10 Cara Pasang Parabola K Vision & Setting Receiver 2022

Cara Pasang Parabola K Vision – Kini penggunaan siaran televisi satelit menjadi salah satu pilihan, bahkan pemerintah pun sudah memperingatkan jika segera untuk beralih ke saluran TV satelit digital. Dengan penggunaan televisi satelit inilah nantinya Anda disuguhkan dengan berbagai macam channel berkualitas.

Namun mengingat di Indonesia masih banyak wilayah yang belum tercover oleh sinyal terrestrial UHF, menjadikan beberapa diantara Anda akan tidak menemui channel dicari. Dengan begitu pemilihan parabola dan receiver yang digunakan menjadi pilihan yang tepat agar nantinya Anda bisa mendapatkan saluran diinginkan.

Salah satu televisi satelit yang sudah terkenal ampuh oleh masyarakat kita adalah K Vision. Tentu banyak dari Anda yang sudah tidak asing lagi dengan apa itu K-Vision. Karena banyak orang sudah percaya jika K Vision menjadi salah satu parabola berkualitas yang menghadirkan saluran-saluran channel terbaik.

Nah berbicara mengenai apa itu parabola K Vision, pada pembahasan kali ini hargaalat.id akan sajikan informasi lengkap mengenai bagaimana cara pasang parabola K Vision. Untuk Anda yang bertanya-tanya maka bisa simak dan ikuti pembahasan cara pasang parabola dibawah ini sampai akhir.

Cara Pasang Parabola K Vision dan Setting Receiver

Apa Itu K Vision ?

Teruntuk Anda yang belum tahu apa itu K-Vision, maka kami akan jelaskan sedikit apa itu K Vision sebelum lanjut ke pembahasan mengenai cara pemasangan parabola tersebut. Di mana K Vision adalah provider TV satelit berlangganan dengan sistem penjualan tanpa iuran bulanan.

Nantinya K Vision menawarkan channel nasional lengkap yang bisa Anda tonton secara gratis dan mendukung pengisian voucher. Teruntuk Anda yang ingin nikmati channel-channel pilihan maka bisa aktivasi K Vision melalui beberapa cara yang sudah pernah disampaikan.

Hal Perlu Diperhatikan Sebelum Pemasangan

Namun sebelum lanjut ke pembahasan mengenai cara pasang Anda juga perlu memperhatikan peralatan apa saja yang diperlukan guna melakukan pemasangan. Diantara lain alat dan komponen yang diperlukan untuk pasang parabola antara lain seperti:

1. Alat-Alat

  • Parabola mini.
  • Receiver, dekoder atau set-top box K Vision.
  • LNB Ku Band.
  • Televisi.
  • Kabel antena (sesuai kebutuhan).
  • Remot TV & receiver Nex Parabola.
  • Smartphone/HP pintar.
  • Tang.
  • Kunci pas.
  • Tangga.

2. Pengetahuan Dasar

Selain alat, Anda juga perlu mengetahui ilmu dasar dalam setting atau pasang parabolanya. Sebenarnya pengetahuan dasar sangat mudah untuk para pemula, karena hanya perlu memiliki sedikit ilmu pengetahuan dasar tentang teknisi dan pemasangan.

Namun guna memperjelas itu semua maka tinggal pelajari implemetasi dunia satelit dan antena parabola mini. Saat pembelian parabola mini dan receiver biasanya sudah dilengkapi buku panduan atau pengoperasiannya.

Cara Pasang Parabola K Vision

Cara Pasang Parabola K Vision

Setelah tahu apa itu K Vision di atas, selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana panduan terkait cara pasang parabola K Vision sendiri tanpa bantuan teknisi. Sehingga nantinya calon pelanggan yang mempunyai dana terbatas bisa menyaksikan menonton siaran TV satelit tanpa bayar iuran.

Untuk cara pasang parabola K-Vision sebenarnya terbilang cukup mudah dan bisa menghemat ongkos jasa teknisi pemasangan. Lalu bagaimana cara pasang parabola tersebut? Agar lebih jelas dan lebih paham lagi, berikut sudah kami akan sajikan informasi terkait pemasangan parabola K Vision di bawah ini.

1. Pasang Parabola Mini

Langkah Awal pastikan terlebih dahulu Anda memilih parabola mini agar mudah untuk proses pemasangan. Jika sudah mulailah pasang pada lokasi tertentu yang tidak terhalang oleh tembok atau pohon.

Selain itu, pastikan juga tiang antena tegak lurus agar mempermudah proses pencarian sinyal K Vision nantinya. Tidak hanya itu, tiang penyangga antena juga diharuskan kokoh dan tidak goyang karena berdampak pada sinyal.

Jika sudah, maka silakan lanjut dengan hubungkan kabel dan pasang LNB Ku Band secara benar sebagai proses awal untuk pemasangan K Vision. Silakan urutkan kabel secara rapi dan pastikan kabel melewati jalur yang aman.

2. Setting Decoder K Vision

Langkah berikutnya yaitu setting decoder, receiver atau set top box K Vision, karena Anda pilih jalur Ku Band maka harus input parameter satelit dan frekuensi dari Measat 3a. Caranya dengan hidupkan televisi berikut decoder K Vision, lalu masuk ke pengaturan saluran satelit untuk tambahkan transporder. Ini parameter frekuensi K Vision di measat 3a:

SatelitMeasat 3a
Koordinat91.4 E
Transporder 112396 H 31000
Transporder 212436 H 31000
Frekuensi LNBUniversal 9750 – 10600

3. Cari / Scan Sinyal K Vision

Langkah selanjutnya adalah proses mencari sinyal K Vision, langkah ini alangkah baiknya dilakukan dua orang karena nantinya ada yang memutar antena dan satu lagi melihat layar televisi. Untuk langkah ini bisa lakukan dengan komunikasi lewat video call menggunakan aplikasi kirim pesan seperti WhatsApp atau Telegram.

Cara mencari sinyal K Vision paling mudah:

  • Pertama, silakan pasang aplikasi bernama SatFinder yang sudah di unfuh di Google Play Store (Android).
  • Kemudian lanjut dengan membuka aplikasi SatFinder dan input satelit measat 3a.
  • Nantinya Anda akan melihat arah satelit dan posisi parabola K Vision yang terpasang.
  • Kemudian silakan putar antena parabola mengikuti arahan satfinder.
  • Jika sudah dan menemukan sinyal, maka selanjutnya silakan kencangkan baut untuk mengunci arah parabola.
  • Guna kenyamanan dalam menonton siaran, kualitas sinyal usahakan mencapai angka minimal yaitu 65 %.
  • Kemudian silakan Anda jalankan prosedur scan otomatis untuk memindai saluran dan decoder guna menyimpan channel.

4. Aktivasi STB K Vision

Setelah melewati langkah-langkah di atas, maka guna mendapatkan siaran channel K Vision pilihan atau premium nantinya Anda perlu membutuhkan registrasi dan aktivasi terlebih dahulu untuk membuka siaran gratis.

Mengenai cara aktivasi STB K Vision cukup mudah yaitu dengan mengirimkan data melalui WhatsApp Bot resmi dari provider dan beberapa cara lain. Jika proses berhasil, Anda akan memperoleh nomor ID pelanggan yang digunakan untuk top up voucher atau beli paket.

Dengan berhasilnya membeli paket itu tandanya Anda sudah berhasil pasang dan setting receiver parabola K Vision sendiri tanpa bantuan teknisi. Bagaimana? Cukup mudah bukan cara pasang parabola K-Vision sendiri.

Estimasi Biaya Pasang Parabola K Vision

Karena K Vision sudah mengudara pada dua jalur frekuensi yaitu C Band dan Ku Band. Menjadikan hal pertama yang dipikirkan oleh calon pelanggan tentu harga pemasangan perangkat. Lantas berapa biaya jika pasang parabola K Vision oleh teknisi?.

Teruntuk jalur C Band nantinya memerlukan penggunaan piringan antena parabola dengan diameter besar yang tentu saja biaya akan jauh relatif mahal. Sedangkan untuk pita frekuensi Ku Band sudah mendukung teknologi terbaru yang hanya membutuhkan parabola berdiamter mini.

Mengenai harga satu set antena parabola mini terbilang terjangkau, bahkan lebih murah dibandingkan pembelian perangkat UHF. Mungkin ini salah satu alasan mengapa sampai saat ini jalur televisi satelit banyak peminatnya. Berikut estimasi biaya pasang parabola K Vision sebagai gambaran:

  • Satu set parabola mini 45 cm lengkap yaitu Rp 125.000.
  • Decoder K Vision Ku Band Rp 295.000.

Dengan harga atau biaya kisaran Rp 400.000 saja, Anda sudah bisa menikmati siaran TV satelit K Vision dan memperoleh channel nasional secara lengkap. Nantinya pelanggan tidak akan dikenai biaya bulanan untuk menonton sejumlah saluran alias gratis.

Namun seperti sudah disampaikan di awal, jika ingin nikmati layanan channel premium maka lakukan pengisian voucher dan membeli paket untuk membukanya. Untuk masa aktif paket K Vision yaitu 30 hari.

Mungkin itu saja kiranya pembahasan terkait cara pasang parabola K Vision sendiri yang dapat hargaalat.id sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan terkait cara pasang parabola di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.