Kenapa Token Listrik Gagal Padahal Sudah Benar? Ini Sebabnya!

Kenapa Token Listrik Gagal Padahal Sudah Benar – Dalam penggunaan meteran listrik prabayar, nantinya pelanggan perlu membeli token sebelum dapat menggunakan. Pembelian dapat dilakukan offline atau online seperti beli token listrik lewat DANA, BRImo maupun lainnya.

Saat berhasil membeli, maka nantinya akan mendapatkan 20 digit angka token di mana pelanggan perlu memasukkan token ke meteran agar nantinya dapat digunakan. Namun dalam beberapa kasus, pelanggan alami masalah kenapa token listrik gagal padahal sudah benar saat memasukkannya.

Atas kejadian token listrik gagal padahal sudah benar tentu saja memunculkan pertanyaan faktor penyebab dan cara mengatasinya. Tentu jika kalian merupakan pelanggan listrik prabayar dan alami hal tersebut tentu saja bertanya juga masalah kenapa token listrik gagal ini.

Dengan membuka artikel ini, maka di sini kalian berada pada pilihan yang tepat. Hal itu dikarenakan kami akan jelaskan penyebab kenapa token listrik gagal padahal sudah benar saat memasukkan dan bagaimana cara untuk mengatasinya, jadi silakan untuk simak sampai akhir.

Kenapa Token Listrik Gagal Padahal Sudah Benar

Penyebab Token Listrik Gagal Padahal Sudah Benar

Dari kasus token gagal padahal sudah benar dalam masukkan token yang dibeli, hal pertama yang perlu kalian ketahui adalah faktor penyebabnya sebelum ke pembahasan cara mengatasinya. Lantas apa saja penyebab kenapa token listrik gagal padahal sudah benar? Antara lainnya dikarnakan:

1. Server PLN Alami Gangguan

Penyebab pertama kenapa gagal padahal sudah benar bisa dikarenakan server PLN sedang alami gangguan atau memang sedang ada perbaikan (maintenance). Dengan begitu layanan untuk sementara tidak bisa digunakan, termasuk pada saat pelanggan ingin mengisikan token listrik.

2. kWh Over Limit

Seperti diketahui sendiri, jika PLN telah memberikan ketentuan terhadap limit ataupun batas maksimal dalam setiap pembelian token listrik (kWh) per bulan sesuai dengan daya digunakan. Jika meteran listrik prabayar telah sampai pada batas maksimal pengisian, otomatis token tidak bisa ditambahkan.

3. Ada Kerusakan Pada Meteran

Isi atau masukkan token sudah benar namun tetap gagal dapat juga dikarenakan adanya kerusakan pada meteran listrik. Dalam hal ini layar indikator meteran terkadang munculkan tulisan rusak sebagai tanda pemberitahuan kepada pelanggan.

Kerusakan pada meteran listrik sendiri dapat terjadi karena banyak hal, mulai dari adanya instalasi yang terputus maupun memang meteran rusak karena sudah penggunaan dalam jangka waktu lama. Otomatis kerusakan dapat terjadi pada komponen meteran listrik di dalamnya.

Secara umum, itulah kenapa token gagal padahal sudah benar dalam memasukkan ke meteran listriknya. Sekedar informasi tambahan, dalam masalah gagal masukkan token listrik tiga kali nantinya akan akibatkan meteran terblokir sehingga sementara waktu kalian tidak dapat menggunakannya.

Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Padahal Sudah Benar

Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Padahal Sudah Benar

Saat terjadi kasus token listrik gagal padahal sudah benar dalam memasukkan 20 digit tokennya dan sudah mengetahui faktor penyebab kenapa hal ini terjadi. Maka selanjutnya kalian tinggal mengetahui bagaimana cara mengatasi token gagal padahal sudah benar. Adapun cara mengatasinya di antara lain:

1. Lakukan Reset

Mengatasi pertama dapat dilakukan dengan cara melakukan reset meteran listrik. Pada saat gagal isi token listrik, usahakan tidak memasukkan kode berulang karena dapat sebabkan terblokir. Tunggu sesaat, baru setelah itu kalian dapat melakukan reset meteran listrik.

2. Ajukan Aduan ke PLN

Saat berhasil melakukan reset meteran listrik, silakan coba untuk memasukkan 20 digit token listrik kembali. Jika tetap tidak berhasil, maka kalian dapat adukan permasalahan ini kepada pihak PLN melalui beberapa cara baik itu online atau offline.

Call Center PLN

Pertama, kalian dapat sampaikan kenapa token listrik gagal padahal sudah benar dalam memasukkan tokennya melaluicall center PLN di 123.

Sosial Media PLN

Kemudian kalian juga dapat adukan masalah ini pada sosial media resmi melalui Facebook, Instagram, Twitter ataupun email resmi PLN.

PLN Mobile

Jika kalian sudah gunakan PLN Mobile, maka dapat juga mengadukan masalah kenapa token listrik gagal padahal sudah benar di aplikasi ini:

  • Buka PLN Mobile di HP.
  • Klik “Pengaduan”.
  • Masukkan ID Pelanggan / Nomor Meter.
  • Ketika tidak tahu nomor meter maka tunjukkan lokasi melalui map.
  • Lanjut isi data lokasi dan klik “Lanjutkan”.
  • Berikan juga bukti foto dan deskripsi masalah terjadi.
  • Terakhir “Kirim Pengaduan”.

Jika belum memiliki dan menggunakan aplikasi PLN Mobile maka silakan download dan daftarkan dengan ID pelanggan. Nantinya dengan PLN Mobile ini kalian juga dapat cek tagihan listrik bulan lalu, akan datang dan seputar meteran listrik kalian.

Datang ke Kantor

Cara mengatasi terakhir dapat dilakukan dengan cara mendatangi kantor PLN terdekat dari lokasi kalian berada. Silakan sampaikan aduan atas masalah yang terjadi yakni kenapa token gagal padahal sudah benar. Dengan begitu maka petugas akan membantunya.

Setelah melakukan pengaduan melalui cara-cara di atas, nantinya petugas akan datang ke rumah kalian pelanggan PLN untuk cek ataupun mengatasi masalah tersebut. Dalam hal ini petugas akan memberikan pertanyaan dan juga meminta nomor token untuk dimasukkan.

Kesimpulan

Demikian kiranya dapat kami sampaikan terkait kenapa token listrik gagal padahal sudah benar dalam memasukkan 20 digit token lengkap dari penyebab dan cara mengatasinya. Semoga dengan adanya pembahasan masalah pada meteran listrik prabayar di atas dapat bermanfaat.

Terutama bagi para pelanggan atau pengguna meteran prabayar yang sedang alami masalah serupa yakni kenapa token gagal di masukkan padahal sudah benar. Jadi sebelum mulai mengatasi, perlu dicari masalah terlebih dahulu apa faktor penyebabnya.

Sumber Gambar : hargaalat.id, orami.co.id, kumparan.com