√ Cara Kerja Elektroskop 2021 : Pengertian, Fungsi & Bagian

Cara Kerja Elektroskop – Berbagai macam alat saat ini sudah sangat mudah untuk di temukan. Tidak terkecuali pada alat ukur atau alat yang digunakan untuk mengecek sesuatu.

Seperti salah satunya yaitu meteran, dial gauge indikator, TERMOMETER, jangka sorong, elektroskop, dan masih banyak lainnya. Alat-alat tersebut tentunya sudah tidak asing lagi.

Namun dari alat-alat tersebut Anda belum mengetahui cara kerja dari alatnya. Nah pada kesempatan kali ini hargaalat.id akan sampaikan informasinya mengenai cara kerja dari salah satu alat yang ada.

Di mana yang akan dibahas yaitu mengenai cara kerja elektroskop secara lengkap dari pengertian, fungsi dan bagian-bagiannya. Mungkin bagi Anda yang belum tahu, adanya ulasan ini bisa untuk membantunya.

Cara Kerja Elektroskop

Cara Kerja Elektroskop

Agar lebih jelas mengenai cara kerjanya, simak terus ulasan ini sampai akhir. Sehingga rasa penasaran Anda mengenai cara kerja bisa terjawabkan.

Pengertian Elektroskop

Pengertian Elektroskop

Elektroskop sendiri merupakan sebuah alat yang kegunaannya untuk mendeteksi adanya muatan listrik suatu benda. Tidak hanya itu saja, elektroskop juga dapat digunakan untuk mengetahui jenis muatan yang ada pada suatu benda.

Dengan begitu bisa dikatakan fungsi dari dari alat bernama elektroskop sangat sederhana. Namun untuk bisa menentukan jenis muatan yang ada pada benda tidak semudah seperti kegunaannya.

Fungsi Elektroskop

Fungsi Elektroskop

Lantas apa fungsi dari elektroskop itu sendiri? Untuk fungsi dalam penggunaannya sendiri alat elektroskop ini digunakan untuk:

  • Mengetahui dan mendeteksi adanya muatan listrik pada benda.
  • Mengetahui jenis muatan listrik apa yang ada pada benda.
  • Mengetahui jumlah muatan listrik pada benda.
  • Memisahkan muatan.

Bagian/Bagian Elektroskop

Setelah mengetahui mengenai pengertian dan fungsi dari elektroskop, Anda juga perlu mengetahui komponen atau bagian dari elektroskop itu sendiri apa saja. Di mana elektroskop terdiri dari dua bagian penting yaitu bola logam dan daun elektroskop.

Bagian Komponen Elektroskop

  • Bola logam : Kepala elektroskop.
  • Konduktor : Penghubung antara daun-daun elektroskop dengan bola logam.
  • Daun elektroskop : Bagian yang terhubung dengan bola logam di luar tabung kaca.

Pada saat elektroskop masih netral, nantinya jumlah muatan positif akan sama dengan muatan negatif, baik itu yang berada di kepala maupun daun kaki dari elektroskop.

Prinsip Kerja Elektroskop

Lantas seperti apa sebenarnya cara kerja atau prinsip kerja dari elektronik elektroskop itu sendiri? Nah untuk cara kerjanya, elektroskop terbagi menjadi 2 (dua) yaitu Induksi dan Konduksi. Berikut info lebih lengkap antara kedua cara kerjanya:

1. Induksi

Dalam pemberian muatan elektroskop dengan cara induksi menggunakan elektroskop netral. Nantinya elektroskop netral akan didekati oleh benda yang memiliki muatan negatif. Benda itu sendiri akan menarik muatan positif dari daun elektroskop ke bola logam di bagian atas.

Sedangkan untuk muatan negatifnya akan saling tolak menolak dengan muatan benda yang didekati, dan nantinya akan menuju ke daun-daun elektroskop. Dengan begitu nantinya akan membuat kedua daun elektroskop kelebihan elektron (muatan negatif) serta saling menjauh, hal tersebut karena memiliki muatan sama.

Antara kedua kaki daun elektroskop nantinya akan semakin jauh saat muatan yang ada di dalamnya jika semakin besar. Sebagai catatan cara induksi ini tidak bisa digunakan untuk menentukan jenis muatan dari benda.

  • Induksi (Didekati Benda Muatan Negatif)

Induksi Didekati Benda Muatan Negatif

  • Induksi (Didekati Benda Muatan Positif)

Induksi Didekati Benda Muatan Positif

2. Konduksi

Konduksi

Berbeda dengan cara kerja sebelumnya (induksi), cara kerja konduksi hanya dapat dilakukan jika elektroskop tidak dalam keadaan netral. Nantinya daun-daun elektroskop serta bola logam hanya akan mempunyai satu jenis muatan saja, di mana muatan tersebut diperoleh menggunakan cara kerja konduksi oleh konduktor logam.

Saat sebuah elektroskop diinduksi sehingga memiliki muatan negatif di dalamnya, maka kondisi dapat terjadi seperti:

  • Jika benda negatif didekatkan pada bola logam maka elektron akan turun menuju ke daun kaki sehingga membuat kedua daun kaki elektroskop tersebut dalam beberapa waktu akan semakin menjauh.
  • Jika benda bermuatan positif didekatkan pada bola logam maka elektron akan tertarik dari daun kaki elektroskop kemudian pergi menuju ke atas (bola logam). Sehingga kedua kaki dari daun elektroskop akan saling mendekat.
  • Itu berlaku pula untuk kondisi sebaliknya.

Demikianlah informasi mengenai pengertian, fungsi, bagian dan cara kerja dari alat ukur muatan listrik. Semoga dengan adanya ulasan yang hargaalat.id sampaikan tersebut bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda semua.