Cara Mengatasi Lampu Kuning Menyala Pada Meteran Listrik

Advertisements

Cara Mengatasi Lampu Kuning Menyala Pada Meteran Listrik – Banyak masyarakat melaporkan bahwa meteran listrik di rumah mereka error. Error yang terjadi cukup beragam seperti meteran listrik error dan bunyi hingga muncul kode.

Meteran listrik tiba-tiba bermasalah merupakan hal biasa, karena kerusakan dan error dapat terjadi kapan saja. Bahkan tak jarang meteran listrik yang rusak menimbulkan indikasi dan tanda tertentu yang tidak dipahami oleh pengguna itu sendiri.

Dimana meteran listrik yang rusak biasanya akan menimbulkan tanda-tanda tertentu, seperti munculnya kode, kedipan lampu dan bunyi yang tidak biasa. Banyak orang juga melaporkan bahwa mereka mendapati lampu kuning di meteran listrik menyala.

Advertisements

Sebagian besar orang yang mengalami hal tersebut, langsung mencari cara untuk mengatasi lampu kuning menyala pada meteran listrik. Nah, buat Anda yang juga sedang mencari cara mengatasi lampu kuning menyala, berikut informasinya.

Kenapa Lampu Kuning di Meteran Listrik Menyala ?

Kenapa Lampu Kuning di Meteran Listrik Menyala

Advertisements

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat beberapa warna lampu indikator meteran listrik, dimana setiap lampu memiliki artinya masing-masing. Lantas, kenapa lampu kuning di meteran listrik menyala? Apa artinya dan apa yang menyebabkannya menyala?

Lampu kuning pada meteran listrik menyala menandakan adanya masalah dengan jaringan kabel listrik di rumah pelanggan. Lampu led kuning pada meteran listrik ini baru akan mati setelah masalah atau kerusakan kabel diperbaiki.

Aktivitas lampu kuning KWH meter menyala tersebut tidak selalu pasti kapan waktunya. Bergerak secara dinamis dengan frekuensi tidak beraturan, karena mengikuti masalah yang sedang berlangsung pada jaringan kabel dalam rumah.

Lampu kuning pada meteran listrik juga disebabkan karena adanya kebocoran arus yang terjadi pada instalasi listrik. Kebocoran arus listrik adalah adanya pemindahan energi listrik secara bertahap melampaui ambang batas kemampuan tahanan isolasi dari kabel.

Faktor usia dan tidak sesuainya jenis kabel pada intalasi listrik dapat mempengaruhi kebocoran arus. Faktor yang lain diakibatkan karena jaringan baru yang di pasang akan tetapi ada kesalahan pada instalasi tersebut.

Seiring berjalannya waktu, tahanan isolasi pada kabel akan menurun. Hal ini tentunaya menyebabkan adanya arus bocor. Menurunnya kualitas kabel atau tahanan isolasi yang dipengaruhi oleh waktu penggunaan, dan temperature / suhu sekitar.

Suhu yang berada disekitar kabel akan sangat berpengaruh pada kualitas isolasi kabel. Semakin tinggi suhu yang di terima oleh kabel, maka semakin cepat isolasi kabel mengalami penurunan dan rusak, sehingga terjadi arus bocor.

Hal ini mengakibatkan lampu indikator warna kuning pada kWh meter akan menyala. Apabila suatu intalasi listrik tidak dipasang grounding dan akan berbahaya bagi pengguna yang berada di dalam rumah tersebut. Jika terjadi arus bocor bisa mengakibatkan sengatan listrik.

Selain itu, penyebab lain lampu indikator kuning menyala adalah adanya kesalahan pada pemasangan di terminal yang menyebabkan kwh tidak mengukur dengan semestinya.

Masalah satunya lagi yang ditunjukan oleh indikator lampu kuning adalah kurang arus yang bisa kita cek dengan menekan tombol 41 [ enter ] maka akan muncul keterangan arus pada kWh. Dampaknya, pemakaian listrik akan lebih boros.

Nah, kabar baiknya cara mengatasi lampu kuning menyala ini sangat mudah. Bagi Anda yang belum mengetahui cara mengatasi kendala ini, maka bisa langsung membaca ulasan di bawah ini untuk mengetahui panduan lebih lengkap lagi.

Cara Mengatasi Lampu Kuning Menyala Pada Meteran Listrik

Cara Mengatasi Lampu Kuning Menyala Pada Meteran Listrik

Tingkat masalah yang cukup berbahaya dan merugikan, tentu saja lampu indikator warna kuning pada meteran listrik harus diwaspadai. Jangan abaikan ini, karena benar-benar dapat merugikan serta membahayakan keselamatan Anda sendiri.

Dengan demikian, maka ketika lampu kuning di meteran listrik menyala maka harus segera ditangani. Lantas, bagaimana cara mengatasi lampu kuning menyala pada meteran listrik? Tak banyak tindakan yang harus Anda lakukan.

Karena berurusan dengan arus listrik, maka cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan meminta bantuan kepada orang yang ahli dibidang kelistrikan atau menghubungi pihak PLN. Ini adalah cara satu-satunya, jika Anda tidak paham tentang kelistrikan.

Silahkan hubungi PLN 123 menggunakan saluran telepon atau handphone. Untuk pengguna telepon, bisa juga melalui layanan PLN 123 dengan nomor 123. Sedangkan, untuk pengguna handphone, Anda bisa telepon 123 dengan menambahkan kode area tempat dimana Anda tinggal.

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi customer service PLN melalui Twitter dan Facebook atau live chat melalui layanan pengaduan konsumen di aplikasi PLN Mobile. Nah, setelah mendapatkan nomor antrean, maka tinggal tunggu petugas PLN ke rumah.

Nantinya, pihak PLN akan memperbaiki meteran listrik Anda tersebut. Karena masalah ini akan cukup berisiko jika diperbaiki sendiri, terutama jika Anda tidak tahu tentang listrik.

Nah, mungkin hanya itu saja informasi yang dapat hargaalat.id sajikan buat Anda semua tentang cara mengatasi lampu kuning pada meteran listrik menyala. Sekiranya hanya itu saja informasi dari kami, semoga artikel di atas membantu.

Advertisements