermistor, jika ada indikasi kerusakan silahkan ganti thermistor yang baru.
  2. Periksa tombol on off masih dalam keadaan normal atau tidak.
  3. Setelah itu, periksa juga bagian PCB. Pada bagian ini, disarankan untuk menggunakan jasa service AC untuk memperbaikinya.
  4. Cek freon isi freon, jika habis maka silahkan isi atau ganti dengan freon yang baru.

Buat yang tidak paham perihal AC Samsung, maka sebaiknya perbaiki kerusakan tersebut kepada ahlinya yaitu jasa service AC. Ini juga akan lebih efektif, karena jika ditangani oleh orang yang tepat, maka bisa mencegah kerusakan lebih parah.

Itulah informasi lengkap dari hargaalat.id terkait AC Samsung off sendiri dan timer berkedip lengkap beserta dengan penyebab dan cara mengatasinya. Pada dasarnya kondisi seperti ini akan terjadi pada produk AC merek apapun itu.

Karena memang tidak ada produk ciptaan manusia yang sempurna. Pastinya ada KELEBIHAN DAN KEKURANGAN AC SAMSUNG meski punya kualitas tinggi. Nah, demikianlah informasi dari kami, semoga ulasan di atas berguna.

Advertisements