8 Kode Error Mesin Cuci Aqua Japan, Penyebab & Cara Memperbaiki

Advertisements

Kode Error Mesin Cuci Aqua –¬†Aqua Japan bukan hanya menawarkan produk kulkas Aqua 2 pintu tanpa bunga es, namun juga mesin cuci berteknologi tinggi. Mesin cuci Aqua Japan banyak diminati orang-orang karena punya kualitas bagus.

Mesin cuci Aqua diklaim memiliki desain, kemampuan dan sejumlah fitur yang canggih. Akan tetapi, secanggih apapun mesin cuci Aqua pasti memiliki batas usia pemakaian, dimana kinerjanya akan menurun seiring pemakaian cukup lama.

Mesin cuci yang sudah lama dipakai kerap kali mengalami masalah atau error. Nah, pengembangan teknologi pada fitur mesin cuci Aqua kini lebih memudahkan pengguna, karena ketika terjadi masalah display akan menampilkan sebuah kode.

Advertisements

Dimana setiap kode error yang ditampilkan memiliki arti dan penyebabnya masing-masing. Nah, buat pengguna mesin cuci Aqua yang belum mengetahuinya, berikut penyebab dan cara memperbaiki kode error pada mesin cuci Aqua Japan.

Kecanggihan Fitur Self Diagnosis Untuk Membaca Error Pada Mesin Cuci Aqua Japan

Kecanggihan Fitur Self Diagnosis Untuk Membaca Error Pada Mesin Cuci Aqua Japan

Advertisements

Sebenarnya, awet atau tidaknya produk mesin cuci tergantung pada pengguna itu sendiri dalam mengoperasikan dan merawat mesin cuci secara berkala. Namun, jika terjadi error, Anda tidak perlu lagi khawatir karena ada fitur self diagnosis.

Mesin cuci Aqua kini telah dilengkapi fitur self diagnosis yang secara otomatis akan mendeteksi kendala yang terjadi pada unit. Fungsinya ialah memberi informasi dengan menampilkan kode error tertentu di papan kontrol mesin cuci Aqua Japan.

Setiap kode error mesin cuci Aqua memiliki artinya sendiri, menurut letak kegagalan fungsi ataupun kerusakan. Dengan begitu, maka pengguna dapat mengetahui apa yang sedang terjadi pada unit dan mengatasi masalah tersebut sendiri.

Fitur pembaca error ini dapat mengurangi ketergantungan pengguna untuk menghubungi layanan service center ketikan terjadi masalah. Karena tidak semua masalah mesin cuci menandakan kerusakan, namun juga bisa hanya error biasa.

Self diagnostic menjadi bukti bahwa mesin cuci Aqua Japan telah memanfaatkan teknologi terkini sebagai solusi memperbaiki error. Akan tetapi fitur ini hanya didukung pada mesin cuci 1 tabung dan belum tersedia di mesin cuci 2 tabung.

Kode Error Mesin Cuci Aqua Japan

Kode Error Mesin Cuci Aqua Japan

Meski telah dibantu dengan adanya fitur self diagnosis, namun masih banyak pengguna yang belum mengetahui arti dari setiap kode error mesin cuci Aqua. Namun, buat Anda yang belum mengetahui arti dari setiap kode error jangan khawatir.

Karena kami akan informasikan kepada Anda semua apa arti, penyebab dan cara mengatasi kode error pada mesin cuci Aqua. Adapun kode error mesin cuci Aqua lengkap beserta penyebab dan cara memperbaikinya yaitu sebagai berikut.

1. Kode E1

Kode error E1 muncul dikarenakan ada kerusakan pada saluran masuk air ke dalam tabung. Apabila kode E1 muncul di papan kontrol, itu juga bisa berarti :

  • Keran air belum dibuka, sehingga tidak ada air yang masuk ke tabung.
  • Jaringan filter katup untuk memasukkan air tersumbat.
  • Air telah masuk ke dalam tabung lebih dari 30 menit, tapi volume air masih kurang.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, silahkan buka terlebih dahulu keran air dan pastikan selang tidak tersumbat atau tertekuk. Lalu, bersihkan filter katup masukan air. Setelah itu, maka seharusnya kode E1 akan hilang di layar display kontrol.

2. Kode E2

Kode error E2 berarti terdeteksi masalah pada bagian saluran pembuangan. Error ini terjadi karena air mampet atau tidak keluar mengalir dengan sempurna.

Untuk memperbaikinya, periksa selang pembuangan barangkali terlipat atau tersumbat oleh sisa residu yang menumpuk. Pastikan instalasi saluran sesuai dengan prosedur yakni menurun agar memudahkan air keluar melalui selang pembuangan.

3. Kode E3

Kode error ini terdeteksi adanya masalah pada bagian pengeringan yang berarti tidak berfungsi dengan baik atau tidak dapat berjalan. Error mesin cuci Aqua ini terjadi karena CPU mengalami kerusakan sehingga perlu penggantian CPU baru.

4. Kode E4

E4 akan muncul dikarenakan Anda lupa menutup pintu mesin cuci Aqua atau tidak tertutup rapat. Akan tetapi, kode ini juga muncul karena kabel switch terputus sehingga diperlukan penggantian sambungan lid switch mesin cuci Aqua milik Anda itu.

5. Kode E5

Sedangkan, kode error E5 juga masih berhubungan dengan pintu mesin cuci, namun kondisinya berbeda. Dimana kode ini akan muncul, jika pintu mesin cuci tidak tertutup karena fitur child lock aktif atau bisa juga karena terjadi kerusakan pada saklar.

Cara mengatasinya cukup dengan mematikan fitur child lock dan cabut steker, lalu pasang kembali seperti semua. Apabila kode error belum hilang, maka dapat dipastikan jika saklar pengaman rusak dan Anda perlu memperbaiki saklar tersebut.

6. Kode EA

Mesin cuci Aqua telah dilengkapi fitur untuk mengatur dan mendeteksi ketinggian air. Nah, jika fitur tersebut mengalami masalah maka pada display kontrol akan muncul kode EA dan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggantinya.

7. Kode EC

Mesin cuci Aqua Japan menampilkan kode EC artinya telah terdeteksi kerusakan pada sensor penimbangan cucian. Dimana fungsinya ialah untuk menimbang beban pakaian atau kapasitas cucian dan menyesuaikan kebutuhan air yang tepat dan sesuai.

Nah, untuk memperbaiki error ini hanya bisa dilakukan dengan bantuan service center. Jadi silahkan Anda hubungi service center mesin Aqua Japan terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut atau telepon nomor : 0800-1-003-003.

8. Kode FA

Kode FA ini berhubungan dengan sensor water level control. Apabila error ini muncul maka silahkan periksa water level dan soket serta kabel power mesin cuci.

Setelah melakukan pengecekan water level, soket dan kabel, namun tidak ditemukan masalah, maka coba cek modul kontrol tegangan output power  supply 12V dan 5V. Pengecekan berikutnya yakni pada jalur sensor yang berhubungan dengan display.

Nah, itulah informasi lengkap dari hargaalat.id terkait kode error mesin cuci Aqua Japan lengkap dengan arti, penyebab dan cara memperbaiki mesin cuci Aqua Japan Error. Sekiranya hanya itu saja informasi dari kami, semoga artikelnya membantu.

Advertisements