6 Penyebab TV LED Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya

Advertisements

Penyebab TV LED Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya – Kemajuan teknologi menghadirkan banyak jenis TV dengan fitur canggih. Salah satu jenis TV yang kini lebih diminati oleh banyak orang yaitu TV LED atau LED TV.

TV LED dinilai lebih berkualitas dan memiliki banyak fitur menarik. Bukan itu saja, harganya juga terjangkau dan bahkan ada HARGA TV LED DIBAWAH 1 JUTAAN dari berbagai merk ternama, sehingga kualitasnya terbilang cukup bagus.

Walaupun berkualitas, akan tetapi namanya produk ciptaan manusia pasti akan mengalami kerusakan seiring lamanya usia pemakaian. Salah satu permasalahan paling sering timbul yakni TV LED tidak ada gambaranya, tapi ada suaranya.

Advertisements

TV tidak ada gambarnya tapi masih ada suaranya merupakan permasalahan umum yang sering terjadi dan ini mudah untuk diatasi. Akan tetapi untuk mengatasinya, perlu mengenali penyebab kerusakan pada TV LED tersebut terlebih dulu.

Penyebab TV LED Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya

Penyebab TV LED Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya

Advertisements

Apapun kerusakan yang terjadi pada TV LED, maka akan lebih mudah diperbaiki apabila penyebab kerusakan itu diketahui. Begitu pula untuk memperbaiki televisi yang tidak ada gambarnya di layar, tapi masih ada suaranya.

Maka dari itu, apabila televisi di rumah Anda tidak ada gambarnya, tapi masih ada suaranya, maka Anda harus memahami penyebab hal itu bisa terjadi. Dengan begitu, maka kerusakan pada TV LED di rumah Anda bisa segera di perbaiki.

Lalu, apa saja penyebab TV LED tidak ada gambarnya, tapi ada suaranya? penyebab kerusakan pada televisi LED tersebut terbilang cukup bervariasi. Adapun untuk informasi lebih jelasnya terkait penyebab TV LED tidak menghasilkan gambar tapi masih ada suaranya yaitu sebagai berikut ini.

1. Ada Masalah Pada Bagian Pencahayaan

1. Ada Masalah Pada Bagian Pencahayaan

Penyebab pertama ialah adanya masalah pada bagian pencahayaan, seperti komponen elektronik putus atau ada komponen yang memang harus diganti.

Perlu diketahui, bahwasanya TV LED mengandalkan lampu LED untuk menerangi gambar. Maka dari itu, jika TV LED dinyalakan hanya mengeluarkan suaranya saja, tapi tidak ada gambarnya, maka ada kerusakan pada komponen lampu LED.

2. Kabel LVDS Belum Terpasang

2. Kabel LVDS Belum Terpasang

Penyebab lainnya TV tidak terdapat gambarnya, namun hanya suaranya saja ialah kabel LVDS belum terpasang dengan baik atau mungkin terlepas.

Cara memperbaikinya cukup mudah, dimana Anda hanya perlu membongkar TV LED. Lalu, tinggal periksa pada bagian kabel LVDS TV LED Anda.

3. T-Con TV LED Rusak

3. T Con TV LED Rusak

Penyebab lainnya yaitu karena T-Con sudah rusak. Untuk mengatasi kerusakan T-Con ini cukup dengan menggantinya dengan komponen T-Con yang baru.

4. IC Gamma AS-15 Rusak

4. IC Gamma AS 15 Rusak

Penyebab TV LED tidak ada gambarnya, tapi ada suaranya bisa saja karena IC Gamma AS-15 mengalami kerusakan. Komponen IC Gamma ini berada di dekat T-Con, jadi ketika memeriksa T-Con Anda bisa sekalian memeriksa IC Gamma.

5. Fuse SMD Putus Sehingga TV LED Tidak Ada Gambarnya

5. Fuse SMD Putus Sehingga TV LED Tidak Ada Gambarnya

Fuse SMD putus juga menjadi salah satu penyebab tidak munculnya gambar, namun suaranya keluar pada TV LED. Fuse SMD ini ada pada board T-con dan berdekatan dengan bagian kabel LVSD, jadi komponen ini mudah ditemukan.

6. Supply Tegangan Kurang Memadai

6. Supply Tegangan Kurang Memadai

Penyebab terakhir TV LED gambarnya tidak muncul, namun suaranya ada dikarenakan kurang supply tegangan T-Con. Seharusnya, T-Con mendapatkan supply tenaga 12V, jika kurang maka ada kerusakan pada power supply.

Cara Memperbaiki TV LED Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya

Cara Memperbaiki TV LED Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya

Solusi aman untuk mengatasi TV LED tidak ada gambarnya, tapi ada suaranya yaitu dengan membawa teknisi TV berpengalaman, seperti hanya memperbaiki TV POLYTRON ADA SUARA TIDAK ADA GAMBAR. Anda juga bisa mengecek IC dekat T-Con setelah memasang jek TV ke stop kontak untuk memeriksanya.

Setelah TV LED dihidupkan dan apabila T-Con dipegang terasa panas maka kemungkinan atas komponen sekitar IC yang bermasalah. Maka untuk memperbaikinya, silahkan ganti IC tersebut atau lebih amannya silahkan bawa ke teknisi TV LED yang berpengalaman.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba beberapa langkah di bawah ini untuk mengatasi TV LED tidak ada gambarnya, namun ada suaranya.

  1. Periksa tegangan power supply dan pastikan tegangan norma.
  2. Setelah itu, cek juga tegangan pada output driver LED.
  3. Jika keduanya sudah diperiksa dan normal-normal saja tidak ada masalah, maka lanjutkan pemeriksaan pada komponen lain secara bertahap.
  4. Namun, jika tegangan tidak normal, maka Anda perlu mengganti IC driver.
  5. Untuk mengetahui IC Driver rusak atau tidak cukup dengan mengukur tegangan menggunakan multitester. Apabila angka menujukan 50V, maka IC driver telah rusak.

Nah, itulah informasi lengkap dari Hargaalat.id terkait penyebab TV LED tidak ada gambarnya, tapi ada suaranya lengkap beserta cara memperbaikinya. Sekiranya hanya itu saja informasi dari kami, semoga ulasan di atas membantu.

Advertisements