18 Kode Error Mesin Cuci LG, Arti, Penyebab & Cara Mengatasi

Kode Error Mesin Cuci LG – Meski dikenal punya kualitas, namun mesin cuci LG juga dapat mengalami masalah error. Error pasti akan terjadi pada sebuah produk mesin cuci LG, karena memang tidak ada ciptaan manusia yang sempurna.

Adanya fitur smart diagnosis yang disematkan pada mesin cuci LG, membantu mendiagnosis dan memecahkan masalah mekanis, mengurangi keharusan untuk layanan kunjungan dan perbaikan. Ini akan menunjukan indikasi dengan kode.

Jadi ketika terjadi error monitor mesin cuci akan menampilkan sebuah kode sebagai indikasi adanya kesalahan. Setiap kode yang ditampilkan memiliki arti masing-masing sebagai petunjuk penyebab kesalahan dan bagaimana memperbaikinya.

Meskipun demikian, namun masih banyak pengguna mesin cuci LG yang masih awam akan kode yang ditampilkan. Jika Anda masih belum tahu terkait kode error, berikut adalah penyebab dan cara mengatasi kode error pada mesin cuci LG.

Kode Error Mesin Cuci LG

Kode Error Mesin Cuci LG

Selain berkualitas, harga mesin cuci LG juga terbilang cukup murah sehingga wajar saja bila banyak orang lebih memilih menggunakan mesin cuci merk LG ini. Akan tetapi semakin lama usia pemakaiannya, mesin cuci LG semakin sering error.

Error pada mesin cuci LG umumnya akan menampilkan kode sebagai indikasi kesalahan tertentu. Dengan kata lain kode error memiliki arti tersendiri serta akan menujukan penyebab kesalahan, sehingga pengguna tahu cara mengatasinya.

Namun jika Anda masih bingung dengan kode error mesin cuci LG, maka jangan khawatir karena kami akan memberikan penjelasan lengkap kepada Anda semua. Berikut penyebab dan cara mengatasi setiap kode error pada mesin cuci LG.

1. Cara Mengatasi Kode Error AE atau AOE

Permasalahan pertama yang banyak dialami oleh pengguna mesin cuci LG yaitu error AE atau AOE. Mesin cuci LG mengalami error AE atau AOE pada umumnya karena disebabkan oleh clutch yang tidak bekerja dengan baik atau clutch putus.

Hal itu menyebabkan kopling (clutch) tidak dapat memutar tabung mesin cuci LG ketika mencuci atau mengeringkan pakaian. Sehingga menyebabkan mesin cuci LG tidak bisa spin yang biasanya terjadi karena mesin mesin cuci kotor atau tersumbat.

Kode AE atau AOE ini juga muncul jika terjadi kerusakan pada power. Nah, jika penyebab munculnya kode ini karena masalah pada power, maka sebaiknya menghubungi tukang service mesin cuci terdekat atau call center LG.

2. Cara Mengatasi Error LE, LE1, E6 (Lock Error)

Kode error ini menjadi indikasi kerusakan pada pelindung sirkuit motor karena terlalu panas atau tidak bekerja. Jika motor terlalu panas karena penggunaan terus menerus, maka sebaiknya berikan jeda pengoperasian hingga motor dingin.

Motor mesin cuci LG juga dapat mengalami macet karena ada benda asing yang tersangkut atau terjebak di sela-sela pulsator atau tabung mesin cuci. Adapun untuk mengatasi masalah lock error dengan kode LE, LE1, E6 yaitu sebagai berikut.

  • Silahkan matikan mesin cuci LG Anda.
  • Cabut juga kabel dari stop kontak.
  • Lalu, keluarkan semua cucian.
  • Singkirkan semua benda asing yang mengganjal di motor mesin cuci LG.
  • Kemudian, hidupkan kembali mesin cuci LG.
  • Apabila kesulitan menemukan penyebab motor macet, maka tekan tombol Power untuk mematikan mesin cuci.
  • Lalu, tekan kembali untuk menghidupkan mesin cuci.
  • Setelah itu tekan tombol Spin untuk menjalankan proses pengeringan.

Arti Kode Error Mesin Cuci LG

Arti Kode Error Mesin Cuci LG

Selain kode error di atas, masih ada banyak lagi kode lain yang juga sering muncul pada mesin cuci LG ketika terjadi kendala. Kode error lainnya juga perlu Anda ketahui agar ketika kode error muncul Anda tahu sebab dan cara mengatasinya.

Dengan demikian, ketika terjadi error dengan memunculkan kode Anda dapat langsung memperbaiki mesin cuci dengan segara. Adapun arti sekaligus penyebab masing-masing kode error yang muncul pada mesin cuci LG yaitu sebagai berikut.

1. Kode PE (Pressure / Switch Error)

Pada mesin cuci otomatis LG terdapat fitur pressure sensor sebagai sensor tekanan. Jadi ketika sensor tekanan itu tidak berfungsi, maka kode error PE akan muncul.

2. Kode UN (Unbalace Error)

Kode error ini menandakan mesin cuci tidak seimbang atau miring. Kemiringan mungkin terjadi karena permukaan lantai atau muatan cucian tidak seimbang. Kode ini umumnya akan muncul jika cucian terlalu banyak (over capacity).

3. Kode IE (Inlet Error)

Penyebab kode IE muncul yaitu karena keran air lupa dibuka. Bisa juga karena kran air sudah dibuka, tapi aliran air terlalu kecil, sehingga tekanan air tidak cukup kuat.

4. Kode FE (Flooding Error)

Mesin cuci LG memunculkan kode error FE dikarenakan terjadi masalah pada bagian water inlet atau supply air mesin cuci LG terlalu banyak, melebihi batas.

5. Kode DE atau de1 (Door Error)

Penyebab kode ini muncul ialah karena pintu mesin cuci belum tertutup. Mungkin saja karena pintu tidak tertutup rapat atau sistem penguncian tidak berfungsi. Jika pintu tidak dapat dikunci, silahkan atasi dengan melakukan reset mesin cuci LG.

6. Kode DE (Drain Error)

Penyebab kode DE muncul ialah karena filter pembuangan tersumbat.

7. Kode CL (Child Lock Error)

Artinya fitur child lock dalam keadaan aktif. Silahkan nonaktifkan fitur pengunci dengan cara tekan dan tahan tombol child lock hingga fitur ini off.

8. Kode OE (Darin Error)

Kode OE muncul pada mesin cuci LG biasanya disebabkan karena air tidak dapat mengalir melalui selang pembuangan, karena selang tersumbat atau tertekuk.

9. Kode T CL (Tube Clean Cycle Error)

Disebabkan karena tabung kotor. Silahkan lakukan pembersihan tabung dengan menjalankan siklus pembersihan tabung, agar kode T CL hilang.

10. Kode PF (Power Failure)

Kode PF muncul karena Daya listrik terlalu rendah atau tidak stabil. Gunakan stabilizer untuk membantu menstabilkan tegangan listrik rumah.

11. Kode CE (Current Error)

Penyebabnya karena beban yang berlebihan pada motor hingga menyebabkan tabung tidak bisa berputar pada kecepatan 20 RPM dalam waktu 3 hingga 6 menit.

12. TE, TE1, TE2, TE3, TE4 (Heating Error)

Kode error ini berarti terdapat masalah pada thermistor atau sensor suhu air. Hubungi teknisi mesin cuci atau call center LG untuk memperbaikinya.

13. DHE, EHE, ELE (Heater Error)

Jika mesin cuci LG menampilkan kode ini artinya elemen pemanas mengalami masalah.

14. Kode Error D3 atau E6

Munculnya kode E6 dapat disebabkan karena clutch rusak atau tidak berfungsi.

15. Kode DR (Drain)

Sebenarnya kode ini muncul bukan karena terjadi masalah, akan tetapi petunjuk bahwa mesin cuci LG Anda akan menjalankan proses pembuangan air otomatis.

16. Kode Error E1

Muncul karena ada kebocoran pada unit atau karena busa deterjen terlalu banyak. Kode E1 juga bisa berarti kesalahan penggunaan jenis deterjen (cair atau bubuk).

Biaya Service Mesin Cuci LG

Jika mesin cuci LG Anda mengalami error dan Anda tidak dapat memperbaikinya sendiri, maka sebaiknya lakukan panggilan ke layanan call center LG dengan nomor 14010. Sedangkan untuk melakukan service mesin cuci LG, baik ke tim LG maupun tukang service mesin cuci lainnya, berikut biaya yang harus Anda bayar.

Biaya Service Mesin Cuci LG
JasaHarga
Kunjungan dan PengecekanRp. 95.000
Service Minor(Kotor, Kerusakan Pada Setting Pintu dan Lainnya)Rp. 160.000
Sevice Major (Ganti Spare Part, Kabel Putus)Rp. 250.000
Service Special (Pembongkaran Besar, Modifikasi)Rp. 350.000
Biaya tidak termasuk biaya sparepart, hanya jasa untuk service terkait

Nah, itulah informasi lengkap dari hargaalat.id terkait kode error mesin cuci LG lengkap beserta arti, penyebab, cara mengatasi kode error sekaligus kisaran harga service mesin cuci LG. Sekiranya hanya itu saja informasi dari kami, semoga artikel di atas memberikan Anda solusi untuk mengatasi error mesin cuci LG.

Tinggalkan komentar