4 Jenis Freon AC Wajib Tahu, Bahaya Jika Salah!

Jenis Freon AC – Berbicara mengenai AC, tentu saja tidak lepas dengan freon. Di mana peranan freon sangatlah penting dalam sistem kerja AC atau mesin pendingin ruangan satu ini.

Karena jika sampai freon AC habis, maka bisa sebabkan komponen kompresor menjadi rusak. Jadi jangan sampai telat mengisi freon AC jika sudah mulai kosong atau habis, guna menghindarinya.

Dalam pengisian freon, terdapat ketentuan jenis freon yang digunakan pada unit AC. Dengan begitu, para pemilik perlu mengetahui jenis freon apa yang cocok dengan AC yang dimiliki.

Lantas apa saja jenis freon AC? Mungkin bagi yang pertama kali menggunakan AC akan bertanya seperti itu. Dengan begitu, kali ini kami akan bahas mengenai jenis freon AC secara lengkap.

Jenis Freon AC

Apa Itu Pengertian Freon?

Namun sebelum lanjut ke pembahasan mengenai jenis-jenis freon apa saja, lebih baik Anda mengetahui terlebih dahulu pengertian apa itu freon. Mungkin ada beberapa yang belum mengetahuinya.

Jadi freon adalah campuran zat yang biasanya berbentuk cairan yang dimasukkan ke dalam sebuah pompa yang nantinya digunakan untuk membentuk sebuah sirkulasi pendinginan.

Di mana proses sirkulasi, zat tersebut akan mengalami perubahan bentuk dari wujud cair ke gas kemudian kembali lagi. Jadi bagi Anda pengguna AC lama pastinya sudah tidak asing dengan freon.

Untuk fungsi atau kegunaan, fungsi utama freon yaitu sebagai bahan bakar guna menghasilkan udara lebih sejuk dengan mengubah zat tersebut sehingga mampu menjadi hembusan udara dingin.

Jenis Freon AC

Jika sudah tahu apa itu freon, selanjutnya Anda tinggal mengetahui jenis-jenis freon yang ada. Karena setiap jenis freon memiliki perbedaan mulai dari tekanan freon AC dan hal lainnya.

Membahas mengenai jenis sendiri, freon terbagi menjadi 4 jenis yaitu freon R22, R410a, R290 dan R32. Untuk lebih jelas mengenai setiap jenis freon tersebut, kami sudah rangkumkan lengkap.

1. Freon R22

1. Freon R22

Jenis freon pertama yaitu R22, untuk jenis freon ini dikenal menjadi jenis yang kurang ramah pada lingkungan. Hal itu karena Ozone Depletion Potential (ODP) mencapai angka 0.05.

Lalu untuk nilai GWP atau Potensi Pemanasan Global bisa mencapai angka 1.810. Inilah yang sebabkan pemerintah sejak tahun 2015 mulai melarang penggunaan jenis freon R22, terkecuali sisa stok.

Selain itu, pemerintah juga melarang produsen AC impor dan menjual dengan freon R22. Hal inilah pemerintah menganjurkan penggunaan jenis freon R410a pada unit AC yang digunakan.

Catatan : Pelarangan penggunaan freon R22, karena jenis freon ini masuk kategori tidak mudah terbakar. Untuk pelarangan akan secara baru berlaku di tahun 2030.

2. Freon R410a

2. Freon R410a

Jenis freon kedua yaitu R410a, di mana menjadi jenis freon yang menjadi freon pengganti dari freon R22. Bisa dikatakan freon R410a jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan freon R22.

Hal itu dikarenakan, ODP (Potensi Kerusakan Ozon) ada di angka 0 alias tidak ada. Walaupun potensi untuk melubangi ozon 0, jenis freon R410A punya nilai GWP (Global Warming Potential) tinggi.

Bahkan sudah tercatat, jika nilai GWP bisa mencapai angka 2.090. Bisa dikatakan GWP dua (2) kali lipat dari freon R22. Sedangkan untuk cooling index freon jenis ini yaitu 92.

3. Freon R290

3. Freon R290

Jenis freon ketiga yaitu R290 dan masuk menjadi freon yang tergolong sangat ramah pada lingkungan. Hal itu karena nilai ODP 0 dan GWP/potensi pemanasan global kurang dari angka 3.

Meski jenis freon R290 memiliki nilai GWP dan ODP rendah, namun tetap saja memiliki kekurangan. Salah satu kelemahan datang dari freon yang masuk menjadi kategori sangat mudah terbakar.

Cooling indeks hanya capai angka 83, sehingga udara dihasilkan tidak terlalu dingin dibandingkan jenis freon di atas. Ini yang jadikan brand AC Daikin dan Panasonic tidak memakai freon R290.

4. Freon R32

4. Freon R32

Jenis freon keempat yaitu R32, pada jenis ini juga menjadi salah satu jenis freon pengganti freon R22. Memiliki sifat lebih ramah lingkungan dan tidak bahaya, menjadikan jenis freon ini bisa digunakan.

Memiliki nilai ODP yaitu 0 sehingga jenis freon satu ini tidak berpotensi merusak atau melubangi lapisan ozon. Selain itu, freon R32 juga memiliki nilai Pemanasan Global sebesar 675.

Di mana angka pemanasan global jauh lebih kecil dibanding dengan R22. Sedangkan untuk cooling index atau tekanan freon R32 capai angka 160 dan tingkat flammability rendah, sehingga freon R32 menjadi freon AC rumah yang bagus dan tidak bahaya untuk digunakan.

Bagaimana Tips Memilih Jenis Freon AC Rumah yang Bagus?

Menjawab pertanyaan tersebut, bisa dikatakan jenis freon AC R32 salah satu jenis freon yang banyak digunakan di Indonesia. Hanya saja untuk AC dengan model lama banyak yang masih gunakan freon R22.

Dengan begitu jika AC yang Anda miliki di rumah penggunaan freon R22, maka masih bisa digunakan. Namun jika pelarangan sudah berlaku maka Anda wajib beralih menggunakan AC dengan penggunaan freon R32.

Yang jelas tips memilih jenis freon kembali lagi pada unit AC yang dimiliki dan digunakan oleh Anda. Jika sudah mendukung penggunaan freon R32, maka Anda bisa dapatkan freon secara mudah.

Kesimpulan

Seperti itulah kiranya pembahasan mengenai jenis-jenis freon AC rumah yang bagi di mana dapat hargaalat.id sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan mengenai jenis freon di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.

Sumber Gambar : review.bukalapak.com, admin hargaalat.id

Tinggalkan komentar