8 Cara Setting AC Sanken Biar Dingin Maksimal 100 % Berhasil

Advertisements

Cara Setting AC Sanken Biar Dingin – Air conditioner (AC) tentu sudah tidak asing bagi sebagian orang. Atau bahkan dalam keseharian memerlukan sebuah AC dikarenakan ruangan memiliki suhu yang panas.

Dengan AC inilah nantinya pengguna bisa mengatur suhu udara di dalam ruangan agar tetap terjaga dalam kondisi sejuk walaupun diluar sedang panas. Kini banyak merk dan tipe AC yang dapat ditemukan dengan harga bervariatif.

Namun kini hargaalat.id bukan akan membahas harga AC, melainkan akan bahas terkait bagaimana cara pengoperasian atau setting AC biar dingin maksimal. Yang mana yang akan kami sampaikan adalah cara setting AC Sanken biar dingin maksimal.

Advertisements

Memang AC Sanken tidak seterkenal AC Samsung, Daikin, Gree dan AC lainnya. Namun siapa sangka jika AC Sanken ini di tanah air banyak penggunannya, teruntuk pengguna baru tentu saja perlu mengetahui cara setting AC Sanken agar dingin.

Cara Setting AC Sanken Biar Dingin

Advertisements

Cara Setting AC Sanken Biar Dingin

Untuk cara setting sendiri sebenarnya cukup mudah dan tidak jauh berbeda dengan cara setting AC merk lain. Namun sebelum lanjut pastikan Anda sudah mengetahui arti simbol pada remote AC Sanken guna kelancaran saat settingnya.

1. Pastikan Ruangan Tertutup Rapat

Langkah awal, silakan pastikan jika kondisi ruangan tertutup rapat seperti jendela dan pintu terbuka tidak ada yang terbuka. Tujuannya agar udara/suhu dihasilkan AC Sanken tidak keluar dan membuat pendinginan ruangan bisa mencapai titik suhu diinginkan.

2. Perhatikan Kondisi Luar Ruangan

Selain itu, Anda juga perlu perhatikan kondisi luar saat suhu di luar ruangan cukup panas, maka jangan paksa AC Sanken bekerja ke suhu paling dingin dalam waktu cepat. Karena hal itu bisa menyebabkan AC Sanken cepat rusak.

3. Hidupkan Unit AC Sanken

Setelah memperhatikan dua hal di atas, mari mulai dengan cara hidupkan AC Sanken baik dengan remote maupun tanpa remot. Untuk menyalakan dengan remote maka tekan tombol “ON/OFF” saja. Biasanya tombol ini berada di bagian atas dan berwarna merah.

4. Aktifkan ke Suhu Standar

Kemudian setelah berhasil hidupkan AC, maka lanjut setting AC Sanken ke suhu standar. Suhu standar dari AC adalah 25 derajat celcius, jangan langsung mengatur ke suhu terendah karena bisa menyebabkan suhu dihasilkan tidak optimal.

5. Ubah Suhu Secara Bertahap

Selanjutnya ubah atau atur suhu secara bertahap, proses ini menjadi anjuran dan terdapat di buku panduan. Dengan begitu silakan ubah suhu secara bertahap dalam kurun waktu beberapa menit, contoh saat ruangan mulai dingin maka kurangi 1 derajat celcius.

6. Aktifkan Mode Cool

Jika sudah lakukan hal di atas namun udara kurang dingin, silakan aktifkan mode cool yang ada pada AC Sanken. Di mana mode cool ini berfungsi biar AC jauh lebih maksimal saat mendinginkan ruangan. Tidak hanya itu, mode cool juga bisa menghasilkan suhu ruangan secara cepat.

7. Aktifkan Mode Fan

Namun setelah aktifkan mode cool tetap saja ruangan kurang dingin, silakan aktifkan juga simbol fan dengan menekan tombol bergambar kipas. Fungsi pengaktifan sendiri yaitu guna menyebarkan udara secara cepat ke seluruh ruangan.

8. Aktifkan Mode Swing

Tidak hanya itu Anda juga bisa sekalian aktifkan mode swing yang berfungsi untuk mengatur keluarnya udara dengan cara menggerakkan kisi unit AC indoor. Di mana untuk fungsi mode Swing adalah membuat udara tersebar merata ke seluruh penjuru ruangan.

Dengan melalui tahapan setting di atas, maka nantinya AC Sanken bisa hasilkan udara dingin maksimal pada ruangan. Jadi perhatikan sekali setiap langkah pengoperasian di atas biar AC Sanken mencapai titik dingin yang diinginkan.

AC Sanken Tidak Dingin?

Lalu bagaimana jika setelah setting AC Sanken justru kondisi ruangan tetap saja tidak dingin? Terkait hal itu, rupanya ada beberapa penyebab yang bisa menjadikan masalah tersebut, diantara lain faktornya seperti:

  • Kapasitas AC terlalu kecil diruangan besar.
  • AC kehabisan freon.
  • Kondensor AC kotor sekali.
  • Filter udara tersumbat banyak kotoran.
  • Proses setting AC tidak sesuai.
  • Umur AC sudah usang.

Tips Setting AC Sanken Biar Dingin

Anda juga perlu tahu cara setting AC Selain mengetahui cara setting AC biar dingin di atas, Anda juga perlu tahu mengenai tips setting AC biar dingin maksimal yang sesuai. Bahkan dengan memperhatikan hal-hal ini, bisa saja menjadi salah satu bentuk Anda merawat AC Sanken, inilah tipsnya:

  • Perhatikan ruangan harus tertutup rapat.
  • Menyesuaikan suhu luar ruangan sebelum mulai pengoperasian.
  • Hindari AC bekerja langsung ke suhu paling dingin.
  • Usahakan jangan terlalu sering merubah suhu temperatur.
  • Lakukan perubahan suhu bertahap sesuai ketentuan.
  • Silakan matikan unit AC Sanken setelah tidak digunakan.

Demikian kiranya pembahasan terkait cara setting AC Sanken agar dingin maksimal yang dapat hargaalat.id sampaikan. Dengan adanya cara setting AC Sanken di atas semoga bisa bermanfaat bagi semua, terutama bagi para pengguna AC Sanken baru yang masih bingung cara pengoperasiannya.

Advertisements