4 Cara Agar Suara Amplifier Jernih, Tidak Pecah & Tidak Serak 2021

Cara Agar Suara Amplifier Jernih – Amplifier mungkin bagi sebagian orang masih rada sedikit asing, apa lagi bagi yang sama sekali tidak pernah berutak-utik di dunia perelektronikan. Namun bagi yang sudah terjun dengan waktu cukup lama tentunya sudah tidak asing lagi.

Amplifier mungkin sering ditemukan pada alat elektronik seperti sound audio dan sejenisnya. Fungsi dari amplifier itu sendiri ialah sebagai penguat tata suara atau penguat sinyal audio, namun juga sebagai penguat arus dari sinyal audio yang digunakan untuk menggerakkan pengeras suara.

Untuk anda yang pernah merakit ampli tentunya banyak kendala terjadi, kendala tersebut juga cukup beragam dan tidak menentu pastinya. Namun paling sering saat seorang merakit ampli, mendapatkan kendala berupa suara dihasilkan tidak terlalu jernih, pecah atau bahkan serak.

Nah jika mengalami permasalahan suara amplifier seperti itu, berikut akan hargaalat.id sampaikan beberapa cara mengatasi agar suara dihasilkan tetap jernih dan tidak pecah serta serak. Sehingga nantinya suara yang keluar dapat didengar secara nyaman dan enak.

Cara Agar Suara Amplifier Jernih, Tidak Pecah & Tidak Serak

Cara Agar Suara Amplifier Jernih

Ada beberapa cara agar suara dihasilkan amplifier tersebut benar-benar sempurna dan sesuai dengan keinginan. Mungkin anda bisa mempraktekan beberapa cara ini saat merakit amplifier dirumah. Berikut cara- cara agar suara amplifier jernih:

1. Pemasangan Power Suplay

Pemasangan Power Suplay

Sering tidak sadari jika power suply merupakan salah satu komponen yang menjadi salah satu penyebab amplifier mengeluarkan tidak suara jernih. Dengan begitu pemasangan/perakitan power suplay tidak boleh sembarangan jika ingin menghasilkan suara yang jernih.

Lakukan perakitan secara teliti dan tidak boleh asal-asalan. Selain perakitannya komponen seperti trafo dan elco juga harus berkualitas bagus. Dengan begitu pilih trafo dan ELCO MEREK BAGUS, sehingga nantinya performa atau suara dihasilkan juga jernih dan sesuai harapan.

2. Pemasangan Ground

Pemasangan Ground

Cara agar suara ampli jernih selanjutnya yaitu mengenai pemasangan ground, karena ground juga menjadi salah satu masalah yang membuat ampli tidak jernih jika tidak dipasang secara benar. Dengan begitu pemasangan ground harus diperhatikan sekali, seperti potensio harus menempel dengan body box besi atau alumunium.

3. Pendingin Transistor Bagus

Pendingin Transistor Bagus

Selain kedua cara diatas, agar suara amplifier jernih yaitu memasangkan pendingin transistor yang memiliki kualitas bagus. Hal itu bertujuan untuk keawetan final power amplifier, karena semakin baik pendingin digunakan maka final power amplifier akan aman. Selain itu anda juga bisa menambahkan kipas.

4. Perakitan Kabel

Perakitan Kabel

Perakitan kabel asal-asalan juga dapat menjadi masalah pada amplifier yang mengakibatkan suara tidak jernih, serak, dan pecah muncul saat ampli mulai dinyalakan. Biasanya kendala seperti ini terjadi pada pemasangan kebel dari potensio dengan power ampli.

Dengan begitu, cara agar suara tersebut hilang dan menjadi jernih maka susun/rakit kabel-kabel secara rapih. Selain itu gunakan juga kabel dengan kualitas bagus dan sesuai ukuran, agar nantinya dalam mengalirkan arus listrik dapat sempurna.

Mungkin itulah beberapa cara dapat hargaalat.id sampaikan agar menghasilkan suara amplifier yang jernih, tidak pecah maupun serak. Yang jelas, komponen pendukung lainnya juga harus berkualitas baik agar suara dihasilkan tidak mengecewakan. Semoga adanya ulasan tersebut dapat bermanfaat, terutama untuk anda yang sedang merakit ampli dan menghasilkan suara tidak jernih.