Listrik Mati Tapi Meteran Nyala ? 8 Penyebab & Solusi

Listrik Mati Tapi Meteran Nyala – Meteran listrik menjadi perangkat elektromekanikal yang melindungi listrik dari arus yang berlebihan. Dengan kata lain, MCB (Miniature Circuit Breaker) bisa memutuskan arus listrik secara otomatis.

Hal itu dikarenakan arus listrik yang melewati MCB melebihi nilai yang ditentukan. Akan tapi saat arus dalam kondisi normal, maka MCB meteran akan berfungsi sebagai saklar yang menghubungkan atau memutuskan arus listrik secara manual.

Pada dasarnya MCB meteran punya fungsi seperti Sekering (FUSE) yakni memutuskan arus listrik ketika terjadi kelebihan arus. Kelebihan arus listrik bisa diakibatkan adanya hubungan singkat (short circuit) atau beban lebih (overload).

Akan tetapi, kerap kali terjadi ketika meteran nyala tapi listrik mati, lalu mengapa hal itu bisa terjadi? Hal ini bisa terjadi tentunya ada sebab yang jelas. Adapun penyebab dan cara mengatasi listrik mati tapi meteran nyala yaitu sebagai berikut.

Penyebab Listrik Mati Tapi Meteran Nyala

Penyebab Listrik Mati Tapi Meteran Nyala

Listrik di rumah mati tapi meteran masih nyala memang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Apabila di rumah menggunakan meteran listrik prabayar, kondisi tersebut biasanya memiliki ciri-ciri tersendiri ketika aliran listrik padam.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mengapa listrik mati, tapi MCB tetap nyala. Adapun beberapa penyebab kendala tersebut yaitu sebagai berikut.

1. Kabel Twist Tidak Kencang

Kabel twist merupakan kabel listrik dari tiang PLN menuju ke rumah. Ketika pemasangan kabel ini kurang kencang, maka listrik yang menuju kerumah tidak akan tersampaikan, sehingga rumah tidak mendapatkan pasokan listrik.

Jika Anda menggunakan meteran prabayar, maka pastikan pulsa listrik tidak habis. Tapi jika pulsa listrik masih ada dan listrik di rumah tetangga menyala maka bisa dipastikan kabel twist longgar. Untuk mengatasinya silahkan hubungi pihak PLN.

2. Fuse Box Putus

Pada instalasi kWh meter model lama, terdapat sekering atau fuse box. Apabila terjadi overload pada meteran listrik dirumah maka akan membuat fuse box rusak dan juga menyebabkan listrik dirumah padam tapi meteran masih tetap nyala.

Jika hal ini terjadi, segera hubungi pihak PLN untuk mengganti fuse box beserta kabelnya. Kabel bisa diganti dengan 1 -2 kabel serabut disesuaikan dengan kapasitas daya rumah untuk menghindari terjadinya overload atau konsleting listrik.

3. MCB Meteran Rusak

Penyebab lainnya mengapa listrik mati, tapi meteran listrik nyala ialah karena MCB meteran listrik rusak. Selain itu, kondisi ini juga bisa disebabkan karena kualitas MCB menurun seiring dengan jangka waktu pemakaiannya yang cukup lama.

Untuk mengatasinya Anda bisa menggantinya dengan MCB baru. Tapi untuk mengganti MCB pada kWh meter tidak bisa dilakukan sembarangan, Anda bisa memanggil pihak PLN untuk memperbaiki kerusakan MCB meteran listrik.

4. kWh Meter Tidak Terhubung Dengan Baik ke MCB

Terlepas atau putusnya kabel kWh meter ke MCB juga menjadi penyebab listrik rumah mati tapi MCB nyala. Selain itu, pemasangan instalasi asal-asalan juga bisa menyebabkan kerusakan pada kabel kWh meter ke MCB seperti terbakar.

Jika hal ini terjadi pada Anda, maka cara untuk mengatasinya yaitu dengan menghubungi pihak PLN. Karena kondisi penyambungan kabel kWh ke MCB akan lebih baik dilakukan oleh pihak PLN agar lebih tepat.

5. Jalur Instalasi Dari MCB ke Rumah Rusak

Selain beberapa penyebab di atas, penyebab lainnya yang bisa mengakibatkan terjadinya listrik mati tapi MCB nyala ialah karena jalur instalasi listrik dari MCB ke rumah rusak. Kondisi ini biasa terjadi karena salah dalam pemasangan.

Apabila jalur instalasi dari MCB ke rumah rusak, maka hanya ada satu cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menghubungi orang yang paham akan listrik. Karena untuk memperbaiki kerusakan ini terbilang sangat berisiko.

6. kWh Meter PLN Muncul Tulisan Periksa

Penyebab lain listrik mati tapi meteran nyala bisa terjadi karena kWh meter menujukan tulisan PERIKSA di layar. Kondisi listrik mati, tapi kWh meter nyala karena munculnya tulisan periksa banyak sekali dialami oleh pengguna.

Dimana munculnya tulisan periksa terjadi pada listrik prabayar. Nah, cara mengatasi tulisan periksa pada listrik prabayar, bisa dilakukan dengan reset ataupun menghubungi pihak PLN agar lebih jelas lagi.

7. Kerusakan Jalur Instalasi Listrik

Penyebab lain mengapa listrik mati tapi kWh meter nyala yaitu karena adanya kerusakan jalur instalasi listrik. Kerusakan jalur instalasi listrik perlu dilakukan, khususnya pada instalasi rumah yang menggunakan kabel serabut karena rawan digigit tikus.

Ciri-ciri kerusakan pada jalur instalasi listrik yakni listrik rumah mati sebagian, pasalnya sebagian arus listrik terdapat kabel yang putus karena digigit tikus. Jika ini terjadi cukup cek apakah ada kabel yang putus, jika ada silahkan sambung kembali kabelnya.

8. Sedang Pemadaman Listrik

Di beberapa kasus listrik mati tapi meteran nyala terjadi karena adanya pemadaman listrik. Meskipun umumnya ketika pemadaman listrik akan membuat meteran dan listrik juga tidak nyala alias mati, namun ada beberapa meteran tetap nyala.

Kondisi ini biasanya terjadi pada meteran listrik prabayar. Untuk lebih memastikannya coba cek listrik di rumah tetangga, apakah listrik masih nyala atau mati. Jika semua listrik tetangga mati, itu artinya sedang ada pemadaman.

Cara Mengatasi Listrik Mati Tapi Meteran Nyala

Cara Mengatasi Listrik Mati Tapi Meteran Nyala

Apabila Anda mengalami kondisi listrik mati tapi meteran nyala, coba perhatikan lebih dulu monitor kWh meter prabayar tersebut. Apabila ada tulisan periksa atau semacamnya hal ini mengharuskan Anda menghubungi pihak PLN.

Tapi jika monitor meteran listrik tidak menampilkan hal mencurigakan, kecuali jumlah token yang dimiliki. Itu berarti ada satu hal yang harus Anda periksa yakni aliran listrik dari tiang PLN ke kWh meter rumah Anda tersebut.

Untuk melakukan pengecekan aliran listrik sebaiknya Anda menghubungi pihak PLN. Adapun untuk menghubungi pihak PLN bisa melalui contact center berikut.

  • Call Center PLN : 123
  • Nomor WhatsApp PLN : 123
  • Facebook PLN : PLN 123
  • Email PLN : pln_123
  • Twitter : pln_123
  • Instagram : pln_123

Nah, sekiranya hanya itu saja informasi dari hargaalat.id terkait listrik mati tapi meteran nyala beserta penyebab dan cara mengatasinya. Dengan informasi di atas, diharapkan ketika terjadi mati listrik tapi kWh meter nyala Anda bisa mengambil tindakan sendiri. Demikianlah informasi dari kami, semoga memberi solusi.

Tinggalkan komentar