10 Cara Menyalakan Genset Termudah & Tips Merawat Genset 2020

Cara Menyalakan Genset – Menjadi salah satu alat atau mesin yang dapat menghasilkan listrik, genset tentunya menjadi mesin yang sangat vital perannya. Umumnya difungsikan saat listrik PLN dirumah sedang pemadaman.

Dengan genset inilah nantinya aliran listrik dirumah tetap ada dan bisa digunakan untuk menghidupkan perabotan elektronik. Namun sebelum itu pastikan anda sudah tahu CARA MEMASANGKAN GENSET KE LISTRIK RUMAH.

Jika dirasa mesin genset tersebut sudah tersambung dengan aliran listrik rumah, maka langkah selanjutnya hanya perlu menyalakan mesin gensetnya. Namun terkadang masih banyak para pengguna genset baru yang bingung serta tidak tahu menyalakan mesin genset yang benar.

Jika ada dari anda yang belum paham mengenai cara menyalakan tersebut, maka tidak perlu khawatir. Karena pada pembahasan kali ini hargalat.id akan sampaikan secara jelas mengenai cara atau langkah menyalakan genset secara benar.

Cara Menyalakan Genset & Mematikan Genset Beserta Tips Merawat

Cara Menyalakan Genset Mematikan Genset Beserta Tips Merawat

Maka dari itu bagi anda yang penasaran mengenai cara menyalakannya mesin genset tersebut, simak terus ulasan ini sampai akhir. Karena akan disampaikan secara jelas mengenai cara menyalakan dan mematikan genset beserta tips merawat genset agar awet serta memiliki umur panjang.

Cara Menyalakan atau Menghidupkan Genset

Cara Menyalakan atau Menghidupkan Genset

Sebenarnya cara menyalakan bisa dikatakan sangat mudah, namun banyak pengguna mesin genset terkadang asal bisa menyalakan saja. Sehingga mesin tersebut bisa terjadi kerusakan dan memiliki umur yang singkat. Berikut langkah atau cara menyalakan baik serta benar:

  • Untuk langkah yang pertama yaitu pastikan akan bahan bakar pada mesin genset tersedia.
  • Selain itu cek juga air radiator serta ACCU, jika dirasa kurang maka tambahkan airnya terlebih dahulu.
  • Kemudian cek olinya juga, agar nantinya genset saat menyala akan berjalan secara lancar serta aman.
  • Jika hal-hal tersebut sudah dilakukan maka langkah selanjutnya hanya perlu pasangkan kabel ACCU.
  • Pastikan dalam pemasangan kabel tersebut benar, biasanya kabel warna hitam akan ditujukan kepada kutub negatif () sedangkan kabel merah kutub positif (+).
  • Jika sudah lanjut buka box panel dan naikkan semua MCB.
  • Setelah semua bagian mesin sudah dicek serta kabel sudah terpasang, maka genset siap untuk menyala.
  • Setelah dinyalakan, lakukan pemanasan mesin. Lakukanlah pemanasan selama 5-10 menit.
  • Jika sudah melakukan pemanasan, genset sudah dapat digunakan untuk memberikan daya atau aliran listrik.
  • Sangat tidak dianjurkan untuk langsung menggunakan genset dalam memberikan daya listrik, hal tersebut bertujuan untuk mencegah adanya kerusakan komponen genset dan peralatan elektronik yang tersambung. Karena pada awal mesin genset akan menyala tidak stabil.

Cara Mematikan Genset

Cara Mematikan Genset

Selain mengetahui mengenai cara menyalakan diatas, anda juga perlu mengetahui cara mematikannya. Berikut merupakan langkah-langkah cara mematikan genset yang sudah selesai digunakan atau selesai dinyalakan.

  • Pertama pastikan semua komponen listrik sudah tidak tersambung dengan aliran daya listrik dari genset.
  • Setelah itu segera turunkan breaker lalu tunggu sampai 5 menitan sebagai upaya untuk mendinginkan genset akibat telah digunakan.
  • Jika dirasa genset sudah dingin anda sudah bisa mematikan genset dan menempatkan atau menyimpannya di tempat yang aman.
  • Alangkah baiknya simpan dan jauhkan dari jangkauan anak-anak, agar nantinya tidak digunakan untuk mainan.

Tips Merawat Genset Agar Awet

Tips Merawat Genset Agar Awet

Jika sudah mengetahui cara menyalakan dan mematikannya, anda juga perlu mengetahui tips merawat mesin genset agar bisa awet dan memiliki umur yang panjang. Berikut beberapa tips yang bisa membuat mesin genset anda dirumah tetap awet dan tahan lama:

  1. Jaga kebersihan genset selepas menyalakan atau menggunakannya.
  2. Simpan genset saat menyala atau tidak di tempat kering.
  3. Selain itu juga disimpan pada ruangan yang memiliki sirkulasi udara baik.
  4. Selalu periksa bahan bakar, oli dan ACCU sesaat sebelum digunakan.
  5. Pastikan dalam menyalakan dan mematikan genset selalu dengan cara yang benar.
  6. Perhatikan juga kabel digunakan dalam penyambungan ke meteran listrik rumah saat akan digunakan.
  7. Selalu lakukan service jika dirasa genset sudah kurang enak dan adanya masalah saat genset dinyalakan.

Demikianlah informasi dapat hargaalat.id sampaikan untuk anda semua mengenai cara menyalakan dan mematikan genset sampai tips merawat genset agar awet serta tahan lama. Semoga dengan adanya ulasan cara menyalakan genset diatas dapat bermanfaat serta berguna untuk anda semua yang membutuhkan.

Terutama para pengguna genset baru yang masih bingung cara menyalakan dan mematikannya. Atau bagi anda yang baru pertama kali ingin mengoperasikan mesin genset.