Tabel Tekanan Freon R32 Terbaru & Terlengkap

Tekanan Freon R32 – AC mungkin saat ini hampir semua orang menginginkan untuk memasangnya di dalam ruangan rumah. Dengan AC inilah nantinya ruangan Anda akan terasa sejuk dan dingin, dibanding dengan udara luar.

Berbicara mengenai AC, tentu saja tidak lepas dari apa itu freon. Jika freon habis maka pemilik AC perlu untuk mengisi freon AC yang kosong agar nantinya unit pendingin ruangan ini tetap bisa bekerja normal kembali.

Dalam proses pengisian freon AC, pemilik harus menyesuaikan jenis freon AC apa yang nantinya akan digunakan, karena ada perbedaan setiap jenisnya. Selain itu setiap AC juga memiliki ketentuan dalam penggunaan freon berbeda.

Misalnya dari sisi tekanan freon, dari jenis-jenis freon yang ada memiliki tekanan berbeda satu sama lain. Dari jenis freon R22, R410a dan R32 tentu tidak sama, lantas apakah Anda sudah tahu tekenan freon R32? Jika belum simak pembahasan berikut.

Tekanan Freon R32

Apa Itu Freon R32?

Bagi yang belum tahu apa itu freon, sebelum lanjut ke pembahasan utama mengenai tekanan freon, lebih baik mari bahas sekilas mengenai freon. Disisi lain freon juga dikenal juga dengan nama lain refrigerant.

Di mana freon merupakan sebuah senyawa kimia sebagai bahan bakar untuk memperlancar sistem kerja AC. Senyawa digunakan sebagai fluida untuk menyerap panas dari udara ruangan sehingga suhu bisa menjadi lebih rendah.

Jadi untuk freon / refrigeran R32 adalah senyawa Difluoromethane (CH2F2) yang terbentuk dari struktur kimia stabil antara Hidrogen, Carbon, dan Fluorine. Di mana refrigeran tunggal ini tidak beracun dan mempunyai waktu hidup singkat.

Di mana bisa hidup antara 4-9 tahun setelah terlepas dari atmosfer bumi. Sejak penghapusan penggunaan R22, Indonesia memilih alternatif penggunaan freon R32 untuk produk-produk AC yang ada di pasaran.

Tekanan Freon R32

Kembali ke pembahasan utama yaitu mengenai tekanan freon, dari jenis freon AC yang ada seperti sudah kami singgung di atas jika ada perbedaan tekanan setiap jenis freon. Di mana jenis freon R22, R410a dan R32 jelas berbeda.

Lalu bagi Anda yang bertanya mengenai berapa tekanan freon R32? Mari bahas dan lihat tabel secara lengkap di bawah ini. Sehingga rasa penasaran dari pertanyaan Anda tersebut bisa terjawabkan dengan melihat tabel tekanan freon.

JENISODPGWPCOOLING INDEXFLAMMABILITY
Freon R220.051810100Tidak
Freon R32675150Rendah
Freon R410a209092Tidak

Keterangan

  • ODP : Ozone Depletion Potential / potensi perusakan ozon.
  • GWP : Global Warming Potential / potensi global warming
  • Cooling Index : Tingkat pendinginan freon.
  • Flammability : Tingkat kemudahan terbakar freon.

Dari masing-masing jenis freon AC di atas, memiliki perbedaan pendinginan yang diukur dengan istilah cooling index. Di mana semakin tinggi angka cooling index, maka bisa dikatakan semakin cepat juga proses pendinginan.

Namun secara umum untuk tekanan freon R32 AC 1/2 PK, 1 PK dan 2PK yaitu 140 psi – 160 psi. Jadi bagi Anda yang bertanya mengenai tekenan freon R32 berapa psi? Adanya pembahasan ini semoga bisa membantu dan menjawabnya.

Keuntungan Freon R32

Melihat dari tabel freon R32 di atas, bisa disimpulkan jika ada beberapa keuntungan yang didapat dengan penggunaan freon R32. Lantas apa saja keuntungannya? Mengenai keuntungan freon R32 di antara lainnya seperti:

  • Freon R32 lebih ramah lingkungan dibanding freon R22 dan freon R410a, hal itu karena tingkat GWP lebih rendah.
  • Freon R32 memiliki cooling index lebih tinggi dibanding dengan freon R22 atau freon R410a.
  • Freon R32 memiliki potensi mudah terbakar dibandingkan dengan freon R22 dan freon R410a, akan tetapi tingkat flammabillity sedikit rendah, jadi tidak perlu khawatir.

Apakah Bisa Ganti Freon R22 / R410a dengan Freon R32?

Untuk pertanyaan ini, dapat dikatakan jawabannya adalah tidak bisa. Hal itu dikarenakan setiap jenis freon tidak kompitable satu sama lain, sehingga tidak bisa dicampur atau diganti freon lain.

Selain itu, dari setiap jenis oli kompresor dan tekanan freon masing-masing memiliki perbedaan satu sama lain. Jika pengguna tetap saja memaksakan ganti atau mencampurnya, maka bisa akibatkan kerusakan pada kompresornya.

Kesimpulan

Jika sudah mengetahui tekenan freon di atas, jika Anda ingin melakukan pengisian freon AC akibat freon sudah habis atau kosong. Maka Anda bisa memilih merk freon R32 terbaik yang bagus dan berkualitas dengan harga terjangkau.

Demikian kiranya pembahasan mengenai tabel tekanan freon R32 dapat hargaalat.id sajikan. Semoga dengan adanya informasi tekanan freon atau refrigerant di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.

Sumber Gambar : otosia.com

Tinggalkan komentar