AC Mitsubishi Mati Sendiri Berkedip Lampu Timernya

Advertisements

AC Mitsubishi Mati Sendiri Berkedip Lampu Timernya – Ada banyak pengguna AC Mitsubishi yang sering kali mengalami permasalahan AC mati sendiri, namun lampu timernya masih menyala. Mengapa hal itu bisa terjadi pada AC Mitsubishi?

Sebenarnya kondisi AC mati sendiri tapi lampu timernya berkedip, bukan hanya bisa terjadi pada AC Mitsubishi melainkan pada AC merek lainnya. Kondisi seperti ini terjadi karena ada salah satu komponen AC yang tidak berfungsi normal.

Nah, jika AC Mitsubishi Anda mengalami permasalahan seperti itu, maka tidak perlu mengganti perangkat AC yang baru. Dimana AC mati sendiri dan lampu timernya berkedip masih bisa diperbaiki tanpa harus membeli AC Mitsubishi baru.

Advertisements

Meskipun demikian, namun penanganan AC Mitsubishi ini juga harus tepat dan sesuai dengan apa yang menjadi pemicu kerusakan. Oleh sebab itu, silahkan simak ulasan lengkap dari kami terkait penyebab dan cara mengatasi di bawah ini.

Pemicu AC Mitsubishi Mati Sendiri Berkedip Lampu Timernya

Pemicu AC Mitsubishi Mati Sendiri Berkedip Lampu Timernya

Advertisements

Pendingin ruangan merek Mitsubishi off sendiri, namun lampu timernya berkedip umumnya terjadi karena ada sebab yang jelas. Dimana kondisi ini datang karena ada salah satu komponen AC yang rusak sebagai pemicu utamanya.

Jadi, sebelum memperbaikinya maka Anda harus cari tahu terlebih dahulu apa penyebab AC mati sendiri dan timernya berkedip. Adapun beberapa pemicu AC Mitsubishi mati sendiri dan timernya berkedip yakni sebagai berikut.

1. Thermistor AC Mitsubishi Rusak

Pemicu kerusakan AC Mitsubishi pertama yaitu karena komponen thermistor AC Mitsubishi itu sendiri sudah tidak berfungsi atau rusak. AC dilengkapi dengan komponen thermistor  yang berfungsi sebagai pengatur suhu otomatis pada AC.

Tehrmistor sudah rusak biasanya disebabkan karena massa thermis sudah habis. Nah, kerusakan pada thermistor inilah yang menjadi pemicu mengapa AC di rumah sering sekali mati sendiri setiap 30 menit, namun lampu timernya tetap berkedip.

2. Modul PCB AC Error

Penyebab lainnya yaitu karena Modul PCB error atau terputus. Pemicu modul atau PCB Control error ini terjadi karena adanya tegangan tinggi atau voltase rendah dan tidak stabil pada AC, dimana umumnya tegangan stabil pada AC yakni 220V.

Nah, jika tegangan lebih tinggi atau lebih rendah serta tidak stabil, maka akan menyebabkan beberapa komponen PCB konsleting. Adanya konsleting tersebut memicu terjadi AC mati sendiri namun LED timernya masih berkedip.

Sedangkan, untuk mengatasi adanya konsleting pada  PCB ini silahkan lakukan pengukuran dengan multitester untuk mengetahui tegangan yang tidak stabil serta menelusuri jalur PCB modul pada AC mitsubishi yang mengalami konsleting.

3. Freon Kurang atau Habis

Penyebab berikutnya AC mati secara tiba-tiba, tapi lampu timernya menyala yaitu karena freon kurang atau habis.  Freon habis atau kurang akan membuat thermistor atau sensor suhu dingin di AC Mitsubishi tidak mendeteksi adanya hawa dingin di bagian unit indoor, sehingga thermistor tersebut akan melakukan langkah pengamanan dengan mematikan AC Mitshubishi secara otomatis agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah lagi, jika AC Mitsubishi tetap menyala.

4. Timer AC Mitsubishi Menyala

Penyebab terakhir yaitu karena lupa mematikan timer. Unit AC Mitsubishi tiba-tiba mati, tapi lampu timernya masih berkedip, mungkin juga terjadi karena pengguna menyalakan timer AC akan tetapi lupa untuk mematikan timernya.

Jika hal ini memang benar, maka cobalah untuk MEMATIKAN TIMER  AC MITSUBISHI. Namun, jika lampu timernya masih berkedip, maka memandakan ada  salah satu komponen yang tidak bekerja dengan baik atau mungkin rusak.

Cara Memperbaiki AC Mitsubishi Mati Sendiri Berkedip Lampu Timernya

Cara Memperbaiki AC Mitsubishi Mati Sendiri Berkedip Lampu Timernya

Lalu, untuk memperbaiki AC Mitsubishi ini pada dasarnya tak berbeda jauh dengan cara untuk memperbaiki AC SAMSUNG MATI SENDIRI BERKEDIP LAMPU TIMERNYA. Dimana atasi sesuai pemicu kerusakan AC itu terjadi.

  1. Ganti Thermistor AC : Jika penyebabnya karena thermistor rusak, maka ganti dengan thermistor baru. Namun, pastikan Anda mengganti dengan thermistor yang sama dengan aslinya.
  2. Periksa dengan multitester untuk mengetahui tegangan yang tidak stabil serta menelusuri jalur PCB modul pada AC mitsubishi yang mengalami konsleting.
  3. Hubungi teknisi service AC langganan untuk melakukan perbaikan atau penambahan freon atau mungkin mengganti freon baru.

Nah, itulah informasi lengkap dari hargaalat.id terkait AC Mitsubishi mati tiba-tiba, tapi lampu timer menyala kedap-kedip. Sekiranya cukup sekian informasi dari kami, semoga penjelasan artikel di atas membantu Anda semuanya.

Advertisements