5 Cara Mengatasi Printer Epson L120 Lampu Merah Menyala 2022

Cara Mengatasi Printer Epson L120 Lampu Merah Menyala – Apakah kalian merupakan pengguna Printer Epson L120? Jika demikian, pernahkah kalian mengalami masalah berupa lampu merah pada Printer menyala terus?

Ya, masalah lampu merah menyala terus memang merupakan salah satu masalah yang kerap terjadi pada Printer Epson tipe L120. Bagi kalian yang mungkin sedang mengalami permasalahan tersebut dan belum tahu bagaimana cara mengatasinya, kalian wajib simak artikel ini sampai akhir.

Melalui artikel berikut kami bakal menjelaskan secara lengkap mengenai beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut. Bukan hanya itu, kami juga telah merangkum beberapa faktor yang mungkin menjadi alasan munculnya masalah tersebut.

Lalu apa dampak atau akibat dari Printer Epson L120 lampu merah menyala? Apakah untuk mengatasinya perlu mengganti beberapa part di dalamnya? Langsung saja cari tahu jawabannya pada ulasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Printer Epson L120 Lampu Merah Menyala

Cara Mengatasi Printer Epson L120 Lampu Merah Menyala

Dari sekian banyak tipe Printer Merk Epson, tipe L120 menjadi salah satu yang terbaik. Bagaimana tidak, selain harga Printer Epson L120 yang cukup terjangkau, Epson juga telah mendukung beragam fitur canggih di dalam perangkat tersebut.

Meski begitu, sebagai pengguna Printer Epson L120, mungkin beberapa dari kalian kerap mengalami kendala dengan perangkat tersebut, mulai dari hasil cetak yang kurang jelas, Catridge macet dan lain sebagainya.

Dari semua masalah yang tergolong sering terjadi pada Printer Epson L120, pernahkah kalian mengalami masalah berupa lampu indikator Paperjam menyala merah pada Printer tersebut? Jadi belum lama ini kami memperoleh informasi dari salah satu pengguna Printer Epson L120 yang mengalami masalah seperti itu.

Apa dampak yang ditimbulkan ketika lampu merah menyala terus pada Printer Epson L120? Ketika terjadi masalah tersebut, biasanya berakibat Printer tidak bisa mencetak dokumen sama sekali. Hal ini jelas sangat mengganggu aktivitas kalian, apalagi ketika dokumen tersebut sedang sangat dibutuhkan dan bersifat penting.

Lalu seperti apa cara mengatasi Printer Epson L120 lampu merah menyala? Apakah perlu membawanya ke Service Center Printer Epson? Tidak perlu, ketika mengalami masalah seperti itu kalian bisa mengatasi sendiri di rumah menggunakan beberapa cara di bawah ini :

1. Periksa Bagian Roller

Cara pertama adalah membuka Casing Printer Epson L120, pastikan perangkat dalam kondisi mati. Setelah berhasil membuka Casing Printer, sekarang coba cek pada bagian Roller, barangkali ada kertas yang terselip atau ada sesuatu lain yang mengganjal, sehingga mengakibatkan lampu merah menyala dan Printer tidak bisa mencetak. Pada proses pengecekkan ini kalian bisa menggunakan obeng untuk mengambil kertas atau sesuatu lain yang mengganggu kinerja Roller Printer.

2. Periksa Bagian Sensor Kertas

Setelah berhasil mengambil sesuatu yang menyelip di bagian Roller, sekarang lanjut ke cara mengatasi Printer Epson L120 lampu merah menyala yang kedua, yaitu memeriksa bagian Sensor Kertas. Pastikan posisi Sensor Kertas sudah sesuai. Selain itu, cek juga barangkali ada kertas sisa yang terselip disela-sela Sensor Kertas yang mengakibatkan Printer tidak mau bekerja karena Sensor nya terganggu.

3. Hidupkan Printer

Sekarang coba nyalakan Printer Epson L120 dengan cara menekan tombol Power. Apabila setelah Printer menyala dan lampu indikator Paperjam sudah tidak lagi menyala merah, artinya masalah disebabkan oleh kedua faktor diatas, yaitu adanya sesuatu yang terselip pada Roller dan Sensor Kertas Printer Epson L120.

4. Lakukan Test Print

Setelah melakukan ketiga cara diatas, jangan terlebih dahulu memasangkan Casing seperti semula, kami sarankan untuk melakukan Test Print terlebih dahulu. Cara ini dilakukan guna memastikan apakah masalah tersebut sudah benar-benar teratasi atau belum.

Apabila setelah dilakukan Test Print dan hasilnya bagus, maka bisa dipastikan masalah Printer Epson L120 lampu merah menyala sudah beres. Kemudian kalian tinggal memasang semua Casing seperti semula, lalu Reset Printer Epson L120 untuk membersihkan Bug yang mungkin tersisa.

5. Membawa ke Service Center Printer Epson

Sebaliknya, jika proses Test Print hasil nya masih kurang atau bahkan masih tidak mau Ngeprint, maka sebaiknya kalian membawa perangkat tersebut ke tempat Service. Sekarang di hampir seluruh Kota di Indonesia sudah tersedia gerai resmi Service Center Printer Epson.

Di tempat tersebut Printer Epson L120 yang mengalami masalah lampu merah menyala bakal ditangani secara serius oleh para ahli. Bahkan jika perlu ganti part atau komponen dan kalian masih ada masa garansi, kalian bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk menghemat biaya.

KESIMPULAN

Itu dia informasi dari Hargaalat.id mengenai cara mengatasi Printer Epson L120 lampu merah menyala. Jadi, penyebab utama dari masalah diatas biasanya berasal dari adanya sesuatu yang menyelinap di area Roller dan Sensor Kertas, untuk mengatasinya telah kami jelaskan diatas.

Disamping itu, masalah diatas juga bisa terjadi karena beberapa faktor lain seperti kerusakan part di dalamnya atau memang Printer sudah usang. Jika demikian, satu-satunya solusi adalah membawa Printer ke tempat Service supaya ditangani oleh ahli nya.

sumber gambar :

  • Channel Youtube doctor computer
  • Tim Hargaalat.id

Tinggalkan komentar