5 Cara Mengisi Freon AC yang Kosong & Dilakukan Sendiri

Advertisements

Cara Mengisi Freon AC – Bagi Anda yang kerap melakukan perbaikan barang elektronik sendiri, tentu menjadi sebuah keuntungan tersendiri. Karena nantinya saat terjadi sebuah masalah atau kerusakan, menjadikan Anda tidak perlu memanggil teknisi atau tukang untuk memperbaikinya.

Teruntuk Anda yang menggunakan Air Conditioner atau AC di rumah dan sudah termasuk penggunaan lama, maka nantinya akan menemui sebuah permasalahan. Dengan keahlian yang dimiliki tersebutlah silakan perbaiki dan atasi masalah yang terjadi pada unit AC sendiri agar lebih hemat.

Banyak permasalahan yang kerap muncul dan menunjukan ciri-ciri AC rusak yang beragam seperti AC error dengan kode tertentu, freon habis dan masih banyak lainnya. Teruntuk AC yang alami freon habis, maka sesegera mungkin untuk mengisi freon dan bisa melakukannya sendiri tentu saja.

Advertisements

Dalam hal ini, bagi Anda yang belum yakin bagaimana cara mengisi freon AC yang kosong dengan melakukannya sendiri, tidak perlu khawatir. Berikut akan hargaalat.id sajikan secara lengkap mengenai cara mengisi freon, sehingga yang masih bingung tetap bisa lakukan pengisian sendiri.

Cara Mengisi Freon AC yang Kosong Mudah Dilakukan Sendiri

Advertisements

Apa Itu Freon AC?

Namun sebelum lanjut ke pembahasan cara mengisi freon tersebut, alangkah baiknya Anda mengetahui secara jelas apa itu sebenarnya freon. Di mana freon adalah salah satu dari sejumlah senyawa kimia yang ditemukan pada AC, kulkas, dan peralatan elektronik rumah tangga lain.

Nantinya freon digunakan sebagai fluida untuk menyerap beban pendingin ruangan atau tempat-tempat yang suhu udaranya sudah dikondisikan. Dengan begitu, jika freon habis atau kosong menjadikan AC tidak bekerja secara maksimal terutama AC tidak menghasilkan udara sejuk atau dingin.

Hal Diperlukan Saat Isi Freon AC

Hal Diperlukan Saat Isi Freon AC

Selain tahu apa itu freon AC, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal saat ingin mengisi freon AC yang kosong. Seperti misalnya mempersiapkan peralatan yang diperlukan untuk mengisi freon AC dan silahkan cek terlebih dahulu apakah peralatan berikut ini tersedia atau belum.

  • Alat pelebar diameter pipa (Flaring).
  • Alat ukur tekanan freon (Manifold).
  • Kunci inggris 10 dan 12 inci.
  • Kunci pas satu set
  • Obeng set / screwdriver set
  • Tabung refrigrant sesuai dengan tipe AC.
  • Tang ampere / clamp meter.

Selain peralatan di atas, Anda juga perlu memahami takaran freon AC yang bisa ditambahkan pada unit AC seberapa banyak. Agar bisa mengetahuinya, maka dibutuhkan alat khusus untuk menghitung tekanan freonnya.

Hingga kini ada 3 jenis freon AC cukup populer yang digunakan sebagai gas pendingin pada AC yaitu freon R22, freon R32 dan freon R410. Ketiga jenis freon AC memiliki tingkat kepadatan berbeda, sehingga mengisi gas freon pun ada prosedur berbeda.

Cara Mengisi Freon AC

Cara Mengisi Freon AC

Setelah siapkan semua peralatan dibutuhkan, selanjutnya tinggal mengetahui cara mengisi freon AC. Bisa dibilang caranya cukup mudah, meskipun bukan seorang ahli Anda tetap bisa mengisi freon AC karena pengisian menggunakan sistem pentil layaknya ban motor. Ini langkah-langkahnya.

1. Pasang Manifold ke Pentil Kompresor Pada AC Outdoor

Langkah awal harus dilakukan yaitu buka penutup pentil kompresor, lalu pasang selang manifold ke dalam pentil kompresor. Bagi Untuk yang menggunakan freon AC jenis R410 dan R32 maka siapkan sambungan ujung manifold sesuai dengan ukuran pentil pada AC jenis freon yang sama.

Karena nantinya untuk ukuran selangnya akan lebih besar jika dibandingkan dengan freon R22. Kemudian selang yang akan dipasang ke kompresor harus sesuai agar saat mengisi freon bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya sebuah kendala.

2. Isi Freon AC Perlahan

Selanjutnya saat mengisi freon, lebih baik lakukan secara perlahan. Silakan untuk buka katup manifold dan perhatikan jarum pada manifold maka akan naik secara perlahan. Ketika proses pengisian freon di angka 30 – 40 psi, nantinya AC akan mengeluarkan es.

Namun hal itu bukan sebuah masalah serius, jika jarum pada manifold sudah menyentuh di atas 40 psi, maka es pada pipa akan menghilang dengan sendirinya.

3. Perhatikan Tekanan Freon Dengan PK & Ampere Kompresor

Selain dua langkah di atas, Anda juga perlu memperhatikan ukuran PK AC yang dimiliki dan batas ampere maksimal AC dengan menggunakan tang ampere yang telah disiapkan. Saat Anda memiliki AC dengan kapasitas PK sebesar 0,5 PK maka bisa mengisi freon AC dengan tekanan 60 – 70 psi.

Namun untuk AC berkapasitas PK 3/4 dan 1 PK maka bisa mengisi freon AC hingga 80 – 90 psi. Pengisian freon AC harus dilihat dari patokan pada ampere kompresor, saat ampere melebihi batas maka kompresor akan mengalami overload.

Sebagai tambahan, untuk para pengguna freon R32 dan R410 alangkah baiknya bersihkan debu serta kotoran yang menempel di dalam pipa menggunakan vacum. Sedangkan pengguna freon R22, proses vacum bisa menggunakan vacum body tanpa alat maupun mesin vacum.

Seperti itulah kiranya pembahasan terkait cara mengisi freon AC yang kosong dan dilakukan sendiri dapat hargaalat.id sajikan. Adanya cara mengisi freon di atas semoga bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan, dengan begitu silakan isi freon sendiri dengan cara atau langkah di atas.

Advertisements