6 Cara Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu yang Sudah Terbayar

Cara Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu – Penggunaan listrik tentu saja menjadi hal wajib saat ini. Apalagi bisa dikatakan hampir kebanyakan alat rumah tangga, alat kantor, dan lainnya merupakan alat elektronik yang pengoperasiannya membutuhkan listrik.

Dengan menjadi pelanggan PLN merupakan hal yang harus dilakukan agar mendapatkan aliran listrik guna keperluan. Jika sudah pengajuan dan berhasil mendaftar sebagai pelanggan baru, pastinya harus membayarkan tagihan agar listrik tidak diblokir dan tetap nyala.

Berbicara mengenai tagihan sendiri, pada pembahasan kali ini hargaalat.id akan sajikan informasi terkait cara cek tagihan listrik bulan lalu atau bulan sebelumnya. Mungkin hal ini bisa saja dibutuhkan oleh beberapa pelanggan yang ingin tahu karena beberapa alasan.

Untuk pengecekan sendiri bisa dibilang cukup mudah dan banyak pilihan yang membuat nantinya pelanggan akan terasa dimudahkan. Lalu seperti apa cara mengecek tagihan listrik bulan lalu yang telah terbayar? Simak sampai akhir cara cek tagihan pembahasan di bawah ini.

Cara Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu

Apa Tujuan Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu

Namun sebelum tahu akan cara mengecek tagihan listrik tersebut, alangkah baiknya mengetahui tujuan atau kegunaan melakukan pengecekan tagihan bulan lalu. Ada beberapa tujuan pelanggan cek tagihan bulan lalu, seperti misalnya:

  • Ingin bandingkan besaran tagihan dengan bulan ini apakah ada kenaikan atau penurunan.
  • Membutuhkan informasi besaran tagihan bulan lalu untuk suatu kepentingan.
  • Mengetahui besaran daya atau kWh listrik di bulan lalu.
  • atau beberapa alasan lainnya.

Cara Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu

Kembali ke pembahasan utama mengenai cara cek tagihan listrik bulan sebelumnya, seperti sudah disampaikan di atas jika ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Seperti memanfaatkan layanan online seperti aplikasi dan website maupun pengecekan tagihan ;istrik tanpa aplikasi, inilah beberapa caranya:

1. Cek Tagihan Listrik Lewat Aplikasi

1. Cek Tagihan Listrik Lewat Aplikasi

Cara pertama untuk mengecek tagihan listrik yang sudah dibayar di bulan sebelumnya adalah dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile. Tentu saja untuk bisa menggunakan cara ini Anda harus sudah memiliki aplikasi dan telah registrasi guna pembuatan akun.

Dalam pembuatan akun nantinya Anda akan diminta memasukkan beberapa informasi seperti misalnya nomor ID pelanggan, email dan juga nomor HP aktif. Lalu seperti apa cara cek tagihan bulan lalu? Silakan ikuti langkah cek tagihan bulan lalu di bawah ini.

  • Langkah awal silakan buka aplikasi PLN Mobile pada perangkat yang digunakan.
  • Kemudian aknjut login untuk bisa akses masuk ke halaman utama aplikasi PLN Mobile.
  • Setelah berhasil login, pada tampilan utama silakan pilih opsi menu “Informasi“.
  • Muncul pilihan menu baru, disini pilih menu “Informasi Tagihan dan Token Listrik“.
  • Lalu pada menu tersebut akan muncul kolom untuk diisi ID Pelanggan, maka silakan isi.
  • Setelah ID Pelanggan sudah dimasukkan dengan benar, maka pilih “Cek Tagihan“ untuk melanjutkan.
  • Otomatis aplikasi menampilkan status tagihan listrik bulan lalu beserta besaran nominal..

2. Cek Tagihan Listrik Melalui Website

2. Cek Tagihan Listrik Melalui Website

Cara kedua cek tagihan bulan lalu adalah dengan memanfaatkan website resmi dari PLN. Cara ini sama halnya dengan cara di atas yang dilakukan secara online lewat layanan yang telah berhasil PLN berikan kepada para pelanggannya.

Untungnya lagi, Anda tidak perlu daftar akun seperti di aplikasi PLN Mobile sehingga akan jauh lebih mudah dalam pengecekannya. Agar lebih jelas cara cek tagihan listriknya silakan simak langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama buka website resmi PLN di browser di https://layanan.pln.co.id/informasi-tagihan-listrik-pembelian-token-pln.
  • Kemudian lanjut aktivasi atau buat akun baru dengan isi form Nama, Alamat Email aktif, Nomor HP dan ID Pelanggan dan Nomor meteran.
  • Setelah itu buat sandi dengan kombinasi angka dan huruf minimal sebanyak 8 karakter dan masukkan kembali untuk konfirmasi.
  • Jika sudah centang kotak kecil pada bagian bawah kata sandi untuk menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku. Lalu pilih “Daftar“.
  • Langkah selanjutnya untuk registrasi adalah memasukkan kode verifikasi yang berhasil dikirimkan melalui email yang tadi dimasukkan.
  • Jika pendaftaran akun sudah selesai maka silakan login dengan memasukkan alamat email dan password/kata sandi kemudian isi kode captcha.
  • Kemudian tinggal pilih opsi menu “Masuk” > “Informasi tagihan listrik / pembelian token” yang ada di pojok kiri bagian atas.
  • Dengan begitu maka akan muncul informasi tagihan listrik bulan lalu – 6 bulan terakhir berupa rincian “Tanggal pembayaran jumlah KWH” dan “Denda” (Jika ada).
  • Untuk bisa melihat lebih detail rincian tagihan listrik bulan lalu, silakan pilih “Info tagihan” pada kolom paling kanan.
  • Kemudian akan muncul total semua tagihan listrik dari RP PTL (Rupiah Pemakaian Tenaga Listrik) dan RP PPJ (Rupiah Pajak Penerangan Jalan).
  • Jika sudah demikian makan proses cek tagihan listrik bulanan lalu lewat website berhasil.

3. Cara Cek Tagihan Listrik Lewat WA

3. Cara Cek Tagihan Listrik Lewat WA

Cara cek tagihan listrik ketiga adalah dengan memanfaatkan layanan WhatsApp dari PLN, di mana tidak hanya digunakan untuk mengadukan masalah saja. Pelanggan juga bisa lakukan pengecekan lewat tagihan bulan lalu lewat layanan ini WA di 08122 123 123.

Caranya sangat mudah di mana Anda hanya perlu chatting seperti biasa dengan menyampaikan ingin cek tagihan bulan lalu yang sudah terbayar. Dengan begitu maka admin akan melakukan pemprosesan dan menginformasikan terkait tagihan listrik bulan lalunya.

4. Cek Tagihan Listrik di Call Center PLN

4. Cek Tagihan Listrik di Call Center PLN

Cara cek tagihan listrik bulan lalu keempat adalah dengan cek tagihan listrik di call center PLN. Dimana caranya tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya yang lewat WA, di mana Anda hanya perlu mengetahui call center guna menyampaikan keperluannya.

Untuk call center PLN sendiri adalah 123, namun sebelum lakukan panggilan ke call atau contact center 123 sebaiknya masukkan kode area terlebih dahulu agar CS bisa memproses pengecekan. Untuk kode area setiap daerah akan memiliki kode area yang berbeda-beda.

Jika sudah sampaikan kepentingan yaitu ingin cek tagihan listrik bulan lalu. Maka petugas akan memproses dan jika sudah selesai akan menyampaikan tagihan bulan lalu kepada Anda secara rinci. Dengan begitu cek tagihan listrik bulanan lalu di call center berhasil.

5. Cek Tagihan Listrik Lewat Email

5. Cek Tagihan Listrik Lewat Email

Cara cek tagihan listrik bulan lalu kelima adalah dengan kirim mention pada email milik PLN (pln123@pln.co.id). Lewat layanan satu ini, nantinya pelanggan bisa dapatkan pemberitahuan terkait tagihan listrik pada bulan sebelumnya.

Dengan catatan pelanggan PLN sebelumnya harus melakukan pendaftaran e-billing terlebih dahulu melalui akun medial sosialnya. Untungnya lagi cek tagihan ini tidak sulit dan ada biaya panggilan, yang jelas memiliki kuota internet atau terhubung ke internet.

6. Cek Tagihan Listrik Melalui SMS

6. Cek Tagihan Listrik Melalui SMS

Cara cek tagihan listrik bulan kemarin adalah dengan memanfaatkan pesan singkat atau SMS. Cara terbilang cukup mudah, yang mana Anda hanya perlu ketik format SMS saja untuk bisa mengetahui tagihan bulan lalu.

REK <spasi> Nomor ID pelanggan

Silakan ketik format di atas lalu kirim ke nomor 8123. Setelah itu tunggu sampai ada SMS balasan dari PLN terkait tagihan listrik bulanan lalu secara detail. Untuk biaya SMS yaitu sebesar Rp 500/SMS, jadi siapkan pulsa.

Kenapa Gagal Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu ?

Dalam beberapa cara mengecek tagihan di atas, terkadang ada saja kendala yang bisa menghambat pengecekan tagihan listrik Anda. Adapun beberapa permasalahan tersebut dikarenakan oleh beberapa hal berikut:

  • Pengguna salah dalam memasukkan ID pelanggan atau nomor meteran listrik.
  • Koneksi jaringan internet buruk atau tidak stabil saat mengakses lewat aplikasi atau website.
  • Belum lakukan update aplikasi PLN Mobile ke versi terbaru.
  • Aplikasi sedang ada maintenance.
  • Salah memasukkan format pesan SMS.
  • Pulsa tidak cukup saat kirim SMS atau panggilan ke call center.

Demikian kiranya pembahasan terkait cara mudah mengecek tagihan listrik bulan sebelumnya yang dapat hargaalat.id sajikan. Dengan adanya pembahasan cara mengecek tagihan listrik di atas semoga bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan. Silakan pilih salah satu cara yang dirasa paling mudah.

Tinggalkan komentar